Pemain Timnas Afganistan Punya Kans Debut Bersama Persib

Farshad Noor masih lakukan adaptasi cuaca Indonesia

Jakarta, IDN Times - Gelandang anyar Persib, Farshad Noor memang baru bergabung dengan tim di Sleman. Walau begitu, pelatih Persib, Robert Alberts menyiratkan bakal memberikan kesempatan pemain asal Afganistan itu tampil saat anak asuhnya bentrok lawan Persita, Minggu (29/3/2021).

Pemain yang jadi suksesor Omid Nazari ini digadang-gadang bakal melakukan debut bersama Maung Bandung di laga kedua Piala Menpora 2021. Namun, Robert mesti memerhatikan beberapa faktor sebelum memutuskan sang pemain merumput bersama Persib saat bersua Persita.

“Dua punya kesempatan tampil pada laga besok (melawan Persita). Ia sudah melakukan latihan perdana di lapangan kemarin, tapi ia masih harus beradaptasi dengan perubahan iklim yang dirasakan punya kelembaban lebih tinggi,” kata Robert dalam sesi konferensi pers prapertandingan, Minggu (28/3/2021).

1. Farshad Noor masih beradaptasi dengan cuaca

Pemain Timnas Afganistan Punya Kans Debut Bersama PersibPemain anyar Persib, Farshad Noor. (persib.co.id).

Jika hal tersebut terjadi, ini bakal jadi debut perdananya di sepak bola Indonesia. Sebaliknya, ini juga bakal menjadi catatan baru bagi Persib karena untuk pertama kalinya diperkuat pemain asal Afganistan.

Meski demikian, ekspektasi bobotoh yang tinggi membuat sang pemain harus tampil maksimal dalam laga nanti. Robert menegaskan sang pemain tak bisa dituntut seperti itu, terlebih ini jadi pengalaman pertamanya mentas di Indonesia.

“Adaptasi cuaca merupakan hal lumrah yang harus dilalui pemain, termasuk Farshad Noor yang sebelumnya tengah berada di negara yang tengah musim dingin. Dan ia berusaha untuk melakukan adaptasi itu,” ujar pelatih berpaspor Belanda itu.

Baca Juga: Persib Tanpa Sang Kapten, Farshad Noor Masih Isolasi

2. Robert Alberts bakal lakukan rotasi di laga kedua

Pemain Timnas Afganistan Punya Kans Debut Bersama PersibIDN Times/Galih Persiana

Robert pun memastikan Persib tak hanya bakal memberikan kesempatan pada Farshad Noor. Menurut dia, Persib bakal melakukan rotasi pemain pada laga kedua besok.

Setiap pemain akan punya kesempatan bermain. Sebagian besar pemain akan diganti dari 11 pemain yang tampil di pertandingan pertama. Bisa dibilang ini skuad baru," ujar eks pelatih PSM itu.

Kebijakan itu memang sengaja Robert lakukan di ajang pramusim ini. Ia ingin semua pemain mendapatkan kesempatan tampil. Sehingga ia bisa menentukan komposisi terbaiknya di ajang resmi.

3. Persib jadikan Piala Menpora 2021 untuk mematangkan skuat

Pemain Timnas Afganistan Punya Kans Debut Bersama PersibEks pemain PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, saat jalani sesi latihan bersama Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Kamis 11 Maret 2021. (Persib.co.id/Barly Isham)

Robert sendiri memang tak memiliki ambisi meraih prestasi terbaik. Ia hanya ingin para pemain bisa tampil santai, terlebih sudah satu tahun Persib tak tampil dalam sebuah pertandingan. 

Namun, ia ingin tetap para pemainnya menunjukkan penampilan terbaik dalam duel nanti. Hal itu membuatnya sangat menantikan pertandingan kedua Persib di Piala Menpora 2021 melawan Persita.

Persib sejauh ini masih mengumpulkan satu poin di ajang ini. Hasil itu diraih saat bermain imbang di laga perdana melawan Bali United pada laga perdana Grup D. 

Baca Juga: Tahu Karakter Permainan Persib, Persita Optimistis Tatap Laga Kedua

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya