Comscore Tracker

Persebaya vs Persipura: Laga Penghakiman Djanur!

Persipura menang dua kali beruntun dalam dua pekan terakhir

Jakarta, IDN Times - Kompetisi Shopee Liga 1 2019 sudah membuktikan bahwa Persebaya seperti tim semenjana musim ini. Oleh sebab itu, hanya kemenangan yang bisa menyelamatkan muka Djadajang Nurdjaman saat Persebaya menjamu Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (2/8) hari ini.

Berstatus sebagai tim terbaik keempat di Liga 1 musim lalu, keadaan Persebaya sendiri memang kesulitan untuk menemukan bentuk permainan terbaiknya. Bahkan, hal itu diakui Djadjang Nurdjaman yang menyebut timnya seakan tak bisa konsisten dalam menghadapi musim ini.

1. Djanur sulit membawa Persebaya konsisten seperti musim lalu

Persebaya vs Persipura: Laga Penghakiman Djanur!IDN Times/Ardiansyah Fajar

Siapa sangka, kiprah Djadjang sebagai pelatih justru berliku. Walau pencapaiannya bisa dibilang cukup lumayan, karena minimal mampu memenuhi target posisi standar dari manajemen klub, dia justru memiliki tren kurang baik kala mendapatkan kesempatan menangani sebuah tim di tahun kedua setelah sebelumnya dianggap sudah membawa posisi tim lebih baik di tahun pertamanya.

Dalam 11 laga yang telah dijalani, Djanur, begitu kerap dirinya disapa, cuma mampu memberikan tiga kemenangan saja. Sisanya, pelatih kelahiran Majalengka ini hanya mengantarkan Persebaya lima kali bermain imbang dan empat kali menderita kekalahan.

Baca Juga: Tak Menang di 5 Pertandingan, Persebaya Yakin Kandaskan Persipura

2. Djanur dalam tekanan Bonek dan manajemen Persebaya

Persebaya vs Persipura: Laga Penghakiman Djanur!IDN Times/Enggal Hendy Wardhana

Berbekal catatan kurang baik ini, laga melawan Persipura nampaknya bakal jadi momen penghakiman bagi Djanur. Sebab, Bonek, sebutan suporter Persebaya, sudah hilang kesabaran dan menuntut klub asal Jawa Timur tersebut untuk segera bangkit. Jelas itu bakal jadi tekanan besar Djanur.

Djanur juga mendapatkan sebuah tekanan dari manajemen Persebaya Surabaya bila gagal meraih kemenangan melawan Persipura.Baginya, tak ada pilihan lain untuk bisa meraih poin penuh untuk bisa meredam tuntutan Bonek dan membuat posisinya di kursi pelatih tetap aman.

"Saya maklumi (tekanan dari Bonek), memang hasil yang kami raih selama lima pertandingan ini tak sesuai harapan," kata Djanur dalam sesi konferensi pers sebelum laga digelar, Kamis (1/8).

3. Persipura sudah mulai bangkit

Persebaya vs Persipura: Laga Penghakiman Djanur!Liga-Indonesia.id

Di sisi lain, skuat Mutiara Hitam sedang dalam kepercayaan diri tinggi usai mampu bangkit dengan meraih dua kemenangan beruntun. Hal itu tak lepas dari masuknya Jacksen F. Tiago yang kembali menangani Persipura, yang mampu membawa suasana tim jadi lebih optmistis menatap laga demi laga dalam musim ini.

Walau baru dibuktikan lewat dua pertandingan saja, wajar nampaknya jika Persebaya harus mewaspadai calon lawannya yang kali ini dibesut pelatih berpaspor Brasil tersebut.

4. Beberapa pemain andalan Persipura masih diragukan untuk tampil

Persebaya vs Persipura: Laga Penghakiman Djanur!liga-indonesia.id

Hanya saja, Persipura juga dipastikan tak akan diperkuat pemain andalannya, Marinus Wanewar. Mantan pemain Bhayangkara FC tersebut tak dibawa ke Surabaya karena masih berkutat dengan cedera lutut.

Selain itu, legenda hidup Persipura, Boaz Solossa, juga masih diragukan tampil dalam laga nanti. Ia terlihat tak mengikuti latihan penuh seperti pemain lainnya saat melakukan persiapan tim. Namun, Jacksen masih berharap banyak agar pemain tersebut bisa fit sesuai waktunya karena memiliki jiwa kepemimpinan yang cukup tinggi.

"Dia mencetak gol kemenangan dalam pertandingan melawan Madura United. Boaz punya wibawa luar biasa sekali. Dia bisa membuat para pemain lain di lapangan lebih pede," beber mantan pemain Petrokimia Putra tersebut.

5. Perkiraan pemain Persebaya vs Persipura

Persebaya vs Persipura: Laga Penghakiman Djanur!Persebaya.id

Prediksi susunan pemain:

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Ruben Sanadi, Otavio Dutra, Syaifuddin, Rachmat Irianto; A.R. Maulana, Muhammad Hidayat, Damian Lizio; Manucher Dzalilov, Amido Balde, Irfan Jaya. 

Persipura Jayapura (4--4-2): Dede Sulaiman; Anis Tjoe, Ricardo Salampessy, Ribeiro, Tinus Pae; M. Tahir, Ibrahim Conteh, Oh Inkyun, Tod Ferre; Wanma, Boaz Solossa.

 

Baca Juga: Meski Berstatus Legenda, Jacksen Siap Libas Persebaya di Depan Bonek

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya