Comscore Tracker

Permudah Izin Kompetisi, PSSI Jalin Kerja Sama dengan Polri

Polri juga masih mengerahkan Satgas Antimafia Bola

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali melakukan kerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), demi mendapat lampu hijau izin kompetisi. Tak hanya itu, keduanya juga melanjutkan kolaborasi dalam urusan penanganan mafia bola.

Kerja sama itu tertuang pada surat Nomor :12/PSSI/VII-2021 dan Nomor : PKS/27/VII/2021 tentang penerbitan rekomendasi dan/atau pemberian izin bantuan pengamanan, penegakan hukum, kesehatan, dan hubungan luar negeri dalam kegiatan PSSI.

Kerja sama tersebut juga ditandatangani Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops Kapolri), Irjen Pol Imam Sugianto.

1. PSSI tetap bertanggung jawab penuh dalam pengelolaan sepak bola Indonesia

Permudah Izin Kompetisi, PSSI Jalin Kerja Sama dengan PolriKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Kemenpora, Rabu (21/4/2021). (IDN Times/(Sandy Firdaus)

Iriawan menilai kerja sama ini tak akan menimbulkan intervensi dari kepolisian dalam pengelolaan sepak bola Indonesia. Menurut dia, PSSI tetap menjadi satu-satunya organisasi sepak bola yang bersifat nasional dan berwenang untuk mengatur, mengurus serta menyelenggarakan semua kegiatan atau kompetisi sepak bola yang sesuai dengan FIFA, AFC dan ASEAN Football Federation (AFF).

Sementara, pihak kedua (Polri) merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan dalam bidang manajemen operasional kepolisian, kegiatan kepolisian terpadu dan kerja sama dengan kementerian/lembaga yang berada di bawah Kapolri dan Kemenpora.

‘’Dengan kerja sama ini, PSSI dan Mabes Polri sama-sama berkomitmen untuk memajukan sepak bola. Bahkan satuan tugas antimafia bola juga dilanjutkan. Ini menunjukkan komitmen dari PSSI dan Mabes Polri dalam memajukan sepak bola nasional agar bersih, enak ditonton, dan menjadi industri agar bisa bersaing dengan negara lain,’’ ujar Iriawan dalam rilis resmi PSSI, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: PPKM Darurat, Klub Liga 1 dan 2 Wajib Lapor PSSI

2. Agar izin kompetisi bisa diproses dengan baik

Permudah Izin Kompetisi, PSSI Jalin Kerja Sama dengan PolriKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali di Kemenpora, Rabu (21/4/2021). (IDN Times/Sandy Firdaus)

Iriawan mengatakan, kerja sama ini juga bakal berurusan dengan izin penyelenggaraan kegiatan olahraga khsusunya sepak bola yang dihelat PSSI, baik nasional dan internasional. Nantinya, Polri yang bakal memberikan izin berdasarkan rekomendasi Polda yang bakal menjadi tuan rumah ajang tertentu.

Selain itu, terkait pemberian izin kompetisi Liga 1 dan 2 serta Elite Pro Academy (EFA) U-20, semua dikeluarkan Mabes Polri. Semuanya juga didasarkan atas rekomendasi dari Polda/Polres/Polresta/Polrestabes setempat.

Sementara, kompetisi dan turnamen lokal yang sifatnya dikelola Asosiasi Provinsi (Asprov), bakal meminta izin ke Polda berdasarkan rekomendasi dari Polres/Polresta/Polrestabes setempat.

Adapun, kompetisi dan turnamen lokal yang dikelola Asosiasi Kabupaten/Kota (Askab/Askot) izin dan rekomendasi dikeluarkan oleh Polres/Polresta/Polrestabes setempat.

3. Satgas Antimafia Bola masih awasi kompetisi sepak bola di Indonesia

Permudah Izin Kompetisi, PSSI Jalin Kerja Sama dengan PolriLiga-Indonesia.id

Di luar perizinan, Polri dan PSSI juga masih berkomitmen melakukan pengawasan, pemantauan dan pencegahan dalam kegiatan sepak bola. Alhasil, Satuan Tugas Antimafia Bola yang merupakan satuan khusus bakal tetap bertugas dalam penyelidikan dan penyidikan terhadap pelaku pelanggaran hukum di ranah lapangan hijau. 

“Jadi jangan macam-macam sekarang. Tidak boleh lagi yang namanya pengaturan skor, suap, maupun kegiataan lain yang merugikan sepak bola itu sendiri. Ini komitmen saya sejak ditunjuk menjadi Ketua Umum PSSI pada Kongres di Jakarta pada 2019,’’ ujar pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

Iriawan mewakili seluruh Exco PSSI pun mengucapkan terima kasih kepada Polri karena terbuka melakukan kerja sama. Ia yakin, kolaborasi keduanya bisa membuat sepak bola Indonesia lebih maju dan berprestasi lagi.

Baca Juga: PSSI Gerak Cepat Siapkan Timnas Piala Dunia U-20

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya