Motivasi Ade Santika Bawa Timnas Indonesia Wanita, Kejutkan Australia

Timnas Indonesia akan tampil di Piala Asia Wanita 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan bakal tampil habis-habisan di Piala Asia Wanita 2022. Para pemain bakal berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan setiap pertandingan, untuk mendekatkan langkah mereka menuju Piala Dunia Wanita.

Hal itu diungkapkan kapten Timnas Indonesia Wanita, Ade Mustika, di sela-sela uji coba melawan Persib, Kamis (14/1/2022). Menurut dia, seluruh pemain punya motivasi berlipat untuk meraih hasil terbaik di ajang yang baru diikuti lagi Indonesia usai berpuluh-puluh tahun absen.

“Karena sudah 33 tahun baru masuk lagi Piala Asia, yang pasti kami sangat-sangat antusias untuk lolos ke tahap selanjutnya. Sebab, kami tahu kan seandainya bisa lolos, kami bisa ke Piala Dunia. Itu jadi motivasi terbesar kami [untuk bermain baik],” kata Ade kepada awak media.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia Wanita 2022

1. Persiapkan mental Timnas Indonesia Wanita dengan baik

Motivasi Ade Santika Bawa Timnas Indonesia Wanita, Kejutkan AustraliaPemain Timnas Indonesia Wanita, Ade Mustika (nomor sembilan) berusaha tampil maksimal di Piala Asia agar timnya bisa melaju ke Piala Dunia Wanita. (Instagram/@ademustikaaaa)

Ade memastikan, persiapan Timnas Indonesia Wanita berjalan baik hingga menjelang keberangkatan tim ke India. Permainan pun dinilai terus berkembang dari satu uji coba ke laga uji coba lainnya. Hal itu dinilai cukup baik menjadi modal menghadapi pertandingan nanti.

Namun, dia mengingatkan, modal utama timnas Indonesia untuk mentas di ajang Piala Asia adalah mental yang bagus. Ia merasa, faktor tersebut jadi yang paling utama dan menentukan pasukan Srikandi bisa menunjukkan performa maksimal di lapangan nanti. 

“Paling penting adalah mental, karena mental paling berpengaruh pada saat pertandingan. Apalagi kita tahu lawannya siapa, ada Thailand hingga Australia. Makannya mental yang paling penting sih,” ujar pemain yang sudah berseragam Timnas Indonesia sejak 2015 ini.

2. Antusiasme pasukan Srikandi bertarung dengan Australia

Motivasi Ade Santika Bawa Timnas Indonesia Wanita, Kejutkan AustraliaTimnas Wanita Indonesia. (pssi.org)

Ade menyebut, penampilan timnya baru benar-benar akan diuji dalam pertandingan di Piala Asia Wanita ini. Terlebih, pada pertandingan pertama skuad Garuda Pertiwi bakal bentrok dengan Australia, yakni lawan yang notabene jadi favorit juara di ajang ini. 

Namun, ia tak gentar. Sebaliknya, Timnas Indonesia Wanita sangat termotivasi melawan tim kelas dunia yang banyak dihuni bintang. Ia pun mengaku sudah siap dalam laga nanti, dan berusaha memberikan kemenangan untuk Timnas Indonesia. 

“Untuk laga pertama nanti lawan Australia, kami sangat-sangat antusias, karena kami tahu Australia merupakan tim Olimpiade,” beber pemain berusia 22 tahun itu.

Baca Juga: Piala Asia 2022 India, Ketum PSSI Ingatkan Timnas Wanita Taat Prokes

3. Siap menyulitkan Socceroos

Ade merasa duel melawan Australia pada 21 Januari 2022 nanti, bakal jadi pengalaman berharga bagi Timnas Indonesia. Ia pun berharap, skuad Garuda Pertiwi bisa memberikan perlawanan sengit untuk Australia dalam laga nanti.

Pelatih Timnas Indonesia Wanita, Rudy Eka Priyambada, memboyong 23 pemain pilihannya ke India. Selain Ade, beberapa pemain anyar, seperti Remini Rumbewas, Marsela Yuliana Awi, hingga Pani Tri Oktavianti juga dibawa dan diberi kesempatan dalam turnamen Piala Asia Wanita 2022. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya