Comscore Tracker

Premier League Izinkan Klub Peserta Gunakan 5 Kali Pergantian Pemain

Project restart Premier League dimulai 17 Juni 2020

Jakarta, IDN Times - Klub-klub Premier League menggelar pertemuan lagi pada Kamis (4/6) waktu setempat. Mereka bakal melakukan tahap finalisasi persiapan untuk Project Restart yang diusulkan bakal dimulai pada 17 Juni 2020 mendatang.

Sebelumnya, pengujian virus corona mengungkapkan hanya satu kasus positif dari 1.197 tes kelima yang dilakukan Premier League. Hal itu mengindikasikan jika kemungkinan besar Liga Inggris bisa digelar lagi sesuai rencana, tapi masih ada banyak hal yang perlu dibahas untuk mempersiapkan kick off.

Mereka bakal membahas hal-hal teknis dalam pertandingan saat kompetisi akan dijalankan, seperti venue pertandingan, apakah pemain baru bisa didaftarkan, memperbanyak jumlah pemain dalam daftar pertandingan, menambah kuota pergantian pemain, sampai status VAR dalam pertandingan.

1. Enam pertandingan digelar di tempat netral

Premier League Izinkan Klub Peserta Gunakan 5 Kali Pergantian Pemainscmp.com

Pimpinan polisi khusus Inggris untuk sepak bola mengatakan, pekan lalu bahwa enam pertandingan dapat dimainkan di tempat-tempat netral. Masalah itu pun akan dibahas lagi antara klub-klub Liga Inggris.

Jadwal yang akan dipindahkan ke tempat netral adalah pertandingan antara Manchester City vs Liverpool, Manchester City vs Newcastle, Manchester United vs Sheffield United, Newcastle vs Liverpool, Everton vs Liverpool, dan pertandingan di mana Liverpool bisa mengamankan gelar.

Baca Juga: Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?

2. Klub ingin banyak menggelar pertandingan di kandang mau pun tandang dibanding tempat netral

Premier League Izinkan Klub Peserta Gunakan 5 Kali Pergantian Pemaincorrieredellosport.it

Namun demikian, Premier League dan klub-klub menginginkan sebanyak mungkin pertandingan dimainkan di kandang dan tandang jika memungkinkan. Sedangkan, daftar pertandingan saat ini yang berpotensi dimainkan di tempat-tempat netral tetap dalam peninjauan harian oleh polisi.

"Mereka (polisi) memiliki kekhawatiran yang sah, tetapi kami pikir kami dapat mengurangi beberapa masalah yang mereka coba atasi. Pada akhirnya kami ingin musim dimainkan di lapangan dan kami sedang mendiskusikan sejumlah opsi untuk membuat itu seadil mungkin," kata kata Pimpinan polisi khusus Inggris untuk sepak bola, Mark Roberts dikutip Sky Sport.

3. Pergantian pemain bisa dilakukan sebanyak lima kali

Premier League Izinkan Klub Peserta Gunakan 5 Kali Pergantian Pemainsportskeeda.com

FIFA dan IFAB mengatakan tim bisa melakukan lima pengganti dalam saat menyelesaikan musim ini, lebuh banyak dari yang biasa dilakukan pada kondisi normal. Hanya saja, beberapa klub menyatakan jika hal itu dirasa kurang adil, karena bakal memberikan keuntungan bagi klub yang lebih kaya yang dianggap memiliki pasukan lebih kuat.

Chelsea juga mengusulkan agar klub-klub bisa menambah jumlah pemain yang masuk daftar setiap pertandingan menjadi sembilan orang. Kini, Premier League resmi mengesahkan aturan bahwa di sisa Premier League, klub diperbolehkan melakukan 5 kali pergantian pemain. Dan juga, setiap klub boleh membawa 9 pemain di bangku cadangan.

Baca Juga: Premier League Dijadwalkan Mulai Lagi pada 17 Juni 2020, Ini Detailnya

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya