Comscore Tracker

Pemain Timnas Putri Dilarang Keluar Kamar di Piala Asia 2022

Timnas Indonesia ditunggu Australia di laga pertama

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tak khawatir dengan gelaran Piala Asia Wanita 2022 yang digelar di India, yang dibayangi ancaman COVID-19, khususnya varian Omicron. Asal mengikuti protokol kesehatan, Iwan Bule (sapaannya) yakin skuad Garuda Pertiwi tetap aman.

Timnas Indonesia Wanita dijadwalkan bakal mendarat di Mumbai, India pada Senin (17/1/2022). Mereka berangkat sehari sebelumnya usai dilepas Iriawan dan beberapa pengurus PSSI.

"Mereka menggunakan sistem bubble jadi enggak ke mana-mana. Begitu datan, dari bandara langsung PCR. Masuk hotel juga begitu. Dilakukan tiap tiga hari PCR," kata Iwan Bulekepada awak media.

1. Wajib ikuti prokes

Pemain Timnas Putri Dilarang Keluar Kamar di Piala Asia 2022Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) menyapa sejumlah Pemain Timnas Putri di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (13/1/2022). Ia mengingkatkan pemain untuk menjaga protokol kesehatan selama mentas dalam Piala Asia Wanita 2022 di India. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Kasus COVID-19 di India memang meningkat akhir-akhir ini. Namun, hal itu tak menyurutkan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) untuk menggelar Piala Asia Putri sudah dijadwalkan berlangsung pada 20 Januari-6 Februari 2022.

Iwan Bule pun mengingatkan para pemain Timnas Putri agar tak keluar hotel sama sekali. Selain meminimalisir risiko, dia ingin pemain tak mengalami masalah yang berujung sanksi.

"Mereka tak boleh keluar sama sekali. Dari stadion, balik lagi, begitu seterusnya. Insya Allah kalau ikuti prokes bisa terhindar dari COVID-19 yang ada di sana," ujar eks Kapolda Jawa Barat tersebut.

Baca Juga: Timnas Jadikan Piala Asia Wanita Momentum Dilirik Klub Luar Negeri

2. Garuda Pertiwi pantang kalah sebelum berlaga

Pemain Timnas Putri Dilarang Keluar Kamar di Piala Asia 2022Pemain Timnas Indonesia Wanita, Ade Mustika (nomor sembilan) berusaha tampil maksimal di Piala Asia agar timnya bisa melaju ke Piala Dunia Wanita. (Instagram/@ademustikaaaa)

Terlepas dari masalah itu, Iwan Bule meminta para pemain Timnas Putri tak takut dengan lawan-lawannya yang di atas kertas memang punya kualitas cukup bagus. Dia berharap Zahra Muzdalifah dan kolega tak kalah sebelum bertanding. 

Sebaliknya, eks Plt Gubernur Jawa Barat itu mau pemain bisa menunjukkan penampilan dengan mental yang kuat dan pantang menyerah. Hal itu diakuinya, bisa membuat lawan-lawannya juga kesulitan.

"Ada Australia, Thailand, hingga Filipina. Jangan pernah takut. Kalian harus punya mimpi untuk menang. Sehingga, bisa menunjukkan daya tempur tinggi untuk memenangkan pertandingan, karena bola itu bundar," ujarnya.

3. Ditunggu Australia di laga pertama

Pemain Timnas Putri Dilarang Keluar Kamar di Piala Asia 2022Sam Kerr (kiri) jadi pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia Wanita. (espn.com)

Dalam laga pertamanya, Timnas Putri sudah dihadapkan lawan yang sulit. Mereka harus bentrok dengan semifinalis Olimpiade, yakni Australia di penyisihan Piala Asia 2022. Sudah jelas, dalam duel nanti, Timnas Putri tak diunggulkan. 

Australia tampil dengan kekuatan terbaiknya di ajang tersebut. Pemain bintang yang mentas di Women Super League, seperti Alanna Kennedy (Manchester City), Kyah Simon (Tottenham Hotspur) hingga Sam Kerr (Chelsea) dipastikan bakal jadi ujian skuad Garuda Pertiwi.

Nama Sam Kerr dipastikan jadi ancaman, karena dikenal sebagai pemain yang cukup tajam. Musim lalu saja, dia berhasil menjadi top scorer dengan mencetak 21 gol dalam 22 aksinya bersama Chelsea.

Baca Juga: AS Roma Buka-bukaan Alasan Rekrut Pemain Timnas Putri Indonesia

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya