Comscore Tracker

Naturalisasi Timnas Jangan Sampai Bermasalah Kayak Marc Klok

Naturalisasi Marc Klok bermasalah karena bukti keturunan

Jakarta, IDN Times - Jelang Piala AFF 2020, PSSI secara mengejutkan kembali menghidupkan proyek mercusuar untuk melakukan naturaliasi kepada beberapa pemain keturunan. Sedikitnya, ada empat pemain yang saat ini tengah menjalani proses untuk mendapatkan paspor Indonesia.

Empat pemain keturunan yang kini menjalani proses naturalisasi adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Mees Hilgers, dan Kevin Diks. Mereka mengaku punya garis keturunan Indonesia dari nenek moyangnya.

Namun, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan pihaknya tak mau terburu-buru untuk menyelesaikan proses tersebut. Butuh beberapa bukti lagi agar administrasi para pemain tersebut nantinya tak bermasalah.

1. PSSI tak mau kasus administrasi yang dialami Marc Klok terulang

Naturalisasi Timnas Jangan Sampai Bermasalah Kayak Marc Klokinstagram.com/marcklok

Iriawan menilai, PSSI tak mau kasus yang menimpa Marc Klok kembali terulang. Sebab, percuma saja jika pemain yang sudah dinaturalisasi ternyata tak bisa dimanfaatkan untuk membela Timnas Indonesia. Hal itu terjadi usai Klok belum bisa membuktikan diri punya garis keturunan Indonesia.

Kali ini PSSI lebih berhati-hati. Mereka menelusuri lebih dulu latar belakang empat pemain itu hingga mendapatkan bukti konkret yang bersangkutan bisa jadi WNI. Sehingga, keempatnya tak akan dipermasalahkan FIFA jika kelak membela Timnas Indonesia di ajang internasional.

"Sandy, Hilgers, dan lainnya, sedang dalam proses. Kami tunjuk satu Exco PSSI, Hasani Abdulgani, yang bicara dengan agen. Mohon bersabar. Apakah mereka betul-betul keturunan Indonesia? Marc Klok tiba-tiba enggak ada. Saya juga berkeinginan bisa segera diwujudkan lebih cepat lebih baik, mohon sabar," ujar pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

Baca Juga: Naturalisasi Buat Timnas Indonesia Tak Sembarangan

2. Menpora juga ingin meninjau dulu soal proses naturalisasi empat pemain keturunan

Naturalisasi Timnas Jangan Sampai Bermasalah Kayak Marc KlokZainudin Amali (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, sebelumnya juga sudah buka suara soal wacana naturalisasi yang mau diajukan PSSI buat empat pemain tersebut. Dia bahkan sudah menegaskan, belum tentu keempat pemain tersebut lolos naturalisasi.

Zainudin menyebut, Kemenpora lebih hati-hati dalam urusan naturalisasi, karena beberapa pemain malah tak terpakai buat Timnas Indonesia. Hal tersebut tak mau diulangi lagi olehnya, makanya perlu kajian lebih dalam terkait wacana naturalisasi keempatnya.

"Kami akan tinjau dulu, apa benar ada garis keturunan, atau harus menunggu lima tahun. Usianya juga kami lihat, masih produktif atau tidak. Kalau tunggu lima tahun, kan usia orang bertambah terus, akhirnya tak terpakai," ujar Zainudin dalam bincang-bincang bersama media beberapa waktu lalu.

3. Keempat pemain yang menjalani proses naturalisasi tak tampil di Piala AFF

Naturalisasi Timnas Jangan Sampai Bermasalah Kayak Marc KlokPotret Kevin Diks (instagram.com/kevindiks2)

Empat nama yang tengah menjalani proses naturalisasi merupakan pemain yang direkomendasikan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. Dia menilai, keempatnya punya potensi yang bagus untuk bisa menambah kekuatan skuad Garuda di ajang internasional.

Hanya saja, Sandy, Jordi, Kevin Diks, hingga Hilgers dipastikan tak akan dimainkan di Piala AFF 2020. Sebab, proses naturalisasi keempatnya masih cukup panjang. Sedangkan, ajang dua tahunan itu bakal mulai digelar pada awal Desember 2021.

Walhasil, Timnas Indonesia pun dipastikan bakal banyak memanfaatkan pemain lokal yang acap kali dapat panggilan dari Shin, seperti Evan Dimas, Asnawi Mangkualam Bahar, dan lainnya. Paling tidak, ada satu pemain keturunan yang kini sudah bisa dipastikan mentas, yaitu Elkan Baggott.

Baca Juga: Elkan Baggott Pastikan Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya