Optimisme Shin Tae Yong dan Sanjungan untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia meraih poin perdana

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong masih belum terlalu puas dengan penampilan anak asuhnya di laga keenam babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Walau berhasil menahan imbang Thailand 2-2, ia merasa para pemain sulit mengembangkan pertandingan.

Timnas Indonesia harus tertinggal dua kali dalam duel melawan Thailand di di Al-Maktoum Stadium, Dubai, UEA, Kamis (3/6/2021) malam WIB. Tertinggal lebih dulu di babak pertama lewat sepakan Narubadin Weeawatnodom (5’), skuat Garuda baru bisa menyamakan kedudukan enam menit sebelum laga usai lewat sepakan I Kadek Agung Widnyana.

Selanjutnya Thailand kembali unggul lewat tandukan penyerang Adisak Kraisorn pada menit ke-50. Evan Dimas yang tampil baik sepanjang laga, berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-60 sekaligus memaksa tuan rumah bermain imbang.

1. Timnas Indonesia masih kesulitan mengembangkan permainan

Optimisme Shin Tae Yong dan Sanjungan untuk Timnas IndonesiaTimnas Indonesia berhasil menahan imbang Thailand 1-1 sekalgus meraih poin perdana di kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

Baca Juga: Timnas Indonesia Raih Poin Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Secara permainan, Timnas Indonesia tampil begitu spartan dalam duel kali ini. Dibandingkan dua laga uji coba liannya, para pemain tampil lebih bertenaga, lebih bagus, dan lebih kencang di lapangan. Namun, Shin merasa anak asuhnya masih kesulitan untuk mengalirkan bola di lapangan.

“Jujur pengalaman pemain Indonesia tak begitu banyak. Apalagi performa pertandingan agak menurun karena bola yang dimainkan indonesia itu tak bergulir seperti seharusnya, tapi saya yakin laga selanjutnya bakal lebih baik lagi,” kata Shin dalam sesi konferensi pers usai laga.

“Kenapa pemain terus memberikan yang terbaik, karena pertandingan ini merupakan laga internasional sehingga mereka lebih bekerja keras,” lanjut dia.

2. Apresiasi Shin Tae Yong untuk pemain yang menunjukkan kerja keras melawan Thailand

Optimisme Shin Tae Yong dan Sanjungan untuk Timnas IndonesiaPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Melihat pemainnya menunjukkan daya juang di lapangan, Shin Tae Yong pun melontarkan pujian. Ia menyiratkan, banyak hal positif yang ditunjukkan penggawa Timnas Indonesia selama bertanding, walau tak memungkiri masih ada beberapa kesalahan yang harus dievaluasi.

“Terima kasih kepada pemain karena sampai akhir mau bekerja keras. Walau hanya satu orang yang punya pengalaman tampil di pertandingan internasional, yaitu Evan Dimas, tapi semua bermain baik. Pemain sampai akhir mau bekerja keras,” ujar mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 silam itu. 

3. Ditunggu dua laga berat melawan Vietnam dan UEA

Optimisme Shin Tae Yong dan Sanjungan untuk Timnas IndonesiaPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Hasil imbang ini belum bisa mengangkat Timnas Indonesia dari posisi juru kunci Grup G. Mereka masih tertinggal jauh dari lawan-lawannya, Vietnam (11 poin), UEA, Thailand, dan Malaysia yang sama-sama mengemas sembilan poin.

Selanjutnya Timnas Indonesia bakal dihadapkan dua laga sisa di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka bakal berhadapan dengan Vietnam pada laga yang digelar 7 Juni 2021 di Al-Maktoum Stadium.

Selanjutnya, dalam laga penutup Timnas Indonesia bakal mengejar hasil maksimal dalam duel melawan tuan rumah UEA. Pertandingan tersebut bakal dihelat 11 Juni 2021 di Stadion Zabeel, Dubai.

Baca Juga: Timnas Imbangi Thailand, Ketum PSSI Angkat Topi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya