Comscore Tracker

Pelatih Malaysia Anggap Indonesia Bukan Unggulan Piala AFF

Malaysia sukses bungkam Kamboja 3-0

Jakarta, IDN Times - Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, sudah melempar psywar kepada Timnas Indonesia. Dia menyebut, Vietnam dan Thailand merupakan calon juara Piala AFF, yang bakal jadi lawan berat meraih gelar di edisi kali ini, tak termasuk Indonesia. 

Malaysia berhasil meraih kemenangan pertama di Piala AFF. Bentrok dengan Kamboja, skuad Negeri Jiran berhasil menang dengan skor 3-1 dalam duel yang digelar di Bishan Stadium (6/12/2021). Tiga gol kemenangan Malaysia dicetak, Safawi Rasid (23' P), Akhyar Rashid (61'), dan Kogileswaran Raj (78').  

Hasil itu membuat Malaysia untuk sementara waktu berada di peringkat pertama Grup B babak penyisihan Piala AFF. Mereka mengumpulkan tiga poin dengan memasukan tiga gol dan masih nirbobol.

Baca Juga: Fenomena Pelatih Asing yang Menjanjikan Buat Timnas Indonesia

1. Thailand dan Vietnam jadi favorit juara Piala AFF

Pelatih Malaysia Anggap Indonesia Bukan Unggulan Piala AFFFandom.id

Tan Cheng Hoe memang tak asal bicara soal calon pesaingnya. Vietnam dan Thailand sejauh ini merupakan barometer kekuatan sepak bola di Asia Tenggara. Terbukti, keduanya merupakan langganan juara di ajang ini. Thailand yang paling sering juara dengan mengoleksi lima gelar.

Selain itu, kedua negara tersebut juga punya ranking FIFA yang lebih baik ketimbang kontestan lain di Piala AFF. Hal itu, sudah bisa jadi acuan bagi Tan Cheng Hoe jika keduanya lebih berpotensi menjadi juara dibanding timnya, bahkan Indonesia.

"Kami sudah tahu Vietnam dan Thailand merupakan unggulan dalam turnamen kali ini. Hanya saja, kami mengharapkan bisa membuat kejutan dan menciptakan sesuatu," ujar pelatih berusia 53 tahun tersebut dikutip laman resmi AFF. 

2. Malaysia bakal bentrok dengan Laos

Pelatih Malaysia Anggap Indonesia Bukan Unggulan Piala AFFDion Cools, pemain baru Timnas Malaysia. (twitter.com/FAM_Malaysia)

Usai duel ini, Malaysia akan berhadapan dengan Laos pada laga kedua mereka di Grup B. Mereka pun masih diunggulkan bisa meraih kemenangan dengan mudah atas calon lawannya itu. Terlebih, Laos juga tak punya kekuatan istimewa dalam persaingan di lapangan hijau sejak dulu.

Baru setelah melewati dua pertandingan, Malaysia benar-benar menghadapi ujian sebenarnya. Dia bakal berhadapan dengan calon juara, Vietnam, pada pertandingan ketiga. Bisa saja mereka kehilangan poin dalam duel tersebut.

Jika tak bisa meraih hasil maksimal, tentu duel terakhir melawan Indonesia bakal jadi pertarungan hidup dan mati untuk menentukan siapa yang lolos. Pertarungan sengit pun diprediksi bakal tersaji dalam pertandingan tersebut.

3. Timnas Indonesia berpotensi hadapi Malaysia dalam duel hidup mati

Pelatih Malaysia Anggap Indonesia Bukan Unggulan Piala AFFPelatih Timnas Malaysia tak jagokan timnas Indonesia di Piala AFF.(Twitter/@FAM_Malaysia).

Namun, sebelum skenario itu berjalan, Indonesia juga harus lebih dulu bisa memenangkan pertandingan dalam dua laga awal. Mereka harus merebut tiga poin lebih dulu dari Kamboja dan Laos sebelum bertemu lawan berat. Jika berhasil menyapu bersih pertandingan itu, beban skuad Garuda tentu tak akan terlalu berat.

Setelah itu, mereka bakal berjuang melawan Vietnam. Plilihannya tak banyak, skuad Shin Tae Yong harus bisa menang agar mengindari laga hidup dan mati pada duel terakhir.

Jika sama-sama gagal dengan Malaysia, keduanya niscaya bakal tampil habis-habisan untuk bisa merebut satu tiket ke babak gugur Piala AFF edisi kali ini.

Baca Juga: Hitam Putih Perjalanan Timnas Indonesia Selama Piala AFF

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya