Comscore Tracker

Pemain Timnas yang Jalani TC Perdana Bukan Pilihan Shin Tae-yong?

Shin Tae-yong disodorkan 75 nama pemain untuk masuk Timnas

Jakarta, IDN Times - Hal mengejutkan dikatakan oleh manajer Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada pengujung pemusatan latihan (TC) Irfan Bachdim cs. di Stadion Madya, Jakarta. Ia mengatakan, 34 pemain yang tengah menjalani TC perdana ini bukan pilihannya, melainkan sortiran pelatih lokal.

"Jadi sebenarnya selama di Chiang Mai, Thailand, pelatih lokal (termasuk Indra Sjafri) sudah memberikan bank data sebanyak 75 pemain. Setelah diskusi dan melihat video, akhirnya dipilih 34 pemain itu. Melalui TC ini saya banyak melihat kemampuan pemain juga, jadi yakin ke depannya bisa kurangi risiko," kata Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jumat (21/2).

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Jamu Uni Emirat di Bali

1. Shin Tae-yong masih belum mau menilai kualitas pemain

Pemain Timnas yang Jalani TC Perdana Bukan Pilihan Shin Tae-yong?Pemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim saat tampil dalam laga uji coba melawan Persita, Jumat (21/2). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Namun, usai menjalani TC, pelatih asal Korea Selatan itu enggan menilai masing-masing pemainnya yang berpotensi masuk skuat Garuda di era-nya. Maklum, sejauh ini dia masih fokus melakukan latihan fisik dan mental saja, jadi ia belum tahu kemampuan pemain di lapangan seperti apa.

"Jadi kami enggak bisa bilang, maksudnya berapa pemain yang memang bagus dan cocok sama kami, karena memang selama ini hanya melakukan latihan fisik saja. Pada pagi hari latihan beban, dan sorenya latihan fisik," ujar esk nakhoda Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu.

2. Shin Tae-yong bisa melihat sekilas bagaimana cara bermain Timnas Indonesia

Pemain Timnas yang Jalani TC Perdana Bukan Pilihan Shin Tae-yong?Pemain Timnas Indonesia, Febri Haryadi. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Beruntung Shin Tae-yong mendapatkan kesempatan untuk melihat anak asuhnya tampil dalam sebuah laga uji coba kontra Persita di pengujung TC, di Jakarta. Walau mereka harus dibobol empat gol, setidaknya pelatih itu sudah mengetahui sekilas permainan anak asuhnya yang menjalani TC perdana.

Pada TC kali ini, kondisi skuat besutan Shin Tae-yong memang sedang tak komplet. Beberapa pemain sudah menepi dari 34 nama yang dikumpulkan sejak pemusatan latihan  digelar. Sebab, ada pemain yang harus pulang karena cedera, dan dikembalikan ke klub untuk kompetisi, dengan rincian sembilan dipulangkan dan empat cedera.

3. Shin Tae-yong sudah berjanji kembalikan pemain ke klub

Pemain Timnas yang Jalani TC Perdana Bukan Pilihan Shin Tae-yong?Pemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Pelatih berusia 50 tahun ini tak masalah kehilangan pemain di tengah TC, karena sebelumnya ia sudah berjanji untuk memulangkan pemain-pemain yang akan tampil di AFC Cup. Ia paham, jadwal yang dihadapi klub begitu padat. Oleh sebab itu, Shin Tae-yong mengucapkan terima kasih atas bantuan klub-klub yang sudah rela meminjamkan pemainnya dalam pemusatan latihan kali ini.

Usai ini, pemain Timnas Indonesia bakal dibubarkan untuk kembali ke klub masing-masing guna tampil dalam kompetisi Liga 1 2020, yang bakal digelar pada 29 Februari 2020. Menurut rencana, mereka baru akan kembali melanjutkan pemusatan latihan pada pertengahan Maret untuk persiapan babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Tiket Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Kemahalan?

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya