Panasnya Kursi Pelatih Liga 1 2019, Ada yang Dipecat Sebelum Kick Off

Pelatih-pelatih asing semakin membuat persaingan memanas

Jakarta, IDN Times - Tak keliru jika ada yang menganggap Liga 1 sangat kejam. Sebab memang begitulah kenyataannya, terutama bagi para pelatih yang menangani klub di kompetisi kasta tertinggi Indonesia ini.

Pada musim lalu, sebanyak 12 dari 18 klub Liga 1 mengganti memecat pelatih mereka di tengah kompetisi. Klub-klub yang memecat pelatih mereka ketika kompetisi sedang berjalan yaitu PSIS, Persebaya, Arema FC, Borneo FC, Madura United, Bali United, Persipura, Perseru, PS TIRA, Mitra Kukar, PSMS, dan Sriwijaya FC.

Hanya Persija Jakarta, PSM Makassar, Bhayangkara FC, Persib Bandung, Barito Putera, dan Persela Lamongan yang tetap setia mempertahankan pelatih mereka.

1. Banyak tim merekrut pelatih anyar untuk kompetisi musim ini

Panasnya Kursi Pelatih Liga 1 2019, Ada yang Dipecat Sebelum Kick OffInstagram.com/sriwijayafc.id

Di musim baru ini, hampir semua tim merekrut pelatih baru. Hanya, Jacksen F. Thiago (Barito Putera), Aji santoso (Persela Lamongan), Seto Nurdiantoro (PSS Sleman), Syafrianto Rusli (Semen Padang), dan pelatih yang musim lalu didatangkan di tengah kompetisi, yakni Djadjang Nurdjaman (Persebaya) dan Djafri Sastra (PSIS) yang masih bertahan.

Bahkan, Persija pun terpaksa harus mengganti Stefano 'Teco' Cugurra, pelatih yang membawa mereka menjuarai Liga 1 musim 2018. Sebab pelatih berpaspor Brasil itu memilih menyeberang ke Bali United. Sebagai gantinya, Persija mendatangkan pelatih gaek Ivan Kolev.

Baca Juga: Persija Imbang tanpa Gol, Ivan Kolev: Tak Ada Opsi Lain di Lini Depan

2. Dua pelatih dipecat sebelum kompetisi dimulai

Panasnya Kursi Pelatih Liga 1 2019, Ada yang Dipecat Sebelum Kick OffIDN Times/Galih Persiana

Panasnya kursi pelatih bahkan sudah membara sebelum kompetisi dimulai. Lihat saja Persib dan Borneo FC yang telah memecat pelatih mereka bahkan sebelum kompetisi bergulir. Alasannya, pelatih--pelatih tersebut dinilai tidak becus membesut tim saat persiapan pramusim.

Persib Bandung mendepak Miljan Radovic sebelum tampil di perempat final Piala Indonesia dan menggantinya dengan Si Meneer, Robert Rene Alberts. Sedangkan Pesut Etam menggantikan Fabio Lopez dengan eks pelatih Persib musim lalu Mario Gomez.

3. Mayoritas tim di Liga 1 gunakan pelatih asing

Panasnya Kursi Pelatih Liga 1 2019, Ada yang Dipecat Sebelum Kick OffIDN Times/Debbie Sutrisno

Persaingan pelatih di Liga 1 semakin sengit dengan hadirnya pelatih-pelatih asing. Bahkan klub-klub Liga 1 lebih doyan menggunakan jasa pelatih asing ketimbang pelatih lokal. 

Dari 18 klub yang tampil musim ini, hanya 7 tim yang menggunakan pelatih lokal, seperti TIRA-Persikabo (Rahmad Darmawan), PSIS (Jafri Sastra ), Persebaya (Djadjang Nurdjaman), PSS (Seto Nurdiantoro), Persela (Aji Santoso), Semen Padang (Syafrianto Rusli) dan Perseru Badak Lampung (Jan Saragih).

Sisanya memilih untuk memakai jasa pelatih asing agar bisa mengangkat performa tim dan bisa jadi yang terbaik di Liga 1 musim ini.

4. Daftar pelatih Liga 1 2019

Panasnya Kursi Pelatih Liga 1 2019, Ada yang Dipecat Sebelum Kick Offliga-indonesia.co.id

Berikut adalah daftar pelatih klub di Liga 1 2019

1. Ivan Kolev (Persija)
2. Darije Kalezic (PSM Makassar)
3. Angel Alfredo Vera (Bhayangkara FC)
4. Robert Rene Alberts (Persib Bandung)
5. Djadjang Nurdjaman (Persebaya)
6. Milomir Seslija (Arema FC)
7. Mario Gomez (Borneo FC)
8. Dejan Antonic (Madura United)
9. Jacksen F Tiago (Barito Putera)
10. Jafri Sastra (PSIS)
11. Stefano Cugurra (Bali United)
12. Luciano Leandro (Persipura)
13. AJi Santoso (Persela)
14. Jan Saragih (perseru Badak Lampung)
15. Rahmad Darmawan (TIRA-Persikabo)
16. Seto Nurdiantoro (PSS)
17. Syafrianto Rusli (Semen Padang)
18. Gomez dde Oliveira (Kalteng Putra)

Baca Juga: Putaran Pertama Liga 1 2019, Kalteng Putra Bermarkas di Bantul

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya