Piala Asia 2022, Ketum PSSI Ingatkan Timnas Wanita Taat Prokes

Timnas Wanita dilarang ke luar dari penginapan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengingatkan Timnas Indonesia Wanita agar  patuh pada protokol kesehatan COVID-19 selama mengikuti kejuaraan Piala Asia di India. Ia tak mau kejadian seperti skuad Garuda di Piala AFF 2020 terulang lagi.

“Kita tahu ada perkembangan Omicron yang cukup meningkat. Kami meminta pemain untuk betul-betul mengikuti arahan dari panitian di sana, karena ini juga pakai sistem bubble,” kata Iriawan kepada awak media di Stadion Madya, Jakarta, Kamis 13 Januari 2022.

Situasi sulit sempat dirasakan Timnas Indonesia saat mentas di Piala AFF di Singapura beberapa waktu lalu. Empat pemain dilarang tampil lantaran dianggap melanggar prokes dan regulasi bubble yang terlah diberlakukan.

1. Iriawan tegaskan pasukan Srikandi tak bisa ke luar penginapan

Piala Asia 2022, Ketum PSSI Ingatkan Timnas Wanita Taat ProkesKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) menyapa sejumlah Pemain Timnas Putri di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (13/1/2022). Ia mengingkatkan pemain untuk menjaga protokol kesehatan selama mentas dalam Piala Asia Wanita 2022 di India. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik Sepanjang Masa Piala AFF, Ada dari Indonesia

Iriawan pun meminta, para pemain Timnas Indonesia Wanita untuk tak ke luar penginapan dengan alasan apapun. Hal itu dilakukan agar tak ada lagi sanksi yang bisa merugikan tim selama mengikuti Piala Asia Wanita kali ini.

“Saya juga minta anak-anak jangan coba-coba di sana untuk ke luar (penginapan) untuk membeli apapun. Nanti akan dicatat oleh petugas yang ada. Yang penting, selama di sana itu jangan sampai hal itu terjadi sehingga bisa menimbulkan masalah di sana,” ujar pria yang kerap disapa Iwan Bule ini.

2. Timnas Indonesia Wanita dalam kondisi baik

Piala Asia 2022, Ketum PSSI Ingatkan Timnas Wanita Taat ProkesKetum PSSI Mochamad Iriawan ungkap alasan Bangladesh gagal jadi lawan Timnas Indonesia. (IDN Times/Ilyas Mujib)

Iriawan sampai saat ini cukup senang, karena skuad Garuda Pertiwi dalam kondisi bugar. Hal itu cukup baik dan bisa membuat pemain mengeluarkan penampilan terbaiknya menghadapi pertandingan demi pertandingan di babak penyisihan ajang tersebut. 

“Tentu mereka harus mengikuti prokes di sana (India). Alhamdulilah pemain di sini dalam keadaan oke. Semua dalam kondisi yang baik, tapi besok sebelum berangkat, kami akan lakukan PCR lagi,” ujar eks Plt Gubernur Jawa Barat ini.

3. Optimistis bisa lolos dari fase grup Piala Asia Wanita 2022

Piala Asia 2022, Ketum PSSI Ingatkan Timnas Wanita Taat ProkesKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan sambutan dalam laga pembuka BRI Liga 1 2021/2022. (Pssi.org)

Lebih jauh, Iriawan optimistis Timnas Indonesia Wanita bisa menorehkan sejarah di Piala Asia Wanita 2022. 

“Kami bisa lihat tadi penampilan mereka, semakin hari, baik performa, skill, disiplin, fisik, dan taktik, oemain semakin bagus. Umpan-umpan mereka juga semakin akurat. Kita harapkan jelang keberangkatan besok, pemain dalam keadaan prima agar bisa menampilkan yang terbaik,” kata Iriawan.

Pelatih Timnas Indonesia Wanita, Rudy Eka Priyambada, memboyong 23 pemain pilihannya ke India. Selain Zahra, beberapa pemain anyar, seperti Remini Rumbewas, Marsela Yuliana Awi, hingga Pani Tri Oktavianti juga dibawa dan diberi kesempatan dalam turnamen kali ini. 

Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala Asia 2022 bersama tim kuat Australia, Thailand, dan Filipina dalam ajang yang digelar di India pada 20 Januari-6 Februari 2022. Zahra Muzdalifah dkk. akan terlebih dulu menghadapi tim favorit juara yang dihuni bintang dunia, Sam Kerr pada 21 Januari 2022.

Baca Juga: 4 Pemain Timnas Indonesia yang Dilarang Main Bawa Tas Belanja

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya