Penonton di Liga 1 Bakal Melonjak, Dirut LIB Peringatkan Suporter

Antusiasme suporter datang ke stadion bakal tinggi

Jakarta, IDN Times - Gelaran kompetisi Liga 1 2022/23 baru dimulai pada Sabtu (23/7/2022). Antusiasme pencinta sepak bola tanah air pun berlipat ganda untuk menyaksikan langsung memang cukup besar, karena musim lalu kompetisi digelar tertutup.

Lonjakan penonton itu disebut Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ahmad Hadian Lukita, merupakan imbas dari kompetisi musim lalu yang tak bisa disaksikan langsung karena pandemik COVID-19. Hal itu sudah terlihat sejak Piala Presiden 2022 dihelat.

“Piala Presiden yang kami adakan Juni-Juli itu sangat terlihat antusiasme penonton yang sudah tertahan lama lebih dari 1 tahun atau tepatnya 18 bulan, dan pada saat dibuka penonton sangat membeludak, bisa dibilang di semua pertandingan terutama di kota-kota besar atau yang fansnya cukup besar,” kata Ahmad Lukita dikutip ANTARA.

1. Antusiasme penonton jadi tantangan PT LIB gelar Liga 1

Penonton di Liga 1 Bakal Melonjak, Dirut LIB Peringatkan SuporterIDN Times/Galih Persiana

Antusiasme tinggi itu memang jadi sinyal yang bagus bagi gelaran Liga 1 2022/23. Namun, hal itu bukan berarti menimbulkan risiko. Saat ajang pramusim beberapa waktu lalu di Bandung, dua bobotoh harus tewas jadi korban saat Persib main di Stadion GBLA.

Menilik masalah ini, Ahmad Hadian menyebut jika soal ini menjadi tantangan sendiri bagi pihaknya yang dipercaya jadi operator kompetisi. 

“Itu jadi tantangan buat kami. Selanjutnya, Liga 1 harus ditata betul, karena antusiasme ini kalau ditahan juga bisa menjadi hal yang berisiko,” ujar pria lulusan ITB ini.

Baca Juga: Liga 1 Resmi Dimulai, Ketum PSSI Ingatkan Ini ke Suporter!

2. Penonton tak bertiket dipersilahkan nonton Liga 1 melalui layar kaca

Penonton di Liga 1 Bakal Melonjak, Dirut LIB Peringatkan SuporterInstagram/@infokomjakmania

Atas dasar itu, dia kemudian mengingatkan suporter untuk tak memaksakan datang ke stadion jika tak punya tiket. Sebab, masih ada siaran yang bisa diakses mereka melalui layar televisi atau streaming di salah satu platform pendukung Liga 1 musim ini.

“Alhamdullilah, dengan adanya broadcasting hingga channel menonton akan tersalurkan. Jadi untuk yang tak punya tiket, nonton saja [di situ] tak usah khawatir,” ujar dia.

Dengan begitu, orang-orang yang datang ke stadion sudah bisa dipastikan mengantongi tiket pertandingan. 

3. PT LIb senang bisa gelar Liga 1 sesuai jadwal

Penonton di Liga 1 Bakal Melonjak, Dirut LIB Peringatkan SuporterSyahrian Abimanyu saat Persija melawan Bali United dalam laga pembuka Liga 1 2022/23, Sabtu (23/7/2022). (Dok. Persija)

Terlepas dari itu, Akhmad Hadian semringah gelaran Liga 1 2022/23 bisa dimulai sesuai jadwal. Dia berharap kompetisi musim ini bisa berjalan lancar dan bisa memberikan tontonan yang menarik bagi pencinta sepak bola Indonesia.

“Liga bergulir kembali sekarang, alhamdulillah [kick-off] kompetisi yang katanya suka berubah-ubah jadwalnya kali ini tepat waktu. Sekarang tepat waktu, mudah-mudahan bisa jadi kebiasaan, bergairah dengan penonton,” ujar Lukita.

Tak cuma sukses secara prestasi dan bisa membantu melahirkan pemain untuk Timnas Indonesia, Lukita berharap jika Liga 1 musim ini bisa menjadi konsep footballtainment. Sehingga, kompetisi ini bisa berjalan jauh lebih menarik lagi ketimbang sebelumnya. 

Baca Juga: Liga 1 Resmi Dimulai, PT LIB: Jadwal Kali Ini Tepat Waktu

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya