Premier League Gelar Tes COVID-19 Keenam, Tak Ada Kasus Positif

Premier League bakal digelar mulai 17 Juni 2020

Jakarta, IDN Times - Rencana menggelar kembali Premier League pada 17 Juni 2020 sepertinya tidak akan menghadapi hambatan. Sebab hasil tes COVID-19 yang dilakukan terhadap pemain, pelatih, staf menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Pada tes yang dilakukan terhadap 1.195 pemain dan staf pada 4-5 Juni 2020 misalnya tidak ada satu pun yang terindikasi terinveksi virus corona. Ini adalah tes tahap keenam yang dilakukan terhadap para pemain, pelatih, dan staf.

"Liga Premier dapat mengonfirmasi bahwa pada Kamis 4 Juni dan Jumat 5 Juni, 1.195 pemain dan staf klub diuji untuk COVID-19. Dari jumlah tersebut, nol telah dinyatakan positif," tulis pernyataan resmi Premier League.

1. Premier League mencatatkan 13 kasus positif COVID-19 dalam pengujian yang sudah dilakukan enam kali

Premier League Gelar Tes COVID-19 Keenam, Tak Ada Kasus Positifinstagram.com/premierleague

Sebelumnya, melalui tes pertama yang berlangsung pada 17-18 Mei lalu, enam orang dinyatakan positif terjangkit wabah berbahaya itu dari 748 sampel yang dilakukan. Setelah itu, tes kedua ada dua kasus positif dan tes ketiga memastikan empat dari 1.008 orang yang melakukan tes dinyatakan positif.

Pada tes keempat, tak ada kasus baru yang menghinggapi staf atau pemain yang masuk skuat kontestan Premier League. Hingga pengujian virus corona setelahnya kembali ditemukan satu kasus positif dari 1.197 orang sample. Satu orang dari Tottenham Hotspur dinyatakan positif terjangkit COVID-19 saat diumumkan Premier League secara resmi.

Dari lima gelombang tes tersebut, ada total 13 kasus positif COVID-19.

2. Liga Premier tranparan memaparkan hasil tes, namun tak menyebut detail sepesifik orangnya

Premier League Gelar Tes COVID-19 Keenam, Tak Ada Kasus Positifpremierleague.com

Melihat grafik tersebut, Premier League dan klub semakin optimistis bisa melanjutkan kompetisi musim ini. Apalagi, semua protokol kesehatan yang diberlakukan sudah dilakukan, termasuk dalam tranparansi hasil pengujian setiap individu yang bakal terlibat dalam pertandingan.

"Liga Premier menyediakan informasi agregat ini untuk tujuan integritas dan transparansi kompetisi," kata demikian pernyataan  penyelenggara Premier League. "Tidak ada detail spesifik mengenai klub atau individu yang akan disediakan oleh Liga dan hasilnya akan diumumkan kepada publik setelah setiap putaran.".

3. Manchester City vs Arsenal jadi pembuka Project Restart Premier League

Premier League Gelar Tes COVID-19 Keenam, Tak Ada Kasus Positifsportskeeda.com

Premier League rencananya akan kembali menggulirkan kompetisi pada 17 Juni mendatang dengan menyajikan duel Manchester City kontra Arsenal serta beberapa laga lainnya.

Namun jika ada pemain Manchester City atau Arsenal, dan Aston Villa atau Sheffield United, hasil tesnya positif, dipastikan mereka harus tersingkir dari tim saat memulai pertandingan masing-masing tim yang dijadwalkan tampil perdana pada 17 Juni 2020.

Aturan 'Project Restart' memang mengharuskan pemain yang mendapatkan hasil tes positif untuk menjauh dari aktivitas grup selama 14 hari, atau sampai hasil tes berubah negatif.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Liga Inggris, Serie A, dan La liga Hari Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya