Comscore Tracker

Nominasi Pelatih Terbaik Eropa, Mancini hingga Tuchel Jadi Favorit

Pep Guardiola juga masuk nominasi pelatih terbaik Eropa

Jakarta, IDN Times - Selain nominasi pemain terbaik Eropa, UEFA secara bersamaan merilis nama-nama juru taktik yang masuk nominasi pelatih terbaik Eropa 2020/2021. Roberto Mancini, Thomas Tuchel dan Pep Gurdiola masuk dalam tiga besar pelatih yang paling difavoritkan.

UEFA mengumumkan nominasi pelatih terbaik Eropa 2020/2021 melalui situs resminya pada Kamis (19/8/2021) malam WIB. Ketiga pelatih yang sudah disebutkan tersebut menjadi kandidat kuat yang bakal meraih titel bergengsi di Benua Biru ini menyisihkan pesaing lainnya.

1. Sebanyak 10 pelatih masuk nominasi

Dikutip laman resmi UEFA, sebetulnya masih ada tujuh nama pelatih lainnya yang masuk nominasi pelatih terbaik Eropa edisi kali ini. Tiga nama, yakni Diego Simeone (Atletico Madrid), Antonio Conte (Inter Milan), dan Christophe Galtier (Lille) adalah pelatih yang berhasil membawa klubnya juara di kompetisi domestik.

Sementara, Unai Emery (Villarreal) kembali menunjukkan tajinya sebagai pelatih spesialis peraih gelar Liga Europa. Dan, Kasper Hjulmand (Denmark), Gareth Southgate (Inggris), dan Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United) pelatih yang mampu membawa timnya tampil mengejutkan.

Baca Juga: UEFA Rilis Nominasi Pemain Terbaik Eropa, Jorginho dan Messi Favorit

2. Mancini jadi favorit usai bawa Italia juara Piala Eropa 2020

Nominasi Pelatih Terbaik Eropa, Mancini hingga Tuchel Jadi Favoriteurosport.com

Sayang, ketujuh pelatih itu harus tersisih dari tiga besar lantaran kalah kalah dalam beberapa penilaian. Alhasil, persaingan pelatih terbaik tinggal diperebutkan Roberto Mancini, Thomas Tuchel dan Pep Gurdiola yang punya performa impresif selama musim lalu.

Mancini merupakan pelatih yang secara mengejutkan berhasil membawa Italia juara Piala Eropa 2020. Yang paling istimewa, ia tak pernah mencatatkan kekalahan bersama Gli Azzuri sejak datang sebagai pelatih pada Mei 2018 silam.

3. Tuchel juga mampu mengantarkan Chelsea juara Liga Champions

Nominasi Pelatih Terbaik Eropa, Mancini hingga Tuchel Jadi Favoritgoal.com

Tuchel juga tak kalah mentereng. Baru datang menggantikan Frank Lampard, ia mampu membawa Chelsea berada di jalur yang benar. Walau gagal menjadi kampiun Liga Inggris, ia mampu mempersembahkan trofi bergengsi Liga Champions 2020/2021.

Sementara Guardiola, yang sering masuk dalam nominasi ini, berhasil membawa Manchester City menjadi juara Liga Inggris musim ini. 

Sama seperti pemain terbaik Eropa, pengumuman pelatih terbaik ini juga diumumkan di Istanbul, Turki pada 26 Agustus 2021. Pengumuman itu bakal dilangsungkan dalam acara pengundian fase grup Liga Champions 2021/2022 di Istanbul, Turki.

Baca Juga: Roberto Mancini, Juru Selamat Italia dari Kiamat

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya