Comscore Tracker

Peta Pemain Naturalisasi di Piala Menpora, Klub Mana Paling Banyak?

Persib gunakan tiga pemain naturalisasi

Jakarta, IDN Times - Menggunakan pemain asing berstatus pemain lokal bukan barang baru di pentas sepakbola nasional. Hal itu juga terjadi di turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora 2021 yang tinggal menghitung hari. 

Beberapa tim pun sudah melakukan persiapan dan melengkapi skuatnya, termasuk menambah pemain naturalisasi di ajang yang dimulai 21 Maret-25 April 2021. Mereka sengaja menggunakan pemain naturalisasi untuk mengatrol kekuatan tim di ajang ini. 

Tercatat, ada 17 pemain naturalisasi yang tersebar di klub-klub yang mentas di Piala Menpora 2021. Mayoritas klub tercatat mendaftarkan nama-nama tersebut dalam skuatnya. Hal itu menunjukkan tingginya minat klub untuk mendapatkan jasa pemain naturalisasi.

1. Persib jadi klub terbanyak gunakan pemain naturalisasi

Peta Pemain Naturalisasi di Piala Menpora, Klub Mana Paling Banyak?Esteban Vizcara saat berusaha merebut bola dengan lawannya. (IDN Times/Galih Persiana

Persib menjadi klub yang paling banyak memanfaatkan pemain naturalisasi. Nama-nama beken seperti Victor Igbonefo dan Esteban Vizcara yang musim lalu sudah berseragam Maung Bandung, masih dipertahankan untuk menghadapi turnamen pramusim dan kompetisi resmi Liga 1 2021. 

Teranyar, mereka menambah kekuatan lagi dengan mendaratkan pemain berdarah Indonesia-Belanda Ezra Walian. Pemain jebolan Akademi Ajax Amsterdam ini bahkan mendapatkan kontrak panjang selam tiga musim. Terang saja hal ini menguntungkan bagi Persib. 

Jika dihitung, Persib dapat menggunakan tujuh pemain asing, dengan rincinan empat berpaspor luar (satu pemain asia dan tiga pemain nonasia), plus tiga “pemain lokal rasa asing” dalam setiap laga.

2. Maung Bandung punya banyak pilihan pemain berkualitas

Peta Pemain Naturalisasi di Piala Menpora, Klub Mana Paling Banyak?Wander Luiz/persib_official

Robert Alberts yang saat ini menjadi pelatih Persib, bakal punya banyak pilihan pemain berkualitas untuk dimasukkan starting eleven. Kemampuan Vizcarra, Ezra, dan Igbonefo boleh dibilang setara dengan pemain asing, tentunya membuat kekuatan Persib cukup menakutkan.

Persib tinggal menunggu satu pemain asing Asia saja untuk melengkapi puzzle musim ini. Beberapa nama pun sudah mencuat namanya, sebut saja Zachary Herivaux pemain yang memiliki tiga kewarganegaraan, yakni Amerika Serikat, Haiti, dan Jepang. Lalu, ada juga pemain jepang keturunan Swedia, Kazuki Takahashi.

Mereka bisa tampil bersama-sama dengan Wander Luiz dan Nick Kuipers di Piala Menpora 2021. Hal itu juga membuat Persib difavoritkan bisa meraih hasil bagus di ajang ini.

Baca Juga: Madura United Rasa Brasil Jelang Piala Menpora 2021

3. Sebaran pemain naturalisasi di Piala Menpora 2021

Peta Pemain Naturalisasi di Piala Menpora, Klub Mana Paling Banyak?Pemain Persija, Marc Klok. (persija.id).

Di luar Persib, sembilan klub lainnya juga sebetulnya menggunakan pemain naturalisasi. Sebut saja Bali United, Borneo FC, Persija, Persik, dan PS Sleman yang menggunakan dua wajah asing dengan paspor Indonesia. 

Ilija Spasojevic dan Stefano Lilipaly, yang notabene merupakan pemain Timnas Indonesia bakal jadi tumpuan utama Bali United. Keduanya diprediksi bisa tampil nyetel, terlebih sudah beberapa tahun bertahan di klub asal Pulau Dewata itu.

Diego Michiels dan Guy Junior bakal bermain untuk Borneo FC. Kemudian Otavio Dutra dan Marc Klok memperkuat Persija. Sementara, Fabiano Beltrame dan Kim Jeffrey Kurniawan yang baru saja memutuskan kontrak dengan Persib, bakal menambah daya gedor PSS.

Sisanya, Sachie Doe dan O.K John (Persik), Rafael Maitimo (Persita), Silvio Escobar (Persiraja), dan Alberto “Beto” Goncalves (Madura United) yang dipastikan mentas di ajang pramusim ini.

4. Ada empat pemain keturunan yang bakal mentas di ajang pramusim

Peta Pemain Naturalisasi di Piala Menpora, Klub Mana Paling Banyak?Nyoman Paul Fernando Aro, (Instagram/@depaull_).

Selain 17 pemain naturalisasi, ada juga beberapa pemain keturunan yang sudah memiliki paspor Indonesia. Mereka adalah Kevin Gomez (Persita), Vlavio Cameron Sigah (Persita), Nyoman Paul Aro (Barito Putera), hingga Ronaldo Kwateh (Madura United). Keempatnya merupakan pemain muda yang berpotensi bisa menunjukkan kemampuannya di Piala Menpora 2021 ini.

Piala Menpora bakal digelar di empat kota, yakni Bandung, Sleman, Solo, dan Malang. Ajang pramusim yang diikuti 17 klub itu bakal menggunakan format setengah kompetisi yang dibagi ke dalam empat wilayah.

Berikut adalah daftar lengkap peserta Piala Menpora 2021

Grup A (Solo):
Arema FC, PSIS Semarang, Barito Putera, Tira-Persikabo, Persipura Jayapura

Grup B (Malang):
Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, PSM Makassar

Grup C (Bandung):
Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, PSS Sleman, Madura United

Grup D (Sleman):
Persib Bandung, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Bali United


Menurut kalian pemain naturalisasi mana yang bakal bersinar di ajang Piala Menpora 2021 nanti?

Baca Juga: Madura United Datangkan Eks Timnas Brasil Demi Piala Menpora

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya