Pesan Menyentuh Park Hang Seo untuk Timnas Vietnam

Park Hang Seo memberikan sederet prestasi untuk Vietnam

Jakarta, IDN Times - Park Hang Seo memberikan pesan menyentuh usai menyudahi tugasnya sebagai pelatih Timnas Vietnam. Mengenang kebersamaannya dengan skuad Golden Star Warriors, dia memastikan bakal tetap menjadi pendukung tim yang pernah ditukanginya itu.

Sebelumnya, Park sempat mengungkapkan bakal mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala Timnas Vietnam usai Piala AFF 2022. Sayang, di turnamen perpisahannya itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut hanya bisa mengantarkan anak asuhnya jadi runner-up.

“Saya menjalani lima tahun penuh suka dan duka, kebahagiaan, hingga kesulitan bersama tim dan para pendukung Timnas Vietnam. Kenangan yang pasti tak terlupakan,” kata Park dalam akun media sosial pribadinya dikutip Bongda.

1. Park Hang Seo berjanji bakal tetap jadi pelatih Vietnam

Pesan Menyentuh Park Hang Seo untuk Timnas Vietnamen.vff.org.vn

Kontrak Park Hang Seo bersama Timnas Vietnam akan segera berakhir. Namun, dia memutuskan untuk pergi usai mengabdi lima tahun. 

Dia tak berniat untuk memperpanjang masa baktinya dan memilih pulang kampung ke Korea Selatan.

"Sekarang saya bukan lagi pelatih kepala, tetapi saya akan selalu menjadi pendukung sepak bola Vietnam. Kalian selalu di hati saya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi," ujar dia.

Baca Juga: Park Hang Seo, Si Pembawa Perubahan di Vietnam

2. Sederet prestasi Vietnam saat ditangani Park Hang Seo

Pesan Menyentuh Park Hang Seo untuk Timnas VietnamPelatih Vietnam, Park Hang Seo. (IDN Times/Tata Firza)

Park Hang Seo sendiri memiliki tempat spesial di Vietnam. Maklum, dia sukses membuat bal-balan negara tersebut berkembang, plus mempersembahkan sederet prestasi untuk musuh bebuyutan Indonesia ini.

Selain sukses membawa Vietnam jadi juara Piala AFF 2018, SEA Games 2019 dan 2021, dia juga mampu mengantarkan skuad mudanya melaju hingga final Piala Asia U-23 2018. Walau gagal juara, dia bisa mempersembahkan posisi runner-up di turnamen bergengsi tersebut.

Selain itu, dia juga mampu mengantarkan Vietnam ke babak perempat final Asian Games 20118 Indonesia.

3. Park Hang Seo gagal bawa Vietnam juara Piala AFF 2022

Pesan Menyentuh Park Hang Seo untuk Timnas VietnamTimnas Indonesia melawan Vietnam di Piala AFF 2022. (dok. PSSI)

Sederet prestasi itu ditutup perpisahan yang kurang ideal. Sebab, Park Hang Seo gagal mengantarkan Vietnam juara Piala AFF 2022.

Bentrok dengan Thailand dalam perebutan gelar juara, Vietnam menyerah dengan agregat 2-0. Alhasil, Park Hang Seo harus mengakhiri kariernya di Vitnam dengan catatan sebagai runner-up saja.

Baca Juga: Park Hang Seo: Indonesia Kuat, tapi Vietnam Lebih Kuat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya