Comscore Tracker

Persib vs TIRA-Persikabo: Maung Siap Mengaum di Laga Tunda

RD anggap masalah Persib dan TIRA-Persikabo sama

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung akan menjalankan laga tunda kompetisi Shopee Liga 1 2019 dengan menjamu TIRA-Persikabo di Stadion Si Jalak harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/6). Laga diprediksi bakal berjalan alot lantaran di pertemuan sebelumnya Persib kesulitan.

Sebagaimana diketahui, pada pertemuan terakhir kedua tim, skuat Maung Bandung harus dipermalukan oleh tim besutan Rahmad Darmawan tersebut dengan skor 1-2 dalam ajang turnamen pra-musim bertajuk Piala Presiden 2019. Kala itu, Supardi Nasir dan kolega kewalahan meladeni permainan yang diperagakan Osas Saha dkk.

1. Persib sudah berbeda jika dibandingkan dengan skuat yang tampil di Piala Presiden lalu

Persib vs TIRA-Persikabo: Maung Siap Mengaum di Laga Tundapersib.co.id

Namun, hasil itu tentu tak bisa dijadikan patron bagi TIRA-Persikabo. Maklum, Persib kali ini berbeda dengan Persib yang sebelumnya tampil kurang meyakinkan di Piala Presiden. Sederet perubahan telah dilakukan, mulai dari pelatih, materi pemain, hingga gaya permainan yang ditunjukkan Persib di Liga 1 kali ini.

Beberapa pemain anyar masuk dan sedikit banyak mengubah permainan Persib, sebut saja Rene Mihelic, Artur Gevorkyan, dan Achmad Jufriyanto. Hal itu ditopang dengan masuknya pelatih gaek kenyang pengalaman, yakni Robert Rene Albert, yang membawa banyak perubahan positif bagi permainan Persib musim ini.

Baca Juga: [WAWANCARA] Rahmad Darmawan Targetkan PS Tira Persikabo Masuk 10 Besar

2. Pemain Persib sangat antusias menghadapi laga melawan TIRA-Persikabo

Persib vs TIRA-Persikabo: Maung Siap Mengaum di Laga Tundapersib.co.id

Jelas laga nanti bakal jadi ajang pembuktian Meneer Roberts untuk unjuk konsistensi timnya dalam menghadapi kompetisi yang masih panjang ini. Selain itu, kemenangan juga amat penting bagi Persib untuk menjaga selisih poin dengan tim-tim yang sudah terlihat perkasa seperti Madura United dan Bali United yang dalam tiga penampilannya tak pernah kalah.

Namun, apakah semangat bertanding pemain Persib tetap terjaga? Maklum laga ini dimulai usai dua kali mengalami penundaan sebelumnya. Tentu, mereka juga akan butuh adaptasi lagi dengan atmosfer kompetisi yang berhenti lama.

"Musim baru dimulai lalu berhenti, dan saya menanti lagi pertandingan diselenggarakan. Pemain kami mengalami perkembangan usai menjalani sesi latihan beberapa hari belakang, mereka sangat antusias dan semangat di setiap latihan untuk pertandingan, setidaknya itu yang saya perhatikan. Kami akan main di kandang dan kami harap kami bisa meraih tiga poin," kata pelatih berkebangsaan Belanda tersebut dalam sesi konferensi pers, Senin (17/6).

3. Rene anggap TIRA-Persikabo memiliki kualitas sebanding dengan klub lain di Liga 1

Persib vs TIRA-Persikabo: Maung Siap Mengaum di Laga TundaLiga-Indonesia.id

Menilai sedikit calon lawannya, Rene menganggap TIRA-Persikabo ini memiliki kualitas yang tak jauh berbeda dengan kontestan Liga 1 lainnya musim ini. Menurut dia, Pasukan Loreng mengantongi beberapa pemain kunci yang kuat ditopang skill individu mumpuni dan punya transisi yang baik saat melakukan serangan mau pun bertahan.

"Tentu saja kami akan mempersiapkan strategi untuk menghadapi itu, dan kami memastikan kami akan mengungguli TIRA-Persikabo dalam berbagai aspek pertandingan. Tiga poin adalah target utama dari kami, tapi kami juga harus fokus ketika bertahan, terutama ketika menghadapi pemain kunci TIRA, dan tak membuat kesalahan di pertahanan," ujar eks pelatih PSM Makassar ini.

4. RD anggap Persib dan TIRA-Persikabo punya masalah yang sama

Persib vs TIRA-Persikabo: Maung Siap Mengaum di Laga TundaANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Sementara, pelatih TIRA-Persikabo, Rahmad Darmawan mengungkapkan baik timnya mau pun Persib memiliki masalah yang sama jelang pertandingan. Kedua tim dianggapnya kehilangan momentum akibat penundaan jadwal yang terjadi. Hal itu terasa dampaknya ketika laga melawan PSM lantaran jadwal sebelumnya tertunda

"Ada empat hari yang hilang (penundaan pertama), kami siasati dengan uji coba mau pun gim internal. Pas lawan Makassar saya melihat ada penurunan kualitas gim yang dibuat oleh tim. Harusnya tanggal 14 kita main, tapi ada penundaan. Ini tapi hal biasa, dan Albert mungkin juga sama, kita membutuhkan waktu untuk tim kembali ke permainan semula," beber pria yang kerap disapa RD ini.

5. RD tak anggap penundaan jadwal masalah besar bagi timnya

Persib vs TIRA-Persikabo: Maung Siap Mengaum di Laga TundaIDN Times/Galih Persiana

Walau demikian, RD memastikan bahwa hal tersebut tak jadi soal. Sebab, hal itu adalah tantangan bagi setiap pelatih. Jadi, ia enggan menyebut bahwa penundaan jadwal merupakan kendala besar dan hal itu bisa terjadi di kompetisi mana pun seperti adanya pertandingan uji coba internasional FIFA Matchday dan sebagainya.

Apalagi, kendala lain juga acap kali ditemukan di Indonesia karena erat kaitannya dengan faktor keamanan.

"Saya pikir kita lihat saja keadaan tim besok di pertandingan," tukas RD yang secara tersirat menunjukkan mimik muka optimistis bahwa laga nanti bakal berjalan sengit.

 

Prediksi susunan pemain

Persib Bandung (4-4-2): Muhammad Natshir; Supardi Nasir, Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Ardi Idrus; Febri Haryadi, Rene Mihelic, Hariono, Ghozali Siregar; Ezechiel N'Douassel, Artur Gevorkyan.

TIRA-Persikabo (4-4-2): Angga Saputra; Vava Yagalo, Khurshed Beknazarov, Andy Setyo, Abduh Lestaluhu; Ciro, Manahati, Louise Parfait; Osas Saha, Loris Arnaud, Wawan Febrianto.

Baca Juga: Bali United Melantai di BEI, Persib, Persija, Arema FC Segera Menyusul

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You