Comscore Tracker

Piala Eropa: Lawan Slovakia, Lewandowski Jadi Kartu AS Polandia

Polandia juga bisa mengandalkan Piatek

Jakarta, IDN Times - Polandia bakal memulai kiprah mereka di Piala Eropa 2020 dengan menghadapi Slovakia di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia, Senin (14/6/2021) pukul 23.00 WIB. 

Lewandowski paling menjadi sorotan dalam duel kali ini. Maklum, dia adalah striker kelas dunia. Sehingga tak berlebihan jika Polandia sangat mengandalkannya. Apalagi rekam jejaknya bersama Bayern Munich sangat istimewa.

Hanya saja Slovakia bukan tim sembarangan. Buktinya, mereka juga tercatat bisa lolos ke 16 besar dalam ajang serupa pada 2016. Hal itu membuktikan bahwa Slovakia punya potensi jadi mimpi buruk Polandia.

1. Tak bisa selalu mengandalkan Lewandowski

Piala Eropa: Lawan Slovakia, Lewandowski Jadi Kartu AS Polandiabundesliga.com

Polandia tak bisa terus mengandalkan Lewandowski. Pasti setiap tim yang berhadapan dengan mereka bakal mewaspadai penyerang berusia 32 tahun tersebut. Walhasil, Polandia juga punya kans besar sulit mencetak gol jika hanya tergantung pada satu orang saja.

Butuh alternatif lain untuk bisa memberikan kejutan lain untuk Slovakia. Dan, Polandia punya modal bagus untuk melakukan itu. Mereka punya sosok penyerang muda yang bisa diandalkan sekali untuk membongkar pertahanan Slovakia. Dia adalah Krzysztof Piatek.

Catatan golnya bagi Polandia di babak kualifikasi adalah empat gol. Torehannya itu hanya kalah dua angka saja dari Lewandowski yang mencetak enam gol.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Polandia Berharap Tuah Lewandowski

2. Paulo Sousu punya beban berat

Piala Eropa: Lawan Slovakia, Lewandowski Jadi Kartu AS PolandiaTwitter.com/EURO2020

Pelatih Polandia, Paulo Sousu, yang baru saja masuk pada Januari 2021 ini, sedikit mendapat tekanan. Terlebih, asa para pendukung Polandia untuk melihat negaranya bisa meraih prestasi tinggi di Piala Eropa 2020 sangat besar. Walau tak menjanjikan sesuatu, Paulo menggaransi bakal memberikan 100 persen untuk tim yang dinakhodainya itu.

“Ini seperti tanggung jawab besar karena saya bukan seperti orang Polandia. Saya ingin membuat mereka (masyarakat) bangga. Kami pastikan, setiap akan maksimal untuk mengeluarkan segenap kekuatan kami,” ujar pelatih asal Portugal itu dikutip laman resmi UEFA.

3. Slovakia siap buktikan jadi tim yang mesti diwaspadai

Piala Eropa: Lawan Slovakia, Lewandowski Jadi Kartu AS PolandiaMarek Hamsik (skysports.com)

Sementara, Slovakia yang mengandalkan Marek Hamsik bakal berusaha keras untuk melawan ancaman Polandia. Pelatihnya Stevan Tarkovic pun mewaspadai kekuatan Polandia besutan Paulo. Walhasil, beberapa analisis pun dilakukan untuk bisa meredam strategi Paulo di lapangan.

Ia pun tak masalah dengan walau timnya tak begitu diunggulkan saat bersua Polandia. Hal itu membuat timnya bisa tampil lebih lepas. Ia juga bakal membuktikan jika Slovakia punya kekuatan menakutkan di Piala Eropa 2020. 

“Saya sangat senang jika meninggalkan lapangan dengan perasaan senang. Kami bakal menunjukkan kepada para suporter kami bisa. Semua tim sangat siap dan termotivasi meraih kemenangan di sini. Ini jadi tantangan besar yang harus kami jawab,” tukas dia.

Baca Juga: Termasuk Dybala, 5 Pesepak Bola Top Ini Punya Garis Keturunan Polandia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya