Comscore Tracker

Preview Inggris vs Skotlandia: Pembuktian Ramalan Sir Alex Ferguson

"Tidak masalah bagi Skotlandia untuk mengalahkan Inggris."

Jakarta, IDN Times - Bagaimana pun, dengan nama besarnya, Sir Alex Ferguson tetap harus didengar, meski terkesan menyakitkan bagi Inggris. Sebab, mantan manajer Manchester United ini yakin Skotlandia bakal meruntuhkan Inggris di Stadion Wembley. 

Pada Jumat (18/6/2021), Inggris meladeni Skotlandia di Wembley dalam laga keduanya di Grup D Piala Eropa 2020. Inggris, yang kini menguasai puncak klasemen, diyakini Ferguson bakal tumbang di depan pendukungnya sendiri. 

“Skotlandia selalu bermain bagus melawan Inggris. Jadi, tidak masalah bagi Skotlandia untuk mengalahkan Inggris. Apalagi kemenangan tersebut harus dilakukan untuk memelihara peluang lolos ke putaran babak gugur,” kata Fergie, yang memang berdarah Skotlandia, dikutip Sport Witness

1. Kekuatan Inggris sudah sangat dikenali Skotlandia

Preview Inggris vs Skotlandia: Pembuktian Ramalan Sir Alex Fergusonpotret Calvert-Lewin dan Conor Coady bersama Timnas Inggris(shropshirestar.com)

Ferguson pastinya tidak asal ngoceh. Pada faktanya, pemain Skotlandia merupakan gabungan pemain yang merumput di Premier League Inggris dan Liga Skotlandia sehingga mudah bagi mereka untuk meraba akan seperti apa permainan Inggris meski The Three Lions menurunkan seluruh bintang yang ada. 

Faktor lain yang juga mesti dicermati ialah sisi motivasi yang dibawa Skotlandia ke Wembley, di mana pasukan Skotlandia ini berada dalam posisi harus meraih angka. Maklum, meski main dominan di laga pertama, mereka harus kalah dari Republik Ceko dengan skor 0-2.

Baca Juga: Jarang Tampil, 5 Pemain Ini Masuk Skuad Belgia di Piala Eropa 2020

2. Gareth Southgate dihantui gol mengesankan Skotlandia

Preview Inggris vs Skotlandia: Pembuktian Ramalan Sir Alex Fergusonskysports.com

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, memprediksi pertandingan tak akan berjalan mudah bagi timnya. Ia bahkan mengingat kejadian ketika Inggris bersua Skotlandia di kualifikasi Piala Dunia 2018 empat tahun silam. Kala itu Inggris ditahan imbang tuan rumah Skotlandia karena dua tendangan bebas Leigh Griffiths. 

Menurut dia, sepakan Griffiths bak mimpi buruk yang acap kali menghampirinya. Bahkan, ia mengaku sering memimpikan dua gol hebat Skotlandia itu. Hal itu bisa jadi membuat Inggris kesulitan. Terlebih, Skotlandia punya motivasi lebih jika bersua Inggris, apalagi ini di Piala Eropa 2020.

"Kami tahu tim mana pun dapat membobol tim Anda, mereka pasti punya momen-momen itu. Kondisi di mana gol berkualitas itu lahir, dapat direplikasi pula dalam laga nanti. Jadi kami harus bersiap untuk segalanya,” kata Southgate dikutip laman UEFA.

3. Steve Clarke akui kehebatan skuad The Three Lions, tapi...

Preview Inggris vs Skotlandia: Pembuktian Ramalan Sir Alex Fergusonguardian.ng

Sementara kubu Skotlandia enggan terbuai kenangan itu. Mereka tahu Inggris bakal lebih diunggulkan dalam duel itu. Terlebih, dalam lima pertemuan terakhir, mereka kalah empat kali dan hanya bisa meraih satu kemenangan. Hasil itu pun diraih sudah cukup lama, yakni pada 1999.

“Kami menghormati setiap lawan. Kami akan selalu bermain dan melakukan yang terbaik melawan mereka dan itu akan sama di sini. Apapun pengaruh di luar, termasuk di sisi kekuatan lawan, kita hanya bisa berkonsentrasi pada diri kita sendiri. Semua orang tahu besarnya pertandingan,” kata pelatih Skotlandia, Steve Clarke yang terkesan merendah.

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Tersingkir dari Skuad Timnas Inggris

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya