Ribuan Suporter Timnas Siap Sesaki SUGBK, Ini Respons Pelatih Malaysia

Suporter Indonesia bisa memberikan tekanan terhadap Malaysia

Jakarta, IDN Times - Duel sengit antara Timnas Indonesia melawan Malaysia di babak Kualifikasi Piala Dunia Grup G bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9). Puluhan ribu suporter tuan rumah dipastikan akan memadati tribun untuk memberikan tekanan psikologis kepada timnas Malaysia.

Suporter Indonesia memang memiliki loyalitas tinggi. Tak mengherankan jika sorak-sorai mereka di tribun bisa membuat tim tamu tampil tertekan sepanjang laga. Apalagi jika lawan Timnas adalah Malaysia yang selama ini dianggap sebagai rival terberat di Asia Tenggara.

1. Timnas Malaysia sudah terbiasa dengan tekanan suporter lawan

Ribuan Suporter Timnas Siap Sesaki SUGBK, Ini Respons Pelatih MalaysiaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Faktor suporter ini agaknya tak luput dari perhatian Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe. Namun ia memastikan anak asuhnya tak akan mundur sedikit pun walau bakal menghadapi teror dari pendukung Indonesia. Sebaliknya, hal itu bakal dijadikan motivasi bagi timnya dalam duel nanti.

Ia mengklaim Safawi Rasid dan kolega sudah terbisa dengan pertandingan berat dan tekanan dari pendukung lawan.

"Saya rasa pemain sudah biasa bermain di dalam stadion yang dipadati puluhan ribu pendukung lawan. Yang penting, keyakinan ada di diri para pemain," kata Tan Cheng Hoe kepada awak media pada sela-sela latihan Malaysia di Lapangan A, Senayan, Selasa (3/9).

Baca Juga: Pelatih Malaysia Waspadai Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

2. Tan Cheng Hoe ingatkan pemain Malaysia fokus di lapangan

Ribuan Suporter Timnas Siap Sesaki SUGBK, Ini Respons Pelatih Malaysiafam.org.my

Pelatih berusia 51 tahun itu mengingatkan bahwa anak asuhnya harus fokus ke lapangan sepanjang pertandingan jika tak mau kecolongan. Sehingga, hal-hal yang membuat konsentrasi pemain buyar, akibat tekanan dari tribun tak akan terjadi.

"Yang penting, saya ingatkan pemain-pemain apabila turun ke lapangan harus fokus pada permainan. Kami tidak mau terganggu psikologis para pemain karena suporter. Namun, saya yakin kami bisa mengatasinya," ujar dia lagi.

3. Tan Cheng Hoe anggap Simon pelatih bagus

Ribuan Suporter Timnas Siap Sesaki SUGBK, Ini Respons Pelatih MalaysiaDok. PSSI/Herka Yanis P

Selain itu, Tan juga secara individu mewaspadai kekuatan Timnas Indonesia di bawah kendali Simon McMenemy. Menurut dia, Simon memiliki kelebihan saat menukangi Timnas Indonesia ini karena sudah paham betul dengan kondisi sepak bola Asia Tenggara. Simon memang pernah Filipina pada 2010 dan tiga tahun menjadi pelatih Bhayangkara FC di Liga Indonesia.

"Kalau mengikutinya, Simon sudah cukup lama di ASEAN. Hal ini membuat dia paham budaya dan corak pemain di Asia Tenggara. Saya rasa Simon pelatih yang bagus, dia punya taktik yang berpotensi menumbangkan kami pada 5 September nanti," ujarnya.

Akan tetapi, sekali lagi ia menjelaskan bahwa dirinya tak mau terlalu memikirkan hal tersebut. Ia tetap yakin Malaysia bisa berbuat banyak dan memperoleh hasil maksimal dalam duel nanti, tanpa mengurangi respeknya terhadap sepak bola Indonesia yang dinilainya cukup bagus.

Baca Juga: Duel Timnas Indonesia vs Malaysia, Saddil dan Andik Jadi Telik Sandi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya