Persebaya Tak Setuju Liga 1 2020 Dilanjutkan

Persebaya menilai bahwa melanjutkan Liga 1 sangat berisiko

Jakarta, IDN Times - Kompetisi Liga 1 2020 dipastikan bakal dilanjutkan kembali. Namun, Persebaya secara mengejutkan mengakui tak setuju kompetisi kasta tertinggi Indonesia itu kembali bergulir lantaran situasi pandemik COVID-19 sangat berisiko.

"Di tengah situasi pandemik COVID-19, sekarang ini Persebaya mau tidak mau harus menyatakan sikap tidak setuju untuk dilanjutkan," kata Presiden Persebaya, Azrul Ananda dalam rilis resmi.

1. Persebaya menilai jika Liga 1 dilanjutkan akan menimbulkan risiko

Persebaya Tak Setuju Liga 1 2020 DilanjutkanLiga-Indonesia.id

Namun demikian, di luar itu Bajul Ijo tetap menghormati keputusan PSSI terkait kelanjutan Kompetisi Liga Indonsia Tahun 2020. Ini seperti yang tertuang dalam Surat Keputusan PSSI beberapa waktu lalu yang bakal menggelar lagi Liga 1 pada Oktober mendatang.

Keputusan untuk melanjutkan kompetisi di tengah situasi yang tidak pasti dianggap akan menambah risiko dan beban bagi klub. Persebaya menganggap, energi pemerintah dan seluruh elemen bangsa tengah fokus dalam melawan pandemi COVID-19, dan belum ada tanda-tanda pandemik ini kapan akan berakhir.

Baca Juga: PSSI Bikin Buku Panduan Protokol Kesehatan untuk Liga 1 dan Liga 2

2. PSSI belum memberikan panduan teknik untuk klub dalam menjalankan kompetisi

Persebaya Tak Setuju Liga 1 2020 DilanjutkanPersebaya memastikan diri lolos ke final Piala Gubernur Jatim. Instagram/ Persebaya Surabaya

Selain itu, sampai kompetisi terhenti hingga tiga bulan, PSSI belum memberikan panduan teknik yang komprehensif saat kompetisi kembali dilangsungkan nanti. Padahal ini sangat diperlukan untuk memberi kepastian kepada semua stakeholder sepak bola.

Sebelumnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi mengeluarkan Surat Keputusan nomor SKEP/53/VI/2020 mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 pada Minggu (28/6).

3. Kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 bakal digelar dengan ketentuan protokol kesehatan yang ketat

Persebaya Tak Setuju Liga 1 2020 DilanjutkanDuel antara Persija melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2 di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Surat yang ditandatangani pada 27 Juni 2020 diambil dengan melalui berbagai pertimbangan. Di dalamnya menyebutkan jika Kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 akan dimulai pada Oktober 2020 dengan memperhatikan ketentuan protokol kesehatan COVID-19 yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Dengan ini saya nyatakan Surat Keputusan (kelanjutan kompetisi) mulai berlaku terhitung sejak tanggal ditetapkan,” kata pria yang kerap disapa Iwan Bule.

Baca Juga: Bukan Sekadar Ikatan Sejarah, Persebaya adalah Segalanya bagi Surabaya

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya