Comscore Tracker

Nadeo Argawinata Nikmati "Siksaan Fisik" ala Shin Tae-yong di Timnas

Nadeo merasa fisik Timnas Indonesia berkembang

Jakarta, IDN Times - Kiper muda Bali United, Nadeo Argawinata, tak merasa keberatan diberi porsi latihan lebih berat dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia yang digelar pada 14-22 Februari 2020 di Stadion Madya, Jakarta.

Menurut dia, hal itu merupakan hal yang wajar dilakukan setiap pelatih guna meningkatkan kemampuan tim.

"Mereka (tim pelatih dan Shin Tae-yong) ingin kualitas kiper terangkat, ditunjang fisik yang bagus dan teknik, serta apa saja penunjangnya," kata Nadeo di sela-sela latihan, Selasa (18/2).

1. Nadeo merasa lelah, tapi...

Nadeo Argawinata Nikmati Siksaan Fisik ala Shin Tae-yong di TimnasLatihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Selasa (18/2) (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Kiper Borneo FC itu menggambarkan, hingga hari kelima ini, Shin Tae-yong masih fokus menggenjot fisik skuat Garuda, terutama kiper. Walau terasa cukup berat, hal itu tetap harus dijalani dengan baik, apalagi hal itu demi meningkatkan kualitas pemain dan tim secara keseluruhan.

"Saya merasa, semua pemain merasakan hal yang sama, merasakan fisik yang meningkat, walau ada rasa letih luar biasa. Sejauh ini kami masih bisa ikuti apa yg diberikan pelatih (Shin Tae-yong), awalnya memang terasa berat, tapi kami mulai terbiasa dan dinikmati, enjoy saja," ujar kiper yang acap kali disebut mirip Kepa Arrizabalaga itu.

Baca Juga: Shin Tae-yong: Kemampuan U-19 Tak Sehebat Timnas Senior, tapi...

2. Timnas Indonesia belum akan memulai game internal

Nadeo Argawinata Nikmati Siksaan Fisik ala Shin Tae-yong di TimnasPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Nadeo menilai, walau secara fisik sudah menunjukkan peningkatan, ia belum bisa melihat perkembangan teknik secara keseluruhan. Lantaran, tim belum menggelar game internal.

Ia memprediksi, tim baru akan mulai latihan teknik pada 20 Februari. Jadi hingga dua hari ke depan, Timnas Indonesia masih belum akan menggelar game internal.

3. Pemusatan latihan Timnas Indonesia bakal berlangsung sampai 22 Februari 2020

Nadeo Argawinata Nikmati Siksaan Fisik ala Shin Tae-yong di TimnasPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Agenda pemusatan latihan Timnas Indonesia Senior kali ini bakal berlangsung sampai 22 Februari 2020. Besar kemungkinan, anak asuh Shin tae-yong bakal melaksanakan uji coba pada TC kali ini. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari persiapan menuju laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020.

Jadwal pemusatan latihan ini sendiri sebelumnya mengalami pengunduran selama sepekan. Jadwal yang semula bakal dimulai pada 10 Februari, molor menjadi 14 Februari 2020. Hal itu dilakukan lantaran  Shin Tae-yong ingin memantau pemain pada pertandingan di AFC Cup dan Piala Gubernur Jatim untuk mengisi skuat Timnas Indonesia.

Baca Juga: Shin Tae-yong Beri Menu Latihan Berbeda untuk Kiper Timnas Indonesia

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya