Comscore Tracker

Pemilu 2019, 5 Pemain Naturalisasi Ini akan Nyoblos Pertama Kali! 

Ayo nyoblos, guys!

Jakarta, IDN Times - Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dilaksanakan hari ini. Uniknya, ada beberapa pemain sepakbola yang untuk pertama kali menggunakan hak suaranya di Indonesia sebab sebelumnya mereka berstatus sebagai pemain asing.

Kini, untuk pertama kalinya mereka akan menggunakan hak pilihnya dalam menentukan presiden Republik Indonesia dan anggota legislatif. Lalu siapa saja mereka?

1. Stefano Lilipaly (Bali United)

Pemilu 2019, 5 Pemain Naturalisasi Ini akan Nyoblos Pertama Kali! pssi.org

Stefano Lilipaly merupakan pemain yang resmi dinaturalisasi pada tahun 2016. Ia sebelumnya merupakan pemain asal Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia-Ambon dari ayahnya, Ron Lilipaly.

Sejak dinaturalisasi, pemain berusia 29 tahun tersebut belum sekali pun mendapat kesempatan berpartisipasi dalam Pemilu di Indonesia. Oleh sebab itu, Pemilu 2019 jadi pengalaman perdana Lilipaly mencoblos calon presiden maupun anggota legislatif.

2. Herman Dzumafo (Bhayangkara FC)

Pemilu 2019, 5 Pemain Naturalisasi Ini akan Nyoblos Pertama Kali! ANTARA/Risky Andrianto

Herman Dzumafo adalah pemain Bhayangkara FC yang mulai jadi Warga Negara Indonesia (WNI) dua tahun lalu. Usai menghabiskan waktu yang lama berkarier di Indonesia, ia memilih untuk pindah warga negara agar memudahkannya mendapatkan klub di Tanah Air.

Kini, pemain asal Kamerun tersebut akan mendapatkan pengalaman pertamanya untuk memilih pemimpin Indonesia dan anggota legislatif. Walau tak memiliki darah Indonesia, ia tetap memiliki hak memilih karena sudah tercatat sebagai WNI.

3. Ilija Spasojevic (Bali United)

Pemilu 2019, 5 Pemain Naturalisasi Ini akan Nyoblos Pertama Kali! pssi.org

Satu lagi pemain yang tak memiliki darah Indonesia, tapi mendapatkan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya di pemilu kali ini. Ia adalah Ilija Spasojevic, pemain yang melakukan naturalisasi pada 2017 lalu.

Ia memilih pindah warga negara lantaran sudah lama tinggal di Indonesia dan menikah dengan orang Indonesia. Selain itu, pemain yang sebelumnya berpaspor Montenegro tersebut juga ingin mencari peruntungan untuk bisa masuk skuat tim nasional Indonesia.

4. Alberto Goncalves (Madura United)

Pemilu 2019, 5 Pemain Naturalisasi Ini akan Nyoblos Pertama Kali! INASGOC/Hery Sudewo

Alberto 'Beto' Goncalves adalah pemain naturalisasi berikutnya yang dapat hak suara pertama kali di Pemilu kali ini. Ia tercatat sebagai WNI pada tahun 2018 lalu sebelum Asian Games 2018 diihelat.

Alasan dirinya menanggalkan kewarganegaraan Brasil lantaran ia kadung cinta dengan Indonesia. Oleh sebab itu, dirinya memilih mengabdi untuk Tanah Air dan memberikan manfaat bagi sepakbola Indonesia.

5. Esteban Vizcarra (Persib Bandung)

Pemilu 2019, 5 Pemain Naturalisasi Ini akan Nyoblos Pertama Kali! IDN Times/Galih Persiana

Esteban Vizcarra resmi ditetapkan WNI pada 16 Maret 2018. Sebelumnya, ia adalah pemain kelahiran Argentina dan tak memiliki garis keturunan langsung Indonesia.

Namun demikian, rasa cintanya terhadap Tanah Air tak perlu ditanyakan lagi. Sebab, pemain berusia 33 tahun itu sudah membuktikan bersedia dipanggil timnas Indonesia. Ia melakukan debut menghadapi Myanmar dalam FIFA Matchday Oktober lalu.

Sejak dinaturalisasi menjadi WNI, pemain yang kini merumput bersama Persib Bandung itu belum mendapatkan kesempatan menjalani Pemilu. Tak pelak, ini akan menjadi Pemilu pertama yang dijalaninya.

Baca Juga: Main di AFC Cup, Pemain PSM Makassar Terpaksa Lewatkan Pemilu 2019

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You