Comscore Tracker

Sengit di GBK, Persija vs Persib Berakhir Sama Kuat

Persib berhasil mencuri gol jelang laga berakhir

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta tak berhasil mengakhiri laga bertajuk el clasico dengan kemenangan setelah bermain imbang dengan tamunya Persib Bandung  1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Rabu (10/7).

Tampil di hadapan  puluhan ribu pendukungnya, Persija menurunkan kekuatan terbaiknya, termasuk Ryuji Utomo yang dalam beberapa laga terakhir harus absen. Mereka juga sedikit melakukan perubahan dengan memainkan Yogi Rahadian mengisi posisi yang biasa ditempati oleh Novri Setiawan.

Sebaliknya, Persib juga mencoba pemain-pemain anyar dalam duel panas ini dengan memainkan Gian Zola, Muhammad Natshir, dan Esteban Vizcarra. Mereka ingin coba mengimbangi strategi yang disiapkan Julio Banuelos di Persija.

Sejak laga dimulai, Persib justru mampu mengambil inisiatif serangan. Lewat pergerakan para pemain yang memiliki kecepatan seperti Febri Haryadi, serangan Maung Bandung bisa sampai ke kotak penalti lawan.

Namun, Persija justru langsung merespons dengan menciptakan peluang berbahaya lewat kaki Yogi Rahadian. Beruntung, Muhammad Natsir bisa mengamankan sepakan mendatar tersebut sehingga membuat gawang Persib tetap perawan.

Setelah itu, kedua tim tampak tampil lebih hati-hati sehingga bola banyak berkutat di lapangan tengah. Mereka jarang sekali memberikan ancaman ke gawang lawan. Hal itu membuat jalannya laga sampai menit ke-20 berjalan sedikit monoton.

Meski demikian, semenit berselang, Persija masih mampu menciptakan peluang emas lewat kaki Bruno Matos yang menerima umpan matang dari Yogi. Sayang, bola sontekannya melambung ke atas mistar gawang deden dan membuat laga tetap bertahan 0-0.

Pada menit ke-29, Persib harus kehilangan kiper utamanya M. Natshir lantaran berbenturan cukup keras dengan Matos. Bahkan, kiper asal Soreang, Kabupaten Bandung tersebut, harus mendapatkan penanganan intensif dan dilarikan ke rumah sakit. Posisinya pun digantikan I Made Wirawan.

Persija sebetulnya banyak memberi ancaman ke gawang I Made di sisa babak pertama. Beberapa kali Riko, Matos, dan Marko Simic bergantian membuat peluang. Hanya saja, penyelesaian mereka selalu terburu-buru, sehingga membuat kedudukan 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Persija kembali memberi tekanan kepada tim tamu. Sebaliknya, Bojan Malisic dan kolega hanya sesekali saja mampu melancarkan serangan. Bahkan kebanyakan serangan yang dibangun terputus di tengah jalan.

Robert Rene Albert pun melakukan perubahan saat memasuki menit ke-55. Ia mencoba memasukan Artur Gvorkyan untuk menambah daya serang Pangeran Biru menggantikan Febri Haryadi. Hanya saja, hingga lima menit Artur bermain, belum adap perubahan signifikan yang bisa dihasilkan.

Bruno Matos harus mengakhiri laga lebih cepat lantaran mengalami masalah di kakinya. Nampaknya, benturan dengan Natshir di babak pertama membuatnya mengalami cedera. Posisinya pun harus diganti Bambang Pamungkas di menit ke-62.

Tiga menit berselang Persib kembali melakukan pergantian pemain. Kim Jeffrey Kurniawan masuk untuk mengisi posisi Gian Zola. Namun hingga memasuki menit ke-70, Persib tetap kesulitan menahan agresivitas yang ditunjukkan Riko Simanjuntak dkk.

Persija akhirnya bisa meciptakan gol saat laga berjalan 74 menit. Marko Simic berhasil jadi aktor utamanya karena bisa menceploskan bola ke gawang I Made melalui tandukannya setelah sebelumnya menerima umpan dari tendangan sudut.

Usai unggul 1-0 Persija harus kehilangan pemainnya Novri Setiawan lantaran melakukan tindakan kurang terpuji terhadap legiun asing Persib, Ezechiel N'Douassel. Wasit yang memimpin laga, Fariq Hitaba, langsung menghukumnya dengan kartu merah.

Tensi pertandingan semakin meningkat saat memasuki menit ke-80. Tak jarang para pemain dari kedua terlibat benturan keras sehingga tak jarang di antaranya bersitegang. Hanya saja, hal itu masih bisa diredam oleh rekan-rekan lain di lapangan.

Persib akhirnya bisa menyamakan kedudukan saat laga tinggal menyisakan injury time. Artur berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang setelah Maman Abdurrahman gagal menyapu bola di depan gawang Persija. Skor 1-1 pun menutup laga panas pada sore hari ini.

 

Susunan pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Ryuji Utomo, Tony Sucipto; Novri Setiawan, Bruno Matos/Bambang Pamungkas, Rohit Chand; Riko Simanjuntak/ Yan Pieter Nasadit, Marko Simic, Yogi Rahadian/Febi Eka Putra.

Persib Bandung (4-2-3-1): Muhammad Natshir/I Made Wirawan; Supardi, Achmad Jufriyanto, Bojan Malisic, Ardi Idrus; Gian Zola/Kim Jeffrey Kurniawan, Rene Mihelic, Hariono, Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi/Arthur Gevorkyan, Ezechiel Ndouasel.

Baca Juga: Persija Kontra Persib, Rivalitas yang Mengakar antar Suporternya

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Ilyas Listianto Mujib

Just For You