Persib Ditahan Persikabo, Robert Alberts: Banyak yang Harus Diperbaiki

Persib ditahan imbang TIRA-Persikabo 0-0

Jakarta, IDN Times - Persib hanya bisa menahan imbang tamunya TIRA-Persikabo dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (5/9/2020). Walau hasilnya tak maksimal, pelatih Maung Bandung, Robert Alberts mengaku cukup senang timnya bisa menunjukkan permainan yang kompetitif.

“Pertandingan berjalan bagus, karena akhirnya kita bisa mendapatkan uji tanding yang suasananya lebih kompetitif pada hari ini. Itu yang saat ini kita butuhkan. Persikabo bermain bagus, para pemain asing mereka menampilkan sepak bola menyerang yang baik,” kata Robert usai laga.

1. Masih banyak yang perlu dievaluasi

Persib Ditahan Persikabo, Robert Alberts: Banyak yang Harus DiperbaikiPersib.co.id

Pelatih berpaspor Belanda itu mengungkapkan masih banyak hal yang harus jadi bahan evaluasi sebelum benar-benar siap mentas di lanjutan Liga 1 2020 yang bakal digelar Oktober mendatang. Menurut dia, perbaikan harus dilakukan dalam hal transisi menyerang dan bertahan, sampai cara mengantisipasi set piece.

“Banyak yang harus diperbaiki. Sebetulnya bagus karena kita bisa bertanding 90 menit, tapi kita harus bermain lebih cepat dalam transisi bertahan dan menyerang. Kita harus lebih agresif dalam mencari bola dan kita perlu lebih baik dalam bertahan dalam situasi set piece," ujar pelatih berusia 64 tahun itu.

Baca Juga: Jelang Lanjutan Liga 1 2020, Mesin Tempur Persib Kian Panas

2. Supardi optimistis Persib terus berkembang sampai kompetisi Liga 1 kembali dimulai

Persib Ditahan Persikabo, Robert Alberts: Banyak yang Harus DiperbaikiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara, salah satu pemain paling senior Persib, yakni Supardi Natsir menyebut jika Persib punya banyak manfaat dari hasil uji coba melawan TIRA-Persikabo ini, di luar hasil. Tampil selama satu laga, dia dan rekan-rekannya bisa menakar sejauh mana kemampuan di lapangan usai kembali menjalani latihan bersama.

"Pelajaran yang diambil sore ini, kita jadi tahu di mana dan hasil latihan selama sebulan ini," beber mantan pemain Sriwijaya FC itu.

Kapten Persib ini pun optimistis melihat perkembangan yang ditunjukkan rekan-rekannya. Dia merasa, pada waktunya nanti, skuat Pangeran Biru bakal bisa tampil lebih baik lagi dan terus berkembang hingga musim ini berakhir.

3. Jadwal Liga 1 2020 memberatkan klub?

Persib Ditahan Persikabo, Robert Alberts: Banyak yang Harus DiperbaikiLiga-Indonesia.id

Di luar itu, Persib merasa keberatan dengan draft jadwal lanjutan Liga 1 2020 yang bakal digelar, karena itu menyiksa kontestan. Walau rata-rata durasi jeda dari pertandingan ke pertandingan lainnya antara empat sampai lima hari, durasi waktu itu juga sudah termasuk perjalanan tim yang bakal melakukan jalur darat. Hal itu bakal menguras fisik pemain.

Rene Alberts tak setuju dengan jadwal tersebut. Dia sebetulnya paham semua orang sudah berusaha untuk kembali membuat Liga 1 kembali berjalan, tapi jadwal ini memang sedikit banyak merugikan timnya juga.

Baca Juga: Jelang Lanjutan Liga 1, Persib Panaskan Lagi Mesin yang Lama Vakum

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya