Comscore Tracker

Pemain Timnas U-22 Dilarang Selebrasi saat Duel Lawan TIRA Persikabo

PSSI buat aturan ketat karena tak mau ambil risiko

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melarang para pemain Timnas U-22 melakukan selebrasi saat uji coba dengan TIRA Persikabo di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada Jumat (5/3/2021) malam. 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut jika itu merupakan regulasi baru yang coba diterapkan saat pertandingan digelar di masa pandemik COVID-19. Menurut dia, hal itu dilakukan untuk meminimalkan risiko penyebaran virus corona.

“Polisi melarang penonton di stadion. Walaupun di dalam stadion sudah clear, kita atur itu [selebrasi], karena protokol kesehatan di dalam pertandingan harus tetap dijalankan. Kita lihat nanti bakal seperti apa,” kata pria yang kerap disapa Iwan Bule itu dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga: Lawan TIRA Persikabo, Shin Tae-yong Ingin Timnas U-22 Terbiasa Menang

1. PSSI beri aturan ketat karena pertandingan digelar saat COVID-19

Pemain Timnas U-22 Dilarang Selebrasi saat Duel Lawan TIRA PersikaboPemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat tampil dalam laga uji coba melawan Persita, Jumat (21/2). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Iriawan mengatakan, PSSI hanya mencoba menerapkan protokol kesehatan. Selain turunan dari aturan FIFA, pelarangan selebrasi ini merupakan upaya PSSI untuk menghargai kondisi yang serba sulit. 

“Pelukan seperti itu jika seleberasi pelukan. Nanti dilihat kok di sepak bola seperti itu. Kami meminimalkan ini. Cara kami menghargai [kondisi pandemik],” ujar eks Plt Gubernur Jawa Barat itu.

“Kita lihat bagaimana pertandingan nanti, pemain cadangan juga harus pakai masker. Ini kan disorot televisi, kalau enggak pakai masker nanti takutnya malah jadi masalah,” lanjut dia.

Baca Juga: Ketum PSSI: Shin Tae-yong Kesal Uji Coba Timnas U-22 Sempat Ditunda

2. Ketum PSSI bisa lakukan perubahan regulasi jika...

Pemain Timnas U-22 Dilarang Selebrasi saat Duel Lawan TIRA PersikaboTangkap Layar - Ketua Umum PSSI, Muchamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali di Haornas 2020 (IDN Times/Ilyas Mujib)

Iriawan menilai, selebrasi pelukan sebetulnya bukan masalah. Bisa jadi mereka [pemain] diizinkan melakukan itu, terlebih prosedur seperti swab test sudah dijalankan sebelum laga. Hanya saja, PSSI tak mau mengambil risiko besar, karena mendapat izin pertandingan uji coba saja sudah sulit.

Ia tak menutup kemungkinan bakal melakukan perubahan lagi usai melakukan evaluasi dalam satu pertandingan. Duel Timnas U-22 melawan TIRA Persikabo ini akan jadi pembelajaran untuk membuat regulasi berjalan baik.

“Jika setelah laga ini ada regulasi yang gak perlu-perlu banget, nanti bisa kami revisi dan kami ubah., termasuk soal pemain cadangan pakai masker,” bebernya.

3. Duel Timnas U-22 kontra TIRA Persikabo sempat ditunda.

Pemain Timnas U-22 Dilarang Selebrasi saat Duel Lawan TIRA PersikaboLatihan Timnas U-22. (pssi.org).

Sebelumnya, laga uji coba Timnas U-22 melawan TIRA Persikabo sempat mengalami penundaan. Duel yang sejatinya digelar pada 3 Maret 2021 ini molor dua hari karena urusan izin kepolisian yang belum rampung.

Iriawan menyebut, pelatih Timnas U-22 Shin Tae-yong sempat kesal dengan kondisi itu. sebelumnya sudah menyusun dua laga uji coba. Namun, sesaat sebelum sepak mula laga pertama, dan itu membuat Shin geram lantaran dia kesulitan menyiapkan tim yang ditargetkan meraih emas di SEA Games 2021.

Baca Juga: Uji Coba Timnas U-22 Vs Bali United dan Persikabo Dijadwal Ulang

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya