Momentum Mini Mourinho Keluar dari Tekanan di Bayern Munich

Nagelsmann belum pernah menang besama Bayern Munich

Jakarta, IDN Times - Julian Nagelsmann sedang berada dalam tekanan besar di Bayern Munich. Sejak kedatangannya untuk menggantikan Hansi Flick, belum sekalipun dia berhasil membawa Die Roten menang, termasuk dalam debutnya di Bundesliga musim ini.

Akhir pekan lalu, Bayern Munich hanya bisa bermain imbang 1-1 melawan Borussia Moenchengladbach. Mereka bahkan sempat tertinggal lewat gol Alassane Plea (10') sebelum Robert Lewandowski menyamakan kedudukan tiga menit jelang turun minum.

Catatan imbang itu memperburuk rekornya selama menangani Bayern. Sebelumnya, saat menjalani pramusim, mereka bahkan secara mengejutkan kalah dari FC Koeln 2-3 hingga dibantai Napoli 0-3. Bayern belum pernah menang dalam lima pertandingan yang sudah dijalani, baik uji coba atau kompetisi resmi, selama ditangani Nagelsmann.

1. Mengejar momentum di tengah duel sulit di Piala Super Jerman

Momentum Mini Mourinho Keluar dari Tekanan di Bayern MunichPemain Bayern Munich David Alaba berebut bola dengan pemain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland pada pertandingan Liga Jerman di Allianz Arena, Munich, Jerman, Minggu (7/3/2021). Bayern menang 4-2 atas Borussia Dortmund. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Andreas Gebert

Catatan jeblok itu coba dihentikan Nagelsmann saat bentrok dengan Borussia Dortmund di Piala Super Jerman, Rabu (18/8/2021). Meraih kemenangan dalam duel itu, sekaligus mendapat trofi pertamanya, bisa membuat kondisi tim lebih kondusif dan terhindar dari bayangan pemecatan.

Namun, misi Bayern cukup sulit. Mereka harus bentrok di kandang Dortmund, Signal Induna Park, tempat yang cukup sulit untuk ditaklukkan. Walau menyandang status sebagai juara Bundesliga musim lalu, tak bakal menjamin mereka keluar sebagai pemenang.

Terlebih, Dortmund terlihat sedang dalam kondisi terbaiknya saat mengawali musim ini. Buktinya, pekan lalu mereka berhasil membuat Eintracht Frankfurt kalah telak 5-2. Erling Haaland tampil sebagai pahlawan dengan mencatatkan dua gol dan dua assist.

Baca Juga: Legenda Jerman dan Bayern Gerd Mueller Meninggal Dunia

2. Kemenangan jadi hal penting bagi Nagelsmann

Momentum Mini Mourinho Keluar dari Tekanan di Bayern Munichherald.ng

Nagelsmann enggan terbebani fakta belum pernah menang. Pria berjuluk Mini Mourinho tersebut hanya bertekad mendapatkan hasil maksimal dengan cara apapun dalam duel nanti. Dia meminta para pemain bisa tampil all out menghadapi penampilan lawan yang diprediksi bakal menyulitkan. 

"Ini soal mencari kemenangan dan meraih gelar pertama. Tentu, akan jadi laga penting bagi kami, karena bakal berhadapan dengan tim yang menunjukkan performa bagus di awal musim. Kami bakal berjuang dalam laga nanti," kata pelatih berusia 34 tahun itu dikutip laman resmi klub.

Namun, dia tak memungkiri Dortmund merupakan ancaman besar bagi Bayern. Disokong pemain-pemain hebat, Nagelsmann menilai, permainan Dortmund akan berbahaya, karena tampil dengan tempo cepat, sering memainkan bola, dan agresif.

3. Bayern harus efektif

Momentum Mini Mourinho Keluar dari Tekanan di Bayern Munich90min.com

Dia mengingatkan anak asuhnya untuk berhati-hati dalam duel melawan Dortmund. Terlebih, Erling Braut Haaland diprediksi bisa menjadi kunci demi membuat Bayern terkapar dalam laga nanti. Perlu taktik khusus untuk meredam berbahayanya lini depan Dortmund dalam duel nanti. 

"Yang terpenting, pemain bisa menguasai ruang di atas pertahanan. Andai hal itu tak bisa dilakukan, akan berat untuk melakukan tekanan balik," ujar eks Pelatih RB Leipzig ini.

Kini, Bayern berusaha mengejar gelar anyar musim baru. Namun, catatan itu hanya bonus saja, karena prioritas Nagelsmann adalah mempersembahkan kemenangan perdana agar bisa selamat dari kursi panas pelatih.

Baca Juga: Gerd Mueller, Sang Pemecah Rekor Sebelum Messi dan Ronaldo

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya