Piala Menpora 2021: Persib Punya Modal Bagus Bikin PSS Merana

Dejan Antonic sebetulnya tak mau PSS bertemu Persib

Jakarta, IDN Times - Persib bakal bersua PS Sleman pada babak semifinal Piala Menpora 2021. Keduanya bakal bentrok pada leg pertama yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Jumat (16/4/2021).

Menilik peluang siapa yang bakal menang, kedua tim punya kans yang sama. Walau PSS diuntungkan lantaran tampil di kandangnya, Persib juga tak bisa disepelekan. 

Skuat yang tak berubah banyak membuat Persib tampil cukup baik sejak penyisihan. Mereka bahkan tak terkalahkan sejak babak penyisihan turnamen pramusim ini digelar.

Berbeda dengan PSS yang melakukan perombakan besar di susunan pemainnya. Mereka bahkan diperkuat mantan pemain Persib dan legiun asing anyar yang baru bergabung jelang turnamen di gelar.

Baca Juga: Potensi Persija Vs Persib di Final Piala Menpora, Yakin Aman

1. Persib mendominasi duel dengan PSS

Piala Menpora 2021: Persib Punya Modal Bagus Bikin PSS MeranaPemain Persib, Geoffrey Castillion. persib.co.id

Menilik statistik pertemuan, kedua tim sudah 13 kali saling sikut di lapangan hijau. Persib masih mendominasi dengan delapan kemenangan. Sementara, PSSI hanya bisa mencuri dua kemenangan, karena tiga laga sisa berakhir imbang.

Teranyar, Persib mampu melumat skuat Elang Jawa di Liga 1 2020, sebelum diberhentikan akibat pandemik. Mereka mampu menang dengan skor 2-1 lewat gol Geoffrey Castillion dan Wander Luiz.

Tanpa melihat keuntungan statistik secara psikologis, Persib seharusnya berhati-hati dengan calon lawannya. Terlebih, tiga mantan saat ini menjadi bagian dari PSS, yakni Fabiano Beltrame, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Dejan Antonic.

Mereka sedikit banyak sudah tahu dapur Persib. Jika menyepelekan, bisa saja dengan mudah mereka membuat strategi Persib yang diusung Robert Alberts tak berjalan dengan baik.

2. Punya kartu truf kalahkan skuat Elang Jawa

Piala Menpora 2021: Persib Punya Modal Bagus Bikin PSS MeranaWander Luiz/persib_official

Tapi tak usah terlalu khawatir, Maung Bandung juga punya kartu truf yang bikin PSS takut. Saat ini Persib diisi tiga orang yang pernah membobol gawang mereka. Setidaknya, kehadiran mereka bisa membuat PSS ekstra hati-hati.

Dalam dua tahun terakhir Erwin Ramdani, Victot Igbonefo dan Wander Luiz acap kali membobol gawang PSS. nama terakhir bahkan bisa membobol gawang klub tersebut sebanyak dua kali.

Gol pertama pemain asal Brasil tersebut tercipta pada laga persahabatan di Stadion Sultan Agung Yogyakarta, 17 Februari 2020. Sedangkan gol kedua, Wander lahir saat Persib menang 2-1 pada lanjutan Liga 1 2020 di Stadion Si Jalak Harupat, 15 Maret 2020.

Namun, ia dipastikan absen di laga nanti. Ia terkena kartu merah di laga perempat final melawan Persebaya beberapa waktu lalu.

3. Lini depan Persib produktif

Piala Menpora 2021: Persib Punya Modal Bagus Bikin PSS MeranaEzra Walian (kiri) saat berusaha merebut bola. (Instagram/@persib).

Namun Persib masih punya Igbonefo dan Erwin. Pemain asli binaan Persib, Erwin malah punya kenangan manis saat bersua PSS. Ia mampu mencetak gol pertama untuk Persib dalam laga itu.

Selain itu, golnya juga membuat Persib mampu mengakhiri putaran pertama dengan baik. Gol semata wayang Erwin berhasil membawa Maung Bandung menang 1-0 atas PSS di laga terakhir putaran pertama Liga 1 2019.

Frets Butuan, yang saat ini jadi topskor klub, sama dengan Ezra Walian yang mencetak dua gol, bisa jadi senjata juga untuk mengalahkan PSS. Lini depan Persib pun masih cukup berbahaya dan bisa membuat lini belakang PSS porak-poranda denga kehadirannya.

4. Dejan Antonic sebetulnya tak mau bersua Maung Bandung

Piala Menpora 2021: Persib Punya Modal Bagus Bikin PSS MeranaIDN Times/Galih Persiana

Pelatih PSS, Dejan Antonic sebetulnya tak terlalu berharap bertemu Persib di babak semifinal. Jika harus memilih, ia ingin anak asuhnya bentrok dengan PSM atau Persija saja. Ada ikatan emosional yang membuatnya berpikir seperti itu.

"Lawan Persib bakal menjadi pertandingan yang berat bagi saya pribadi. Bandung sudah seperti rumah sendiri buat saya. Persib dan Bobotoh juga begitu saya hormati,” kata Dejan Antonic dalam sesi konferensi pers, Kamis (15/4/2021).

Namun demikian, ia bakal tetap bekeja keras membawa timnya meraih kemenangan. Ia tetap bakal profesional dan siap membuat Persib bertekuk lutut dalam duel nanti.

Sementara Pelatih Persib, Rober Alberts memilih santai. Ia sudah senang anak asuhnya bisa bertahan di turnamen ini, karena Persib bisa terus menambah menit bermain untuk persiapan kompetisi resmi.

Pelatih asal Belanda itu pun memastikan duel Persib PSS bakal berjalan menyenangkan. Ia pun menyebut target Febri Hariyadi dan kolega adalah bermain terus di ajang ini. Hal itu menyiratkan jika Persib bakal tampil habis-habisan demi meraih hasil di babak final.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Semifinal Piala Menpora: PSM vs Persija, Persib vs PSS

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya