Comscore Tracker

Kabar Pensiun dari Timnas Prancis Hoax, Pogba Tuntut Media Inggris

Paul Pogba sempat diisukan kecewa dengan pernyataan Macron

Jakarta, IDN Times - Gelandang Manchester United, Paul Pogba menepis kabar jika dirinya bakal menanggalkan seragam Timnas Prancis, karena kecewa terhadap komentar Presiden Emmanuel Macron. Isu tersebut dikatakan Pogba hanya berita hoax belaka.

Salah satu media Inggris sempat menyebut jika sang pemain memilih gantung sepatu lantaran agama yang dianut merasa disudutkan. Sehingga dia merespons kabar yang muncul pertama kali dari media Timur-Tengah Lewat akun @paulpogba.

"Berita hoax yang tidak bisa diterima," kata Pogba yang mengunggah story melalui akun Instagram pribadinya dengan latar belakang berita dari The Sun.

1. Pogba marah kepada media yang mencatut namanya

Kabar Pensiun dari Timnas Prancis Hoax, Pogba Tuntut Media InggrisTangkapan layar story Instagram Paul Pogba yang menepis bakal pensiun dari Timnas Prancis. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Tak lama berselang Paul Pogba pun mengunggah sebuah foto dengan latar belakang berita yang dianggap hoax tersebut. Dia menambahkan keterangan yang menyebut berita dari media tersebut 100 persen tak berdasar.

"Saya kaget, saya frustrasi dan marah kepada media yang mencatut nama saya untuk membuat berita bohong terkait keadaan di Prancis. Mereka juga mengaitkan hal itu dengan Timnas Prancis dan juga Agama yang saya peluk, " tulis Pogba.

2. Pogba bakal bawa kasus berita hoax ke ranah hukum

  1. Pogba menentang segala bentuk teror dan kekerasan, tapi dia kesal dengan oknum media tak bertanggung jawab atas apa yang sudah ditulisnya. Dia memastikan bakal membawa media yang membuat berita bohong tentang dirinya ini ke ranah hukum.

"Mereka lalai terhadap kebebasan pers dan tak mengecek kembali berita yang sudah diterbitkan. Mereka membuat isu tanpa berpikir jika itu bakal memengaruhi kehidupan orang lain dan Saya. Kasus ini akan dibawa ke ranah hukum," ujar Pogba dalam caption-nya.

"Kepada The Sun yang mengabaikan hal ini, ingat jika kalian pernah sekolah dan guru mengajarkan untuk memeriksa kembali sumber. Jangan tulis berita jika tak jelas sumbernya. Kalian kembali melakukan hal yang sama, dengan topik yang lebih serius dan ini memalukan," lanjut dia.

3. Presiden Prancis sempat mengeluarkan pernyataan kontoversial

Kabar Pensiun dari Timnas Prancis Hoax, Pogba Tuntut Media InggrisPresiden Prancis, Emmanuel Macron (ANTARA FOTO/Christophe Ena/Pool via REUTERS)

Emmanuel Macron memberikan komentar terkait kasus pembunuhan seorang guru yang terjadi baru-baru ini. Guru sejarah bernama Samuel Paty harus meregang nyawa di Conflans-Sainte-Honorine, Prancis pada 16 Oktober 2020. Pembunuhan itu terjadi beberapa hari setelah dia menunjukkan karikatur Nabi Muhammad SAW sebagai contoh kasus saat mengajar.

Dia menyebut jika tragedi itu merupakan "serangan teroris Islamis" yang dilakukan kelompok militan lokal, Cheikh Yassine. Dia juga menyinggung jika kejadian tersebut merupakan tindakan islamis yang bisa merenggut masa depan bangsanya.

4. Macron singgung kebebasan berekspresi

Kabar Pensiun dari Timnas Prancis Hoax, Pogba Tuntut Media InggrisEmmanuel Macron sedang melakukan pertemuan bersama negara Mediterania Timur, termasuk Yunani membahasa keamanan UE (twitter.com/

Perkataan Macron menyulut protes berbagai pihak dari pelbagai belahan dunia. Ia menyebut sekularisme negara merupakan identitas nasional Prancis dan memberikan kebebasan berekspresi kepada siapapun di negaranya. Sehingga, tak ada yang bisa melarang semua orang terkait kebebasan berekspresi, termasuk Samuel Paty.

Sontak saja ungkapan Presiden berusia 42 tahun itu dapat respons dari pelbagai kalangan.  Hal itu pula yang memunculkan isu mantan pemain Juventus tersebut mengindikasikan tak mau lagi membela Les Blues di ajang internasional sebagai tanda protes kepada Macron.

Baca Juga: Akibat Pernyataan Macron, Paul Pogba Siap Mundur dari Timnas Prancis

5. Pogba dikenal sebagai muslim yang taat

Kabar Pensiun dari Timnas Prancis Hoax, Pogba Tuntut Media Inggrisinstagram.com/paulpogba

Isu itu semakin dipercaya oleh publik, karena Paul Pogba memang dikenal sebagai pemain musim yang cukup taat dalam menjalankan ibadahnya. Pada beberapa kesempatan, pemain berusia 27 tahun tersebut acap kali membagi momen saat tengah beribadah.

Beruntung Pogba langsung memberikan klarifikasi terkait hal tersebut. Jika dia betul-betul pensiun, itu bakal jadi kerugian bagi Timnas Prancis. Mau bagaimanapun, dia merupakan pilar penting di lini tengah tim besutan Didier Deschamps dalam beberapa tahun terakhir ini.

6. Timnas Prancis masih tergantung kepada Pogba

Kabar Pensiun dari Timnas Prancis Hoax, Pogba Tuntut Media Inggrisinstagram.com/equipedefrance

Sejak promosi ke tim senior pada 2013 silam, Pogba menjadi ruh permainan Timnas Prancis di pelbagai ajang. Puncaknya, dia berhasil mengantarkan Prancis menjadi juara di Piala Dunia 2018 silam dengan mencetak gol penting pada pertandingan final melawan Kroasia.

Total, Pogba sudah tampil 72 kali bersama Timnas Prancis. Dia juga sudah mengoleksi 10 gol selama tujuh tahun membela negara yang dicintainya tersebut.

Baca Juga: Paul Pogba Siap Bicara Kontrak baru Bersama Manchester United 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya