Comscore Tracker

Presiden Jokowi Setujui 6 Stadion Pilihan PSSI untuk Piala Dunia U-20

Proses revitalisasi stadion akan dikebut oleh pemerintah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara resmi menunjuk
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC). Penunjukkan berlangsung di rapat terbatas, Istana Negara Jakarta, Rabu (1/7).

Mereka pun langsung bergerak cepat menyiapkan segalanya, termasuk venue pertandingan. Melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), pemerintah sepakat mengenai enam stadion rekomendasi PSSI kepada FIFA yang bakal dijadikan sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Jakabaring (Palembang), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

1. Pemerintah memutuskan untuk cepat memilih venue karena butuh waktu untuk merenovasi stadion yang digunakan

Presiden Jokowi Setujui 6 Stadion Pilihan PSSI untuk Piala Dunia U-20Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meninjau stadion Mandala Krida Yogyakarta. (IDN TImes/Tunggul Kumoro)

Zainudin Amali yang juga menjabat sebagai Menpora menyatakan bahwa penggunaan enam stadion tersebut sudah disampaikan langsung kepada Presiden Jokowi, Kementerian PMK, Kementerian PUPR, serta federasi sepak bola Indonesia yang diwakili Ketumnya Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dalam ratas.

"Terkait venue pertandingan sudah diputuskan, karena akan cukup lama jika menunggu keputusan FIFA, padahal stadion-stadion tersebut butuh waktu untuk direnovasi dan mengurus administrasi oleh kementerian PUPR. Sehingga, stadion yang dipilih ini nantinya tinggal disesuaikan dengan keputusan FIFA saja," ujar politisi Partai Golkar tersebut.

Baca Juga: Jokowi Bidik Timnas Tembus Babak Penyisihan Piala Dunia U-20 2021

2. Keputusan penggunaan venue Piala Dunia U-20 tetap berada di tangan FIFA

Presiden Jokowi Setujui 6 Stadion Pilihan PSSI untuk Piala Dunia U-20atimes.com

Namun, Zainudin memastikan bahwa keputusan penggunaan stadion nanti sepenuhnya berada di tangan FIFA. Sehingga, perubahan venue pertandingan nantinya sangat mungkin bisa terjadi jika FIFA memilih tempat lainnya untuk digunakan.

"Jika FIFA memutuskan untuk menunjuk stadion lainnya, pemerintah nantinya bakal menyesuaikan. Dari enam kan sudah ada empat, kalau diputuskan empat, ya terserah FIFA. Jadi, kami hanya mengerjakan," bebernya.

3. PSSI bertangung jawab menyiapkan tim untuk Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi Setujui 6 Stadion Pilihan PSSI untuk Piala Dunia U-20Pemain Timnas U-19 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum berlaga pada babak kualifikasi Piala AFC U-19.ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Sebelumnya, sempat muncul sebuah polemik lantaran Kemenpora merasa tak diberi tahu mengenai enam stadion yang diajukan PSSI untuk jadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021.

Terkait persiapan Timnas Indonesia, Zainudin menjelaskan bahwa urusan itu jadi tanggung jawab penuh PSSI. Walhasil, terkait pemusatan latihan (TC), uji coba, sampai try out semuanya dikembalikan kepada pemangku kebijakan di PSSI.

Baca Juga: Presiden Tunjuk Menpora Jadi Ketua Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya