Piala Dunia U-20 Batal, Timnas U-19 Tetap TC di Spanyol

Timnas U-19 disiapkan untuk mentas di Piala AFC U-19

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia U-20 2021 dipastikan batal, tapi ajang tersebut akan tetap dihelat di Indonesia pada 2023. Hal itu berdampak pada Timnas U-19, karena mereka gagal tampil di hajat sepak bola terakbar dunia kelompok usia tersebut.

Walau tak jadi mentas di Piala Dunia U-20, agenda tim besutan Shin Tae-yong yang sudah direncanakan bakal tetap berjalan. Hal itu menjamin jika rencana pemusatan latihan (TC) skuat Garuda Muda di Spanyol pada Desember 2020-Januari 2021 tetap digelar.

"Tetap jadi berangkat ke Spanyol. Sesuai dengan yang sudah dipersiapkan, karena masih ada event Piala AFC U-19 Uzbekistan," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri kepada IDN Times, Sabtu (26/12/2020).

1. Timnas U-19 fokus ke Piala AFC U-19

Piala Dunia U-20 Batal, Timnas U-19 Tetap TC di SpanyolLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Ditundanya kompetisi selama dua tahun ke depan, membuat Timnas U-19 yang diisi Beckham Putra Nugraha dan kolega bakal bersiap menuju Piala AFC 2021 saja. Sebagai gantinya, Timnas U-16 yang saat ini dipegang Bima Sakti kemungkinan besar bisa tampil di ajang tersebut, karena usia para pemainnya masih di bawah 16 tahun.

Gagalnya mereka mentas di Piala Dunia U-20 ini tentunya memberikan dampak terhadap Timnas U-19. Namun bagi pemain yang usianya berada di bawah 20 tahun pada 2022 nanti, masih ada peluang mentas di Piala Dunia U-20, dengan catatan Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFC.

Indra Sjafri enggan berbicara lebih jauh terkait ada atau tidaknya perubahan dalam program latihan mereka.

"Terkait masalah program latihan, lebih baik tanya langsung ke pelatih," ujar mantan juru taktik Bali United tersebut.

Baca Juga: Pengamat: Piala Dunia U-20 Ditunda, Berkah buat PSSI

2. Shin Tae-yong sudah tentukan 30 pemain yang ikut TC di Spanyol

Piala Dunia U-20 Batal, Timnas U-19 Tetap TC di SpanyolLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong sendiri sudah mengumumkan 30 nama pemain yang dibawa ke Spanyol untuk menjalani TC. Hampir sebagian besar nama yang ikut, mayoritas pemain-pemain yang juga sudah ikut TC sejak 13 November 2020.

Beberapa nama lagi merupakan pemain yang mentas di luar negeri. Mereka adalah Witan Sulaeman (Radnik Surdulica), Elkan Baggott (Ipswich Town), dan Kelana Noah Mahessa (Bonner SC).

Nantinya, tiga pemain ini akan menyusul ke Spanyol dari negara mereka masing-masing. Ketiganya juga akan langsung berbaur bersama pemain lain di Spanyol nantinya.

3. Shin Tae-yong ungkap alasan panggil 30 pemain ke Spanyol

Piala Dunia U-20 Batal, Timnas U-19 Tetap TC di Spanyol

Shin mengungkapkan, alasannya memilih 30 pemain yang diberangkatkan ke Negeri Matador berdasarkan penilaiannya selama TC di Jakarta. Di Spanyol nanti, Timnas U-19 akan menjalani beberapa uji tanding sampai 31 Januari 2021.

"Kami memilih 30 pemain untuk dibawa ke Spanyol. Pemain saat ini dalam kondisi bagus dan terus mengalami perkembangan yang positif setiap harinya. Saya yakin selama di Spanyol, fisik, teknik, dan permainan timnas U-19 akan makin meningkat," kata Shin Tae-yong, dilansir situs resmi PSSI.

Baca Juga: Inilah 30 Pemain Timnas U-19 yang Dibawa Shin Tae-yong ke Spanyol

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya