Pelatih Barcelona Ronald Koeman Diskors 2 Laga

Ronald Koeman didesak mundur

Jakarta, IDN Times - Apes betul nasib Barcelona musim ini. Saat tim dalam kondisi kritis, Blaugrana dipastikan tak bisa dipimpin Ronald Koeman dalam dua pertandingan ke depan, karena mendapatkan skorsing.

Sebelumnya, saat Barcelona ditahan imbang Cadiz 0-0 dalam duel yang digelar di Estadio Nuevo Mirandilla, Jumat (24/9/2021) dini hari WIB, Koeman mendapatkan kartu merah. Hal itu lantaran dirinya melakukan protes keras terhadap wasit yang memimpin pertandingan.

Dikutip Sky Sports, Koeman dinilai melakukan kata-kata kasar terhadap wasit. Hal itu ternyata dicatat sendiri oleh sang wasit. Sehingga, laporan itu sampai ke Komisi Disiplin federasi sepak bola Spanyol (RFEF).

1. Koeman diskors lantaran mengumbar kata-kata tak pantas di dalam pertandingan

Pelatih Barcelona Ronald Koeman Diskors 2 Lagaeurosport.com

Komdis RFEF pun langsung bergerak cepat dengan menggelar sidang untuk membahas aksi tak terpuji Koeman. Hasilnya, mereka pun memutuskan jika pelatih asal Belanda itu harus menjalani hukuman dua laga tak bisa memimpin Memphis Depay dalam pertandingan.

Walhasil, Koeman dipastikan tak bisa berada di pinggir lapangan untuk memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat bersua Levante pada 26 September 2021 dan saat Barcelona melewati duel berat kontra Atletico Madrid pada 2 Oktober 2021.

Kondisi ini begitu merugikan Barcelona. Terlebih, performa mereka tengah anjlok lantaran dalam tiga pertandingan beruntun gagal meraih kemenangan.

Baca Juga: Presiden Barcelona Ngamuk ke Ronald Koeman, Makin Panas

2. Koeman hanya bicara soal dua bola di atas lapangan

Pelatih Barcelona Ronald Koeman Diskors 2 LagaRonald Koeman. (football-espana.net)

Koeman sendiri tak terima mendapatkan kartu merah saat Barcelona bersua tuan rumah Cadiz. Ia merasa tak berbicara macam-macam. Pelatih berusia 58 tahun ini mengaku, hanya mempertanyakan soal adanya dua bola yang berada di dalam lapangan saat pertandingan berlangsung. 

"Saya bicara kepada ofisial keempat soal dua bola di lapangan, tapi saya malah diusir. Saya dikeluarkan dari lapangan tanpa alasan yang jelas. Saat saya mempertanyakan keputusan itu, mereka menyebut sikap saya bermasalah,” kata Koeman dilansir Mundo Deportivo.

Fans Barcelona pun cukup geram dengan apa yang sudah dilakukan Koeman di lapangan. Saat tim dalam masa-masa krusial, ia malah tak bisa memimpin Barcelona dalam pertandingan.

3. Desakan fans Barcelona kepada Koeman untuk mundur menggema di media sosial

Pelatih Barcelona Ronald Koeman Diskors 2 Lagagoal.com

Para pendukung nampaknya sudah habis kesabarannya kepada Koeman. Sebab, sebelumnya mereka juga menilai jika Barcelona di tangan pelatih asal Belanda itu, tampil kurang baik. Bahkan, ia dinilai sudah mencederai permainan tiki-taka ala klub Catalan ini.

Mengapa demikian? Hal itu tak lepas dari skema bermain Barcelona yang lebih defensif dan kurang atraktif. Hal itu bertolak belakang dengan permainan tiki taka yang begitu ofensif, dengan mengandalkan penguasaan bola melalui umpan-umpan cepat, posisi pemain yang dinamis, dan memanfaatkan kemampuan individu setiap pemain.

Walhasil, Barcelona saat ini dinilai kehilangan identitas aslinya. 

Desakan fans untuk memecat Ronald Koeman semakin kencang, termasuk di media sosial dengan tagar #KoemanOUT. Kekecewaan para pendukung Barcelona nampaknya sudah tak tertahankan lagi, karena Barcelona juga tampil inkonsisten musim ini.

Baca Juga: Momen Menentukan Ronald Koeman di Barcelona

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya