Piala Eropa 2020 Pecahkan Rekor Gol Bunuh Diri

Gol bunuh diri di Euro 2020 berpotensi bertambah

Jakarta, IDN Times - Piala Eropa 2020 memang baru menyelesaikan matchday kedua babak penyisihan. Namun, sudah terdapat beberapa rekor baru yang pecah di ajang empat tahunan ini, salah satunya soal jumlah gol bunuh diri.

Total, sudah ada lima gol bunuh diri yang terjadi hingga 24 laga yang terjadi di fase ini. Jumlah tersebut memecahkan rekor catatan gol bunuh diri yang terjadi di Piala Eropa edisi sebelumnya, yakni tiga gol.

Catatan tersebut berpotensi terus bertambah di ajang ini. Maklum, selain 14 laga sisa di matchday ketiga, masih ada duel panas lainnya yang bakal terjadi di babak 16 besar, perempat final, semifinal, hingga babak final.

Baca Juga: [BREAKING] Diwarnai Hujan Gol, Jerman Pecundangi Portugal

1. Demiral jadi pemain pertama yang melakukan gol bunuh diri di Piala Eropa

Piala Eropa 2020 Pecahkan Rekor Gol Bunuh DiriPiala Eropa 2020 Diwarnai Hujan Gol Bunuh Diri. (Goal International).

Gol bunuh diri pertama dicatatkan oleh pemain Turki, Merih Demiral saat timnya bentrok dengan Italia di laga pembuka Piala Eropa 2020. Bek andalan Juventus itu tak sengaja memasukkan bola ke gawangnya sendiri, setelah berusaha membuang bola. Dalam laga tersebut Turki pun harus mengakui keunggulan Italia dengan skor 3-0.

Selanjutnya, pemain Juventus lain juga melakukan gol bunuh diri di Piala Eropa 2020. Kiper Polandia, Wojciech Szczesny mencatatkan hal tersebut saat timnya ditumpas Slovakia dengan skor 1-2.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Portugal di Turnamen Piala Eropa 2020, Siapa Saja?

2. Portugal jadi tim terbanyak yang melakukan gol bunuh diri

Piala Eropa 2020 Pecahkan Rekor Gol Bunuh DiriPiala Eropa 2020 Diwarnai Hujan Gol Bunuh Diri. (sportsmole.co.uk).

Pada laga penutup matchday pertama, giliran Jerman yang tercatat melakukan gol bunuh diri di Piala Eropa 2020. Pemain yang melakukan hal tersebut adalah Mats Hummels. Berusaha menghalau bola sepakan pemain Prancis, ia malah mengarahkan bola ke gawang sendiri. Gol itu pun membuat Jerman kalah 1-0 dari Les Blues.

Teranyar, dua pemain Portugal, yakni Ruben Dias dan Raphael Guerreiro yang melakukan gol bunuh diri. Dalam laga tersebut, Portugal pun harus mengakui keunggulan Jerman dengan skor 2-4.

3. Ronaldo buat dua rekor

Piala Eropa 2020 Pecahkan Rekor Gol Bunuh DiriCristiano Ronaldo bersama Timnas Portugalgoal.com

Selain rekor gol bunuh diri, catatan lain sempat diraih mega bintang paling fenomenal Cristiano Ronaldo. Tak main-main, ia berhasil membuat dua catatan apik di Piala Eropa edisi kali ini.

Yang pertama, Brace Ronaldo saat melawan Hungaria dan satu gol ke gawang Jerman, membuat dirinya didapuk sebagai topskor sepanjang masa Piala Eropa. Ia mengoleksi 12 gol melewati catatan milik Michel Platini, sembilan gol. Catatan itu berpotensi terus bertambah, terlebih Portugal masih punya peluang lolos ke babak gugur.

Selain itu, Ronaldo juga tercatat sebagai pemain yang paling banyak tampil bagi negaranya dalam gelaran Piala Eropa. Total ia sudah tampil bersama Portugal di ajang ini dalam lima edisi, yakni pada 2004, 2008, 2012, 2016, dan 2021. 

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Gol Bunuh Diri Mats Hummels Catat Rekor Baru

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya