Perkenalkan Gavi, Gelandang Masa Depan Barcelona Jebolan La Masia

Gavi mengkilap bersama Blaugrana di pramusim

Jakarta, IDN Times - Barcelona memang tak pernah kehilangan pemain-pemain berbakat. Kali ini, muncul pemain muda jebolan La Masia, Pablo Martin Paez Gavira alias Gavi, yang tampil moncer setelah dibawa tim senior Barcelona dalam tur pramusim.

Penampilan Gavi di lini tengah mampu memberikan identitas yang hilang dalam beberapa musim terakhir. Ia mampu menjadi penyuplai bola dan jantung permainan Blaugrana. Walhasil, pemain berusia 16 tahun ini pun disebut sebagai titisan Xavi Hernandez.

Hal itu terlihat dari aksinya bersama Barcelona dalam tiga laga uji coba, yakni melawan Gimnastic, Girona, dan VfB Stuttgart. Ia punya cara bermain dan pengambilan keputusan seperti mantan kapten Barcelona itu.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Barcelona yang Didatangkan dari Premier League

1. Punya modal komplet jadi gelandang andalan masa depan Barcelona

Walau masih belia, Gavi tak menunjukkan rasa grogi saat tampil di atas lapangan. Ia menunjukkan punya kepercayaan diri tinggi dan cukup tenang dalam menguasai bola di lini tengah. Walau penampilannya tak idnetik dengan Xavi, ia dinilai punya magis sendiri untuk bisa memberikan ciri khas permainan Barcelona di masa yang akan datang.

Selain punya visi bermain yang sangat baik, Gavi punya kemampuan unik yang tak dimiliki Xavi. Ia justru punya skills yang mumpuni untuk mengelabui lawan-lawanya di lini tengah. Pemain asal Kepulauan Canaria ini bahkan menguasai beberapa trik yang sering Lionel Messi perlihatkan di lapangan. 

Soal mendikte permainan dan menjaga ritme permainan, ia punya kemampuan yang sama hebatnya dengan Pedri. Hal ini membuat Pelatih Barcelona, Ronald Koeman berpotensi mengisi trio gelandang tengah Barcelona musim depan bersama Pedri dan Frenkie De Jong.

Baca Juga: Kontrak Belum Jelas, Messi Tak Latihan Bareng Barcelona

2. Bisa menjadi trio lini tengah andalan Blaugrana bersama Pedri dan De Jong

Perkenalkan Gavi, Gelandang Masa Depan Barcelona Jebolan La MasiaPemain muda Barcelona, Pablo Martin Paez Gavira aka Gavi bermain gemilang selama pramusim. (planetfootball.com).

Trio ini berpotensi menjadi daya ledak Barcelona yang musim ini gagal mendaratkan beberapa pemain bintang. Mereka bisa saja menjadi suksesor trio maut Andreas Iniesta, Xavi, dan Sergio Busquets. Hanya saja, perlu tangan dingin pelatih untuk membuat ketiganya jadi gelandang yang matang dalam bermain.

Terlepas dari itu, Gavi memang bisa jadi alternatif terbaik Koeman untuk mengisi posisi gelandang serang Barcelona musim depan. Apalagi, mereka tak mau mengeluarkan duit yang terlalu banyak dalam bursa transfer musim panas kali ini. Asal bisa mengeluarkan potensinya, Barcelona sebetulnya sedikit tenang dengan kemampuan yang ditunjukkan Gavi.

3. Gavi punya kemampuan yang istimewa

Perkenalkan Gavi, Gelandang Masa Depan Barcelona Jebolan La MasiaPemain muda Barcelona, Pablo Martin Paez Gavira aka Gavi bermain gemilang selama pramusim. (barcauniversal.com).

Menilik performa sang pemain, pelatih La Masia yang sempat melatih Gavi, yakni Franc Artiga menyebut, performa yang ditunjukkan anak asuhnya itu merupakan hal yang wajar. Potensinya memang sudah tercium sejak gabung dengan Akademi Barcelona beberapa tahun lalu.

“Dia punya bakat secara teknik. Ia bisa mengganti keputusannya saat mendapatkan bola dalam waktu kurang dari sedetik dan berimprovisasi saat berada di lapangan. Sangat jarang ada pemain muda memiliki kemampuan istimewa seperti itu,” kata Artiga dikutip Goal International.

Kini, Pablo Martin Paez Gavira alias Gavi, masih punya kesempatan untuk menunjukkan magi dalam dua laga uji coba Barcelona. Jika berhasil tampil memikat melawan RB Salzburg dan Juventus. Cukup besar peluangnya bakal masuk skuat utama Barcelona musim depan.

Baca Juga: 10 Fakta Pedri Gonzalez, Pemain Muda Terbaik di Piala Eropa 2020

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya