Comscore Tracker

Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

Timnas U-19 sudah menyiapkan agenda TC di Kroasia

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola Asia (AFC) dikabarkan tengah mengkaji kemungkinan untuk menunda kompetisi Piala AFC U-16 Bahrain dan Piala AFC U-19 Uzbekistan. Pandemik COVID-19 lagi-lagi jadi biang ancaman bagi kompetisi yang sejatinya bakal dihelat pada akhir tahun 2020.

Dikutip dari laman Facebook asosiasi sepak bola Uzbekistan (UFA), AFC tengah mencari opsi terbaik untuk kejuaraan paling elite antar kelompok umur itu . Besar kemungkinan, Piala AFC U-16 dan U-19 bakal diundur ke 2021.

1. Timnas U-16 sudah menggelar TC dua kali

Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa AgendaTimnas U-16. (Dok. PSSI).

Sebelumnya, Piala AFC U-16 bakal berlangsung di Bahrain pada 25 November-12 Desember 2020. Timnas U-16 sendiri tergabung di Grup D bersama tim kuat Asia lainnya macam, Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok.

Untuk menyiapkan itu, tim besutan Bima Sakti ini bahkan sudah menyiapkan diri untuk menyambut ajang akhir tahun itu. Bahkan, Timnas U-16 sudah menggelar pemusatan latihan (TC) selama dua kali plus melakukan beberapa laga uji coba melawan tim lokal.

Persiapan matang itu dilakukan, karena target tinggi diusung oleh Bima Sakti bersama skuat Timnas U-16 yang jadi wakil ASEAN satu-satunya di kompetisi tersebut. Mereka ingin melangkah ke babak semifinal, karena empat tim yang melaju ke fase tersebut otomatis bisa lolos ke Piala Dunia U-17 2021 yang bakal dihelat di Peru.

Baca Juga: Gak Ada Jadwal, Shin Tae-yong akan Lakukan Ini untuk Timnas Indonesia

2. Timnas U-19 sebetulnya bakal menggelar TC di Kroasia

Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa AgendaLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Sementara itu, hal serupa pun dilakukan oleh Timnas U-19. Skuat yang dinakhodai Shin Tae-yong itu sudah menyelesaikan pemusatan latihan pertama bersama Bagas Kaffa dan kolega di Jakarta. Sebab, tiga bulan lagi mereka harus berjuang di Piala AFC U-19 di Uzbekistan.

Walhasil, persiapan matang pun harus dilakukan demi meraih poin maksimal. Bahkan, mereka memanggil beberapa pemain keturunan dan sudah siap berangkat menuju Kroasia untuk melakukan pemusatan latihan sebelum menjalani kompetisi di Uzbekistan.

Setahun berselang, atau tepat pada 2021 nanti, Timnas U-19 pun disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene bakal digelar di rumah sendiri.

3. Timnas Indonesia senior dipastikan tanpa agenda hingga akhir tahun

Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa AgendaPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Hal itu terang saja mengancam program Timnas U-16 dan Timnas U-19 yang sudah dipersiapkan untuk akhir tahun ini. Padahal, sebelumnya Timnas Indonesia senior juga harus menerima jika AFC menunda laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sampai tahun depan.

Hal itu semakin membuat Timnas Indonesia Senior benar-benar tak punya agenda sampai beberapa waktu ke depan. Sebab, turnamen terdekat yang bakal mereka ikuti, yakni Piala AFF 2020 juga dipastikan mundur ke April 2021 karena punya alasan serupa dengan AFC.

Walhasil, selain Timnas Indonesia senior, Timnas U-16 dan Timnas U-19 pun terancam tanpa agenda resmi sampai akhir tahun 2020 berakhir.

Baca Juga: Shin Tae-yong Bidik Lagi Pemain Keturunan untuk Timnas U-19, Siapa?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya