Comscore Tracker

Prediksi Tottenham Hotspurs vs Liverpool: Potensi Terjadi Badai Gol

Liverpool unggul head to head atas Liverpool

Jakarta, IDN Times - Pertemuan Tottenham Hotspurs dengan Liverpool belakangan selalu diwarnai dengan hujan gol. Duel keduanya di partai puncak Liga Champions 2018/2019 yang digelar di Wanda Metropolitano, Madrid pada Minggu (2/6) dini hari WIB, sepertinya tak akan jauh berbeda.

Tengok saja catatan pertemuan kedua tim dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Lahir 41 gol dalam 13 laga, alias 3,15 gol per pertandingan. Skor terbesar adalah 5-0 buat kemenangan Liverpool di Stadion Anfield pada Desember 2013.

Hasil dengan skor besar berpeluang terjadi. Liverpool rata-rata membuat dua gol setiap memainkan laga di kompetisi antar klub tertinggi di daratan Eropa tersebut sejak tahun 2019. Sadio Mane (3 gol), Virgil Van Dijk (2 gol), Firminho (2 gol), Divock Origi (2 gol), Wijnaldum (2 gol), dan Naby Keita (1 gol) merupakan gol dalam lima laga terakhir Liverpool.

Angka-angka itu menandakan The Reds --julukan Liverpool-- punya daya ledak besar saat manggung dalam partai penentuan nanti. Data tersebut membuat pertahanan Spurs bisa terancam sepanjang laga, walau kekuatan kedua tim kali ini relatif setara.

Baca Juga: Ambisi Eriksen Hapus Julukan 'Spursy' untuk Tottenham Hotspurs

1. Spurs agak kesulitan jika bersua Liverpool di lapangan hijau

Prediksi Tottenham Hotspurs vs Liverpool: Potensi Terjadi Badai GolExpress.co.uk

Namun demikian, Sadio Mane dan kolega pantas diunggulkan dalam duel kali ini. Maklum, secara keseluruhan Liverpool masih unggul di atas Spurs. Dari 170 kali pertemuan kedua tim, Liverpool menang 79 kali dan Spurs menang 48 kali. Di level Eropa, keduanya hanya bertemu sekali di semifinal UEFA Cup 1972/73. Liverpool berhasil menyingkirkan Spurs.

Di Premier League musim ini, seluruh duel pun berhasil dimenangkan Liverpool dengan skor sama, yakni 2-1 baik ketika tampil di kandang maupun tandang. Dengan kata lain, dianalisis dari tren tersebut, Spurs bisa dibilang kesulitan jika bertemu klub asal Kota Pelabuhan, Merseyside tersebut.

2. Klopp berbicara tentang keberuntungan

Prediksi Tottenham Hotspurs vs Liverpool: Potensi Terjadi Badai GolSky Sports

Akankah Liverpool kembali melanjutkan dominasinya atas Spurs? Bisa jadi tidak, mengingat status laga yang dijalani adalah final. Hal itulah yang jadi perhatian dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp saat memimpin timnya berhadapan dengan Spurs besok.

"Pertandingan melawan Spurs musim ini (Premier League) kami memang dua kali menang dengan skor sama 2-1. Tapi, tak ada keuntungan sebelum pertandingan dimulai, kami dapat berjuang untuk memenangkan peluang di pertandingan besok, hanya untuk besok. Tidak pada saat ini." kata Klopp dalam sesi konferensi pers, (1/6) WIB, dilansir dari BBC Sport.

Pelatih asal Jerman itu pun mencoba melupakan hasil pahit yang diraihnya bersama dua klub berbeda pada babak final di kompetisi serupa tahun 2012 (Borussia Dortmund) dan 2017 (Liverpool). Menurut dia, terkadang keberuntungan dapat diraih, layaknya ia membawa dua klub ke babak final.

"Terkadang semua diraih karena faktor keberuntungan, tetapi dalam tujuh tahun terakhir saya pemegang rekor dunia dalam memenangkan babak semifinal," beber dia. Akan tetapi, lanjut Klopp, dirinya adalah manusia normal, di mana ada waktunya sial dan beruntung. Sehingga, keberuntungan akan datang sesuai waktunya.

3. Pochettino enggan terpengaruh masalah statistik yang tak berpihak kepada Spurs

Prediksi Tottenham Hotspurs vs Liverpool: Potensi Terjadi Badai Golreuters

Sementara sang lawan, tak akan terpaku pada statistik pertemuan yang tak berpihak dalam beberapa waktu ke belakang ini. Pochettino mengungkapkan, Spurs telah menunjukkan hal positif sejak musim ini digelar. Hal itu dapat di lihat dari laga-laga krusial yang berhasil dimenangkan Spurs.

"Kami menjadi sangat kuat sejak awal musim ini. Kita semua bisa melakukan semuanya, asal Anda percaya, jika Anda bekerja keras, Anda bisa berhasil," tutur Pochettino.

4. Pochettino: Kami harus bermain dengan kebebasan

Prediksi Tottenham Hotspurs vs Liverpool: Potensi Terjadi Badai GolInstagram

Jauh lebih penting dari sekadar data-data statistik dalam sepak bola, pelatih berusia 47 tahun itu menyebut bahwa menetapkan standar bermain dan tampil lepas jadi hal lebih berguna. Apalagi, jika itu digunakan untuk menuju pertandingan besar seperti babak final.

"Kami harus bermain dengan kebebasan, ketika kami bermain sebagai anak yang diberi kebebasan, tak berpikir ada satu miliar orang di dunia memperhatikanmu. Dengan saling membantu, komunikasi yang baik di lapangan, itu akan menjadi kunci keberhasilan kami," tukas dia.

5. Perkiraan susunan pemain dan rekor pertemuan

Prediksi Tottenham Hotspurs vs Liverpool: Potensi Terjadi Badai Golstadiumastro.com

Perkiraan susunan pemain

Tottenham (4-3-1-2): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, Rose; Christian Eriksen,  Victor Wanyama, Delle Alli; Lucas Moura, Harry Kane. 

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Alexander-Arnold, Virgil Van Dijk, Matip, Andrew Robertson; Georgino Wijnaldum, Fabinho, Jordan Henderson; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Rekor pertemuan

31/03/19     Liverpool FC                     2 - 1    Tottenham Hotspurs 
15/09/18     Tottenham Hotspurs      1 - 2     Liverpool FC
04/02/18     Liverpool FC                     2 - 2    Tottenham Hotspurs
22/10/17     Tottenham Hotspurs      4 - 1     Liverpool FC
12/02/17     Liverpool FC                     2 - 0    Tottenham Hotspurs 

Topic:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya