Comscore Tracker

Persebaya vs Madura United: Momentum Bangkit Bajul Ijo

Djanur ingin Persebaya tampil seperti di Liga 1 2018

Jakarta, IDN Times - Duel panas bertajuk derbi Jawa Timur yang mempertemukan Persebaya Surabaya kontra Madura United kembali tak terelakkan di lapangan hijau. Kali ini, keduanya akan bentrok pada babak perempat final Piala Indonesia 2019 yang akan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (19/6).

Tuan rumah tentu berambisi meraih kemenangan dengan skor sempurna untuk bisa menjaga kans melaju ke babak selanjutnya. Sebab, mereka akan punya beban berat jika gagal meraih poin penuh di kandang karena harus melawat ke kandang Madura United yang sejauh ini jadi tim paling menakutkan karena dihuni banyak pemain bintang.

Akan tetapi, Persebaya harus menghadapi masalah yang cukup rumit jelang laga. Mereka kemungkinan bakal tampil pincang saat duel nanti lantaran ujung tombak andalannya, Amildo balde harus menepi lantaran masih dibekap cedera. Sementara, penyerang sayap lainnya, yakni Osvaldo Haay, juga mengalami hal serupa dan masih diragukan untuk merumput.

1. Djanur optimis Persebaya bakal bangkit saat bersua Madura United

Persebaya vs Madura United: Momentum Bangkit Bajul IjoPersebaya.id/Satrio Wicaksono

Namun demikian, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman mengaku optimistis dalam laga nanti. Ia bahkan ingin menjadikan laga melawan Madura United momentum kebangkitan Persebaya usai tampil meragukan di tiga laga awal kompetisi Shopee Liga 1 karena belum pernah meraih kemenangan.

"Kami mengakui di awal liga belum maksimal. Namun, kami bertekad menjadikan laga besok sebagai momen kebangkitan kami. Saya tahu mereka (Madura United) bertabur bintang dan selalu menang di Liga 1. Tapi, kami pernah mengalahkan mereka, dan kami yakin bisa melakukan hal yang sama besok [hari ini]," kata pelatih kelahiran Majalengka dilansir laman resmi PSSI.

Pelatih yang kerap disapa Djanur tak mengelak bahwa lawan yang dihadapi memang cukup berat. Namun, ambisnya untuk bangkit sudah tak terbendung. Ia ingin mengembalikan performa timnya layaknya Persebaya saat tampil di putaran kedua Liga 1 musim lalu yang bisa dibilang cukup moncer.

Baca Juga: Persebaya Jeblok, Posisi Djanur Ditentukan Sebelum Lebaran

2. Persebaya tak pernah kalah oleh Madura United dalam enem pertemuan terakhir

Persebaya vs Madura United: Momentum Bangkit Bajul IjoIDN Times/Ardiansyah Fajar

Di luar masalah yang tengah melanda, Skuat Bajul Ijo boleh optimis menghadapi laga melawan Madura United. Pasalnya, sejauh ini mereka unggul secara head to head dalam enam pertemuan terakhir. Bahkan, Persebaya tercatat tak pernah kalah jika bersua Madura United.

Teranyar, Persebaya berhasil menyingkirkan klub yang dijuluki Laskar Sape kerrap di turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden 2019 lalu. Pada leg pertama Persebaya berhasil menang tipis 1-0 atas tamunya itu. Lalu, di leg kedua mereka berhasil mempermalukan tuan rumah Madura United dengan skor 2-3. Tentu itu bisa jadi modal bagus bagi Persebaya dalam laga sore ini.

3. Andik Vermansyah bakal jadi senjata Madura United untuk melawan Persebaya

Persebaya vs Madura United: Momentum Bangkit Bajul IjoIDN Times/Hendy Wardhana

Sang tamu tentu bakal tetap mengandalkan pemain bintangnya yang bisa diturunkan di Liga 1 2019, termasuk eks pemain Persebaya, Andik Vermansyah. Apalagi, pemain yang memiliki kecepatan di atas rata-rata ini mampu tampil baik saat membela Timnas Indonesia di laga uji coba melawan Vanuatu kemarin.

"Andik pasti main. Ia bekerja keras dan bermain bagus sekali bersama Timnas Indonesia, senang rasanya melihat dia an rekannya bermain bagus untuk Timnas, dan itu penting buat kami," kata pelatih Madura United Dejan Antonic.

4. Dejan anggap Persebaya lawan yang sulit

Persebaya vs Madura United: Momentum Bangkit Bajul IjoIDN Times/Hendy Wardhana

Pelatih asal Serbia itu juga menilai laga nanti bakalan berjalan sulit walau tuan rumah sedang dalam kondisi kurang baik. Performa jeblok Persebaya di tiga laga awal Liga 1 tak bisa dijadikan parameter bagi Dejan untuk menjamin laga dimenangkan Madura United. Justru sebaliknya, Dejan mewaspadai kebangkitan Persebaya.

"Sepakbola seperti itu, kadang-kadang di atas, kadang di bawah. Ini pertandingan serius. Pemain harus mengerti, dan jangan melihat siapa lawannya. Mereka bisa saja bangkit saat lawan kami," tukas pelatih berusia 50 tahun tersebut.

5. Rekor pertemuan dan perkiraan susunan pemain

Persebaya vs Madura United: Momentum Bangkit Bajul IjoIDN Times/Hendy Wardhana

Enam pertemuan terakhir

06/04/19         Madura United                 2 - 3       Persebaya Surabaya

03/04/19         Persebaya  Surabaya      1 - 0       Madura United

25/10/18         Persebaya Surabaya       4 - 0       Madura United

25/05/18         Madura United                  2 - 2      Persebaya Surabaya

24/02/18         Madura United                  1 - 1      Persebaya Surabaya (Pen)

28/01/18         Persebaya Surabaya        1 - 0      Madura United

 

Persebaya (4-3-3): Abdul Rohim; M Syaifuddin, Hansamu Yama, Ruben Sanadi, Novan Sasongko, Misbakus Solihin, M Hidayat, Damian Lizio, Irfan Jaya, Manuchekhr Dzalilov, Osvaldo Haay.

Madura United (4-3-3): M. Ridho; Jaimerson, Fandry Imbiri, Andik Rendika Rama, Marckho Sandy, Asep Berlian, Zulfiandi, Alberto Goncalves, Greg Nwokolo, Andik Vermansah, Aleksandar Rakic.

Baca Juga: 3 Hal yang Membuat Madura United Belum Terkalahkan Musim Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You