Pelatih Anyar Timnas Indonesia akan Diumumkan di Kongres Tahunan PSSI?

PSSI bakal melakukan kongres tahunan di Januari 2020 nanti

Jakarta, IDN Times - PSSI masih belum menunjuk sosok pelatih yang bakal menukangi Timnas Indonesia untuk menggantikan Simon McMenemy. Sejauh ini ada dua calon kuat yang bakal mengisi posisi tersebut, yakni Luis Milla dan Shin Tae-yong.

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri, menyebut bahwa pihaknya akan segera mengumumkan siapa pelatih yang dipilih. Hanya, ia meminta publik sabar agar PSSI bisa menentukan pelatih yang betul-betul cocok menangani skuat Garuda.

"Ya sabarlah, kami inginnya secepatnya, mau Luis Milla, atau Shin Tae-yong, tapi kami ingin jelas dulu," kata Cucu Soemantri saat dihubungi IDN Times, Rabu (18/12).

1. Ada kemungkinan pengumuman pelatih baru berbarengan dengan Kongres PSSI

Pelatih Anyar Timnas Indonesia akan Diumumkan di Kongres Tahunan PSSI?IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Mayjen TNI berusia 58 tahun itu mengungkapkan bahwa sebetulnya pihaknya tengah mengupayakan untuk bisa mengumumkan akhir Desember ini. Namun, hal itu belum bisa dipastikan, atau bisa jadi mereka bakal merilis namanya pada Januari mendatang.

"Saya kira ada Kongres Tahunan PSSI dan di sana pas untuk mengumumkan, karena kita harus segera menyiapkan timnas untuk senior," ujar Cucu.

Baca Juga: Pesan Pelatih Vietnam ke Shin Tae-yong: Melatih di ASEAN Itu Susah!

2. Luis Milla dan Shin Tae-yong sedang menganggur

Pelatih Anyar Timnas Indonesia akan Diumumkan di Kongres Tahunan PSSI?Luis Milla presentasi proposalnya kepada PSSI di Manila, Filipina, Jumat (29/11) malam. PSSI.org

Luis Milla sendiri mengaku siap kembali menangani Timnas Indonesia. Hal itu membuat kansnya masuk kembali cukup besar. Terlebih dirinya kali ini sedang menganggur, jadi siap kapan pun jika memang sedang dibutuhkan.

Sementara, bagi Shin Tae-yong yang terus dikaitkan dengan Timnas Indonesia, ia belum menentukan apakah mau menerima tawaran untuk melatih skuat Garuda. Ia masih memilih tawaran terbaik yang kini datang kepadanya.

3. Shin Tae-yong diincar juga oleh salah satu klub Tiongkok

Pelatih Anyar Timnas Indonesia akan Diumumkan di Kongres Tahunan PSSI?straitstimes.com

Maklum, tak hanya PSSI saja yang tertarik menggunakan jasanya, sebab klub Tiongkok, Shenzhen FC juga diisukan berminat mendatangkannya. Namun, ia menyiratkan untuk segera mengambil keputusan.

"Kami bertemu dengan klub dan bicara ke PSSI. Kami bertukar kontrak, tapi belum menandatanganinya. Kemungkinan masih terbuka, termasuk untuk (klub) Tiongkok dan Indonesia. Saya bakal ambil keputusan secepatnya tak lebih dari dua minggu," tukas Shin Tae-yong.

Baca Juga: Sambangi Istana Negara, PSSI Minta Kantor Baru ke Presiden Jokowi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya