Persela Depak Iwan Setiawan

Sempat ada meme Iwan Setiawan dijual di e-commerce

Jakarta, IDN Times - Liga 1 benar-benar jadi kompetisi yang kejam bagi para pelatih. Paling anyar, juru taktik Persela Lamongan, Iwan Setiawan, resmi dipecat usai gagal membawa skuad Laskar Joko Tingkir tampil konsisten.

Pemutusan kerja sama itu resmi diumumkan Persela melalu akun Instagram resminya pada Senin (29/11/2021) siang.

"Persela Lamongan dapat mengonfirmasi Iwan dan asisten telah meninggalkan perannya sebagai pelatih di Persela Lamongan. Terima kasih untuk semuanya coach," tulis pernyataan klub.

Baca Juga: Ratusan Suporter Persela Desak Iwan Setiawan Mundur!

1. Persela ada di papan bawah

Persela Depak Iwan SetiawanPotret Pelatih Persela Iwan Setiawan (instagram.com/iwansetiawancoach)

Jika menilik pernyataan tersebut, dengan demikian tak hanya Iwan yang angkat kaki dari Surajaya. Asisten pelatih Didik Ludianto pun juga ikut dalam gerbong tim pelatih yang didepak dari Persela. 

Manajemen mungkin tak terlalu puas dengan performa Persela yang dikomandoi Iwan. Apalagi, sudah lima laga dilalui Persela tanpa kemenangan. Paling anyar, mereka harus mengakui keunggulan TIRA-Persikabo, 2-4, dalam duel pekan ke-13 Liga 1 yang berlangung pada 27 November 2021.

Persela pun kini tercecer di papan bawah klasemen sementara dengan catatan 12 poin. Mereka berada satu strip di atas zona degradasi, tepatnya di peringkat 15, unggul satu poin dari Persik (11), Persipura (sembilan), Persiraja (lima). 

2. Nama Iwan Setiawan sempat ramai dicibir pendukung Persela

Sebelumnya, pendukung Persela memang sudah mulai gerah dengan kondisi timnya yang berada di papan bawah. Mereka pun sudah menuntut manajemen untuk segera memecat sang pelatih. Berbagai kritikan bahkan dilakukan untuk terus menekan Iwan.

Akun Instagram pendukung Persela dengan nama @infopersela, ada unggahan sebuah gambar yang menunjukkan jika Iwan dijual melalui situs e-commerce. Iwan bahkan dibanderol dengan harga Rp80 ribu, dengan sistem COD. 

"Jika keberatan bisa gunakan shopeepaylater," tulis pernyataan tersebut. 

3. Ganasnya Liga 1 sudah memakan banyak korban pelatih

Persela Depak Iwan Setiawanpotret Rahmad Darmawan (instagram.com/maduraunited.fc)

Sebelumnya, suporter Persela juga sudah melakukan aksi demo di alun-alun Lamongan pada 24 November 2021. Mereka menyuarakan tuntutannya agar manajemen segera bertindak untuk memecat Iwan. Hanya saja, saat itu manajemen masih memberikan kesempatan kepada eks pelatih Persija Jakarta tersebut.

Hingga saat ini, belum ada kejelasan mengenai siapa pengganti Iwan. Manajemen masih bungkam soal pelatih baru yang bakal menangani Persela di sisa Liga 1 musim ini. 

Sebelum Iwan, beberapa pelatih juga merasakan hal serupa, seperti Mario Gomez, Joko Susilo, Hendri Susilo, Rahmad Darmawan, Jakcsen F Tiago. Mereka rata-rata dipecat klub lantaran dinilai gagal mengangkat performa tim pada putaran pertama Liga 1.

Baca Juga: Ciro Alves Menggila, Persikabo Sikat Persela

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya