Comscore Tracker

Piala Indonesia, Fasilitas bagi Klub Menuju Kompetisi Tahun 2019

s

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) secara resmi telah merilis jadwal babak 32 besar Piala Indonesia 2018/2019 yang mulai digelar pada 22 Januari-6 Februari 2019 mendatang. Semua peserta yang tampil bisa memanfaatkan turnamen tersebut sebagai ajang persiapan menuju kompetisi musim depan.

Pasalnya, PSSI membuat regulasi khusus untuk turnamen yang baru digelar usai terhenti sejak 2012 lalu. Untuk babak 32 besar kali ini PSSI memberikan kelonggaran untuk setiap tim mendaftarkan pemain barunya.

"Jadi, pemainnya itu boleh untuk tidak mengikuti regulasi pemain yang kemarin di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 pada regulasi 2018 lalu. Jadi akan keluar regulasi baru, pemain boleh didaftarkan sebanyak 30 orang dengan setiap babak di 16 besar dan 8 besar itu boleh melakukan pergantian pemain sebanyak tujuh orang," kata Tisha di sela-sela undian babak 32 besar Piala Indonesia di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (9/1).

1. PSSI buat regulasi pergantian tujuh pemain di Piala Indonesia

Piala Indonesia, Fasilitas bagi Klub Menuju Kompetisi Tahun 2019IDN TImes/Ilyas Listianto Mujib

Perempuan berusia 32 tahun itu menambahkan, jika dihitung, ada 23 pemain yang tetap terdaftar hingga babak final. Namun, di babak 16 besar dan 8 besar klub boleh mengganti maksimal tujuh pemainnya.

Hal tersebut dirasa pihak PSSI sangat penting untuk semua klub guna melakukan persiapan sebelum kompetisi musim selanjutnya dimulai kembali. Jadi klub bisa melakukan uji coba dengan baik, bisa juga turut meramaikan sepakbola yang ada di daerah dan seleksi yang ada di daerah.

Baca Juga: PSSI Siapkan Sanksi Buat Klub yang Mundur dari Piala Indonesia 

2. Tim Liga 1 baik yang degradasi maupun promosi bisa menggunakan legiun asing

Piala Indonesia, Fasilitas bagi Klub Menuju Kompetisi Tahun 2019Twitter.com/PSM_Makassar (Ahmad Alia)

Sementara itu, untuk penggunaan legiun asing sendiri, PSSI juga memperbolehkan hal yang sama. Hanya, hal itu berlaku bagi klub-klub yang tampil di kasta tertinggi. Sedangkan untuk klub-klub Liga 2 dan Liga 3 yang masih tampil di babak 32 besar
tak bisa menggunakan pemain asing.

"Sedangkan, untuk pemain asing dari tim yang terdegradasi di Liga 1 itu boleh mendaftarkan pemain asing yang telah disahkan sebelumnya di Liga 1 2018. Untuk klub yang promosi ke Liga 1 dari Liga 2, diperbolehkan untuk mencoba pemain asingnya di turnamen ini," ujar perempuan jebolan Institut Teknologi Bandung itu.

3. Piala Indonesia nampaknya dimanfaatkan untuk persiapan lantaran Piala Presiden yang belum tentu akan digelar

Piala Indonesia, Fasilitas bagi Klub Menuju Kompetisi Tahun 2019pssi.org

Semua dilakukan PSSI agar semua klub bisa memanfaatkanya sebagai ajang seleksi pemain juga. Apalagi, tim-tim di Liga 1 pasti banyak mencoba pemain asing untuk kompetisi musim depan. Wajar jika kali ini PSSI membuat aturan seperti itu.

Apalagi, belum ada kepastian juga tahun ini akan digelar turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena sejauh ini belum ada informasi resmi terkait turnamen tersebut, padahal biasanya di awal tahun panitia pelaksana sudah mempersiapkannya.

4. AFC akan pantau langsung Piala Indonesia

Piala Indonesia, Fasilitas bagi Klub Menuju Kompetisi Tahun 2019pssi.org

Usai kembali dihelat setelah tujuh tahun rehat, AFC kemungkinan juga akan meninjau langsung turnamen yang kembali dihidupkan oleh PSSI ini. Sebab, kata Tisha, hasil turnamen ini juga akan jadi penilaian AFC untuk menentukan klub yang mewakili Indonesia di kompetisi Asia.

"Nanti kita lihat apakah di babak 32 besar ataupun nanti ketika sudah 16 besar dikarenakan ini nantinya klub juaranya harus juga mengikuti aturan yang ada, yakni AFC club licensing untuk bisa mewakili indonesia di Piala AFC 2020," tukasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Ini Hasil Undian Babak 32 Besar Piala Indonesia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You