Persib Perkenalkan Jersey Baru, Ini Makna Filosofinya

Bagaimana penilaian kalian tentang desain jersey Persib ini?

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung secara resmi melakukan peluncuran tim sekaligus memperkenalkan jersey anyar mereka untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2019. Acara peluncuran tersebut dilangsungkan di Hotel Savoy Homann, Bandung pada Sabtu (11/5) kemarin.

Layaknya jersey yang digunakan pada musim-musim sebelumnya, kali ini Persib masih menggandeng Sportama sebagai sponsor seragam bertanding ataupun berlatih. Namun, sudah tentu setiap musim seragam itu memiliki desain dan filosofi yang berbeda.

1. Jersey Persib musim ini lebih kental dengan unsur kedaerahan

Persib Perkenalkan Jersey Baru, Ini Makna FilosofinyaInstagram/@indra_mustaffa

Jersey anyar Persib ini masih menggunakan warna kebesarannya, yakni biru. Namun, kali ini dikombinasikan dengan warna kuning pada kerah dan juga bahu. Warna kombinasi ini merupakan gabungan dari lambang Persib itu sendiri. Bedanya, musim ini Persib kembali menggunakan celana berwarna biru, berbeda dengan musim lalu yang berwarna putih. 

Nuansa dari desain jersey Persib kali ini memang lebih kental dengan unsur kedaerahan. Warna biru dan kuning yang melekat memiliki filosofi bahwa jersey tersebut menunjukkan karakter Maung Bandung --julukan Persib-- yang merupakan gabungan dari budayana, identitas dan kecintaan masyarakat Bandung maupun Jawa Barat. Sebab, Persib dinilai tak sekadar klub sepak bola biasa, melainkan sebuah idiom yang bayak terikat dengan identitas Jawa Barat.

Budayana sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya budi pekerti, yang terbetuk dari dua kata buda --budi-- dan yana --pekerti.

2. Ada gambar peta Jawa Barat dan gradasi wajah Maung di jersey Persib kali ini

Persib Perkenalkan Jersey Baru, Ini Makna FilosofinyaInstagram/@indra_mustaffa

Kentalnya unsur kedaerahan juga dituangkan ke dalam peta Jawa Barat yang terlukis di seragam tempur Persib musim ini. Unsur itu dipertegas dengan gradasi wajah Maung -- artinya harimau-- dari perpaduan peta dan kombinasi garis sehingga semakin menunjukkan nilai-nilai dan kebudayaan Sunda.

"Untuk jersey musim ini ada unsur Jawa Barat. Makanya (di jersey) ada peta Jawa Barat. Karena dengan desain ini kita ingin menggali unsur-unsur kelokalannya Persib yakni tim kecintaan warga Jawa barat," kata Direktur PT Persib bandung Bermartabat, Teddy Tjahyono di sela-sela peluncuran tim Persib musim ini.

Baca Juga: Resmi Berseragam Persib, Ini Curhatan Eks Pemain Timnas Slovenia

3. Jersey Persib dihiasi bendera merah putih

Persib Perkenalkan Jersey Baru, Ini Makna FilosofinyaANTARA/Novrian Arbi

Di samping menonjolkan unsur kedaerahan, desain jersey Persib kali ini juga dihiasi bendera merah putih --lambang Indonesia-- di bagian dada. Hal itu ditujukan untuk mengangkat fanatisme bobotoh yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Hal itu juga menjadi sebuah harapan bagi Persib itu sendiri agar bobotoh terus dan selalu mengedepankan persatuan dan terus setia mendukung klub kebanggaannya tersebut.

4. Persib juga rilis jersey tandang dan latihan

Persib Perkenalkan Jersey Baru, Ini Makna FilosofinyaANTARANovrian Arbi

Sementara untuk jersey tandang, Persib juga merilisnya secara langsung dalam peluncuran tim tersebut. Tak nampak perbedaan mencolok dari komposisi warna, jersey tandang Persib tetap didominasi warna putih, jersey ketiga berwarna hitam dan untuk kiper masih menggunakan warna kuning, abu-abu, dan merah.

Sedangkan, jersey latihan dipilih warna putih dan juga biru untuk melengkapi amunisi seragam Persib guna menghadapi Liga 1 edisi kali ini.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beri Jersey Persib Bandung untuk Wali Kota Melbourne

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya