Comscore Tracker

Pembagian Grup Liga 2 Rampung, 4 Tim Jadi Tuan Rumah Putaran Pertama

Liga 2 direncanakan digelar pada 26 September 2021

Jakarta, IDN Times - Liga 2 2021/2022 direncanakan digelar mulai 26 September 2021. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menentukan pembagian grup untuk kompetisi sepak bola kasta kedua Indonesia ini.

Dari hasil pertemuan operator kompetisi dan perwakilan klub Liga 2 dalam manager meeting yang digelar pada Kamis (16/9/2021), disepakati jika 24 akan terbagi di beberapa grup.

“Kami sudah menggelar manager meeting Liga 2. Secara umum klub peserta Liga 2 sudah siap melaksanakan kompetisi. Kompetisi tetap digelar sesuai rencana jadwal awal hingga 19 Desember 2021,” kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, kepada awak media.

1. Liga 2 musim ini digelar dengan sistem double round robin

Pembagian Grup Liga 2 Rampung, 4 Tim Jadi Tuan Rumah Putaran PertamaDirektur Operasional PT LIB Sudjarno (kiri) dan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita (kanan) berbicara dalam Manager Meeting Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Bandung, Senin (21/9/2020). (Liga-Indonesia.id)

Sudjarno menyebut, 24 kontestan nanti akan dibagi dalam empat grup. masing-masing grup akan dihuni oleh enam klub. Salah satu klub dari masing-masing grup tersebut, sudah ditentukan siapa yang bakal menjadi tuan rumah.

Pada babak penyisihan ini, klub akan menjalani pertandingan dalam dua putaran dengan sistem double round robin, layaknya kompetisi Eropa. Dua tim teratas dari masing-masing grup nantinya berhak melaju ke fase selanjutnya. 

Dalam agenda tersebut, PT LIB pun telah menentukan siapa saja yang bakal jadi tuan rumah pada putaran pertama babak grup Liga 2. Mereka adalah Sriwijaya FC, martapura Dewa United, Persis Solo, dan kalteng Putra.

2. Empat tim dipastikan jadi tuan rumah putaran pertama Liga 2

Pembagian Grup Liga 2 Rampung, 4 Tim Jadi Tuan Rumah Putaran PertamaStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sriwijaya FC bersama empat tim lain di Grup A, bakal menggelar pertandingan di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang. Sementara, tim-tim di Grup B bakal melangsungkan pertandingan di kandang Martapura Dewa United yang digunakan, yakni Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Tim-tim yang bakal bersaing di Grup C, bakal mentas di markas Persis, Stadion Manahan, Solo. Dan, enam grup yang ada di Grup D, bakal mentas di Stadion Tuah Pahoe, yakni markas Kalteng Putra.

“Untuk menentukan tuan rumah sedemikian rupa, berdasarkan kondisi geografi, efisiensi dan berbagai faktor lainnya,” ujar Sudjarno.

3. PT LIB belum tentukan tuan rumah putaran kedua

Pembagian Grup Liga 2 Rampung, 4 Tim Jadi Tuan Rumah Putaran PertamaDirektur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Namun demikian, status tuan rumah empat klub tersebut, hanya berlaku pada putaran pertama saja. PT LIB bakal kembali memilih tuan rumah pada putaran dua usai merampungkan babak penyisihan putaran pertama. 

“Untuk tuan rumah putaran kedua, kami sangat mengikuti terkait perkembangan wilayah yang terjadi, terutama perkembangan PPKM di wilayah septempat. Keputusannya baru kami tentukan kembali usai putaran pertama selesai,” bebernya.

4. Data lengkap pembagian grup babak penyisihan Liga 2 2021/2022

Pembagian Grup Liga 2 Rampung, 4 Tim Jadi Tuan Rumah Putaran PertamaTangkapan layar acara manager meeting PT LIB dan klub Liga 2. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Berikut hasil lengkap pembagian grup babak penyisihan Liga 2 2021/2022.

Grup A:
Sriwijaya fc, PSPS Riau, KS Tiga Naga, Semen Padang FC, PSMS Medan, Babel United

Grup B:
Martapura Dewa United, PSKC Cimahi, Rans Cilegon FC, Badak Lampung FC, Perserang Serang, Persekat Tegal.

Grup C: 
Persis Solo, PSCS Cilacap, Persijap Jepara, PSIM Yogyakarta, PS Hizbul Wathan (PSHW), PSG Pati (AHHA PS Pati).

Grup D :
Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Sulut Untied, PSBS Biak, Persewar Waropen.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya