Piala AFC U-19 Terancam Batal, Timnas U-19 Tetap TC ke Kroasia

Timnas U-19 bakal ikut mini turnamen di Kroasia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 bakal menjalani latihan terakhir pada pemusatan latihan (TC) di Jakarta, Jumat (28/8/2020). Maklum, skuat Garuda Muda bakal berangkat menuju Kroasia keesokan harinya, yakni Sabtu, 29 Agustus 2020.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bakal berkomitmen untuk tetap memberangkatkan Beckham Putra Nugraha dan kolega ke Kroasia, walau pada akhirnya nanti Piala AFC U-19 Uzbekistan bakal diundur.

"Timnas U-19 tetap jalan dan berangkat TC ke Kroasia," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule kepada awak media.

1. Piala AFC U-16 dan U-19 terancam ditunda karena pandemik COVID-19

Piala AFC U-19 Terancam Batal, Timnas U-19 Tetap TC ke Kroasia(Foto hanya ilustrasi) ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Sebagaimana diketahui, Timnas U-19 sejatinya bakal mentas di ajang Piala AFC U-19 pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan. Mereka tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Iran, dan Kamboja untuk memperebutkan dua tiket ke babak berikutnya.

Namun, kemungkinan hajat sepak bola terakbar se-Asia dalam kelompok umur itu terancam ditunda. Federasi sepak bola Asia (AFC) dikabarkan tengah mengkaji kemungkinan untuk memundurkan jadwal kompetisi Piala AFC U-16 Bahrain dan Piala AFC U-19 Uzbekistan ke tahun depan.

Pandemik COVID-19 lagi-lagi jadi biang ancaman bagi kompetisi yang seharusnya bakal dihelat pada akhir tahun 2020.

Baca Juga: Daftar 30 Pemain Timnas U-19 yang Diboyong ke Kroasia

2. Skuat Garuda Muda tetap berangkat ke Kroasia untuk TC dan mengikuti mini turnamen

Piala AFC U-19 Terancam Batal, Timnas U-19 Tetap TC ke KroasiaLatihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (20/8/2020). (Herka Yanis/IDN Times)

Jika benar Piala AFC U-19 diundur, skuat Garuda Muda bakal mengikuti jejak Timnas Indonesia senior yang terlebih dahulu tak punya agenda sampai akhir tahun. Sebelumnya, AFC dan federasi sepak bola Asia Tenggara menunda kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020 yang rencananya dihelat pada akhir 2020 ini.

Namun, hal itu tak membuat program Timnas U-19 berantakan. Mereka tetap bakal melakukan TC di Kroasia dan mengikuti mini turnamen di sana. Terlebih, kejuaraan yang digelar pada 2-8 September ini juga bakal diikuti tim-tim besar seperti, tuan rumah Kroasia, Arab Saudi, dan Bulgaria.

Itu bakal jadi pengalaman yang bagus bagi tim besutan Shin Tae-yong. Sehingga, mereka bakal siap sebelum mentas di ajang resmi nantinya.

3. Sebanyak 30 pemain ikut TC di Kroasia

Piala AFC U-19 Terancam Batal, Timnas U-19 Tetap TC ke Kroasiapssi.org/Herka Yanis P

Timnas U-19 sendiri membawa 30 pemain untuk mengikuti TC dan turnamen di Kroasia. Selain nama-nama langganan seperti, David Maulana, Brylian Aldama, Bagas Kaffa, sampai Witan Sulaiman, ada dua pemain keturunan yang juga diajak Shin Tae-yong untuk unjuk kebolehan. Mereka adalah Elkan Bagott (Ipswich Town) dan Jack Brown (Lincoln City).

Daftar pemain Timnas U-19 yang berangkat ke kampung halaman Luka Modric ini dipilih oleh Shin Tae-yong beserta jajaran pelatih. Sebelumnya, mereka menggelar pemusatan latihan plus seleksi yang diikuti 46 pemain, sebelum akhirnya dikerucutkan menjadi 30 orang.

Persiapan matang memang tengah dilakukan demi meraih hasil maksimal di turnamen resmi. Sebab, selain tampil di Piala AFC U-19 di Uzbekistan, Timnas U-19 juga disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene bakal digelar di rumah sendiri pada 2021 mendatang.

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya