Comscore Tracker

Persiraja Ancam Tak Ikut Liga 1 Jika Kick-off Digelar Desember

Persiraja masih berada di Yogyakarta untuk melakukan TC

Jakarta, IDN Times - Persiraja meradang usai Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan jadwal kick-off Lga 1 2020 tak bisa digelar sesuai rencana. Bahkan, Laskar Tanah Rencong mengancam bakal tak ikut berpartisipasi dalam ajang tersebut jika sepak mula dimulai pada Desember 2020.

Persiraja sendiri memang tak mau menunggu lama terkait kejelasan kompetisi musim ini. Bahkan, manajemen secara terbuka memberikan ultimatum kepada penyelenggara, PT Lga Indonesia Baru (LIB) untuk memberikan keputusan segera.

"Kami memberi waktu kepada PT LIB atau PSSI, selambat-lambatnya dua minggu harus jelas, liga lanjut atau dibubarkan. kalau sampai November juga belum ada kepastian, maka kalau liga ini dimulai Desember, kami (Persiraja) tak ikut lagi," kata Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam dalam keterangan tertulis, Kamis (1/10/2020).

1. Nazzarudi: Persiraja masih melakukan persiapan di Yogyakarta

Persiraja Ancam Tak Ikut Liga 1 Jika Kick-off Digelar DesemberPemain Persik Kediri saat melawan Persiraja Fc, IDN Times / istimewa

Pihaknya pun masih memberikan waktu kepada PSSI maupun PT LIB mengenai langkah terbaik apa yang harus segera di ambil dalam kondisi saat ini. Bahkan, mereka yang sudah terlanjur datang ke Yogyakarta untuk tampil di Liga 1, memilih bertahan di sana sampai ada kejelasan dari pihak terkait.

Nazzarudin menjelaskan para penggawa Persiraja masih berlatih dan menjalankan program latihan untuk bersiap jika Liga 1 digelar dalam waktu dekat. Mereka juga bakal mengintip peluang untuk menggelar laga uji coba dengan tim lokal untuk menjajal kekuatan tim.

"Karena kalau kami pulang ke Aceh, yang pertama kondisi fisik akan menurun, selanjutnya akan menyulitkan untuk kembali ke kondisi prima nantinya. Mau tidak mau saya selaku presiden klub harus menerima kenyataan ini," ujar Nazzarudin.

Baca Juga: PSSI Tunda Kick Off Liga 1, Persita Minta Kejelasan 

2. Argo umumkan Polri tak beri izin kick-off Liga 1

Persiraja Ancam Tak Ikut Liga 1 Jika Kick-off Digelar DesemberKepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Sebelumnya, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono, mengatakan pihaknya tidak mengizinkan sepak mula Liga 1 2020 digelar 1 Oktober 2020.

"Terkait Liga Indonesia Baru 1 dan 2 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2020, Polri tidak mengeluarkan izin keramaian," kata Argo kepada IDN Times, Senin (28/9/2020).

Argo pun menjelaskan sejumlah pertimbangan mengapa kompetisi Liga 1 dan 2 tak diizinkan. Pertama, kasus COVID-19 di Indonesia masih terus meningkat. Kedua, Polri sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak akan mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan.

3. PSSI meminta pemerintah mengizinkan Liga 1 digelar November 2020

Persiraja Ancam Tak Ikut Liga 1 Jika Kick-off Digelar DesemberLiga-Indonesia.id

PSSI pun menghormati keputusan pemerintah melalui Polri yang menunda atau belum memberikan izin untuk menggelar lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020.

Namun demikian, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan memohon kepada pemerintah agar lanjutan kompetisi musim ini bisa digelar pada November mendatang. Pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut menyiratkan jika dengan digelarnya lagi kompetisi adalah untuk kepentingan sepak bola nasional.

"PSSI memohon untuk bisa ditunda selama satu bulan (molor dari jadwal semula 1 Oktober 2020), karena jika kompetisi dimulai November 2020 akan selesai pada Maret 2021. Jika kompetisi dimulai Desember dipastikan sulit terjadi, karena awal April sudah masuk Ramadan, sedangkan Mei-Juli 2020 sudah masuk Piala Dunia U-20," kata Iwan Bule dalam konferensi pers, 29 September lalu.

Baca Juga: Liga 1 dan 2 Ditunda, PSSI Upayakan Timnas U-19 Latihan di Turki

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya