Comscore Tracker

Persib Vs Madura United: Maung Tak Boleh Hanya Main Cantik

Madura United punya lini depan menakutkan

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung memang ahli dalam menguasai jalannya pertandingan dan tampil atraktif dalam tiga laga awal kompetisi Shopee Liga 1 2019. Tapi, Persib masih harus belajar bagaimana cara mengamankan hasil kepada Madura United musim ini.

Merek sepak bola total football yang dikembangkan Persib musim ini bersama pelatih anyar, Robert Rene Albert sudah jadi pakem dalam tiga laga yang telah dilalui. Di laga perdana Liga 1 2019, Persipura Jayapura pernah merasakan betapa dahsyatnya gempuran penggawa Persib saat dibantai 3-0.

Namun, setelah itu, klub yang dijuluki Maung Bandung itu seolah lupa caranya mencetak gol. Walau dalam dua laga terakhir mampu tampil baik, mereka acap kali kesulitan mengonversi peluang menjadi gol sehingga hasil akhir yang diraih pun tak begitu maksimal karena hanya bisa meraih dua poin saja.

1. Robert Rene puji lini serang Madura United

Persib Vs Madura United: Maung Tak Boleh Hanya Main Cantikpssi.org

Hal itu bertolak belakang dengan Madura United yang notabene bakal jadi lawan Persib pada pertandingan lanjutan pekan kelima di Stadion Si jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung pada Minggu (23/6), mereka tampil cukup produktif di tiga laga awal dengan mengoleksi sembilan gol.

Potret itu menunjukkan Mudura United dianggap kekuatan yang menakutkan musim ini karena jadi salah satu tim tersubur di antara kontestan lainnya. Hal itu diakui sendiri oleh Si Meneer . Ia menilai, kekuatan serangan Skuat ‎Laskar Sapeh Kerrab itu jadi perhatian penting jelang duel bertajuk big match nanti.

"Saya pikir dengan diperkuat pemain-pemain timnas seperti, Alberto Goncalves, Greg Nwokolo dan Andik vermansyah, serta ditopang Aleksandar Rakic yang merupakan topskor musim lalu, maka Madura United punya kekuatan yang besar di lini depan. Tapi, kami sudah punya rencana, di mana rencana kami tentu jadi lebih kuat dari mereka," kata Robert dalam sesi konferensi pers di Grha Persib, Sabtu (22/6).

2. Persib punya tren tampil baik jika bertemu tim kuat

Persib Vs Madura United: Maung Tak Boleh Hanya Main Cantikpersib.co.id

Namun demikian, eks pelatih PSM Makassar ini tak mau memberikan perhatian khusus kepada salah satu pemain tersebut. Menurut Robert, baik dalam strategi maupun posisi, tak ada satu pun pemain yang harus diwaspadai, karena, lanjut dia, semua lini Madura United sama-sama berbahaya baik saat bergerak dan menyerang.

Tendensi Persib tampil apik jika bersua klub besar boleh dijadikan patron agar laga ini berpihak kepada bobotoh--sebutan fan Persib. Biasanya, motivasi penggawa Pangeran Biru ini berlipat begitu bertemu tim dengan kekuatan setara, layaknya kala menumbangkan Persipura di pekan pertama. Gim-gim terbaik Persib sering muncul saat mereka bentrok dengan lawan kelas berat.

Jika tren Persib kesulitan saat bersua klub-klub yang di atas kertas kekuatannya dianggap masih di bawah mereka, macam Semen Padang atau TIRA-Persikabo, Seharusnya, Persib bisa kembali tampil menggila saat menjamu Madura United di depan bobotoh yang diprediksi bakal memadati tribun penonton karena lawannya ini adalah Los Galaticos-nya Indonesia musim ini.

Baca Juga: Liga 1 2019 Dimulai Langsung di Pekan Kelima, Ini Jadwal Lengkapnya

3. Dejan menilai Persib selalu tampil semangat jika disaksikan bobotoh

Persib Vs Madura United: Maung Tak Boleh Hanya Main CantikIDN Times/Galih Persiana

Sang lawan boleh percaya diri menatap laga kali ini. Maklum, Madura United punya rekor bagus dalam empat pertemuan terakhir dengan tiga kemenangan dan sekali hasil imbang saat bersua Persib. Tapi, hal itu tak jadi acuan bagi pelatih Madura United, Dejan Antonic untuk bisa meraih kemenangan dengan mudah di kandang Persib.

"Biasanya Persib kalau bermain di kandang semangatnya besar karena banyak bobotoh. Tapi saya bilang liga baru mulai, masih banyak tim mungkin naik-turun, cari line up paling bagus atau sistem permainan yang cocok. Saya pikir enggak ada pertandingan mudah," ujar pria asal Serbia yang masih menyimpan hati bagi Persib ini.

4. Jika ada peluang, ingin mendapatkan tiga poin

Persib Vs Madura United: Maung Tak Boleh Hanya Main CantikInstagram.com/Maduraunited.fc

Ia pun enggan menekan anak asuhnya untuk bisa meraih kemenangan dalam duel yang diprediksi berjalan panas tersebut. Ia mengaku setiap tim pasti ingin meraih kemenangan, minimal bisa meraih satu poin saja melawan tim kuat sudah merupakan hal yang bagus. Terlebih, masih banyak laga yang harus dijalankan oleh Madura United.

Dejan menilai, sangat penting bagi Madura United untuk terus berkembang. Namun, itu tak dapat dilakukan secara instan, melainkan bertahap dengan terus menunjukkan konsistensinya di lapangan, termasuk tak kehilangan poin di Kota Kembang atau jika ada peluang bisa mencuri kemenangan.

5. Jika kalah oleh Madura United psikologis pemain kemungkinan bakal terganggu

Persib Vs Madura United: Maung Tak Boleh Hanya Main CantikANTARA/M Agung Rajasa

Andai Persib benar-benar kalah di kandang, partai melawan Madura United sekali lagi bakal menjadi 'gerbang neraka' untuk klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu. Sebab, setelahnya, Persib dihadapkan dengan jadwal menantang dalam tiga laga ke
depan karena mesti menghadapi Bhayangkara FC, Persebaya, dan Persija.

Hasil minor melawan Madura United tentu akan memengaruhi kondisi psikologis personel Persib dalam mengarungi partai berat berikutnya.

Perkiraan susunan pemain

Persib Bandung (4-4-2): I Made Wirawan; Supardi Nasir Bujang, Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus; Febri Haryadi, Hariono, Rene Mihelic, Ghozali Siregar; Artur Gevorkyan, Ezechiel N'douassel.

Madura United (4-2-1-3): Muhammad Ridho; Marckho Sandi, Fandry Imbiri, Jaimerson da Silva, Andik Rendika Rama; Asep Berlian, Zulfiandi, Alberto 'Beto' Goncalves; Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo.

Rekor pertemuan

09/10/18     Persib                    1 - 2     Madura United     (Liga 1)
04/05/18     Madura United     2 - 1     Persib                    (Liga 1)
19/10/17     Persib                    0 - 0     Madura United     (Liga 1)
09/07/17     Madura United     3 - 1     Persib                    (Liga 1)
08/10/16     Madura United     2 - 1     Persib                    (ISC A)

 

Baca Juga: Rebut Poin Penuh, Madura United Tak Mau Gegabah Hadapi Persib

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You