Comscore Tracker

Preview Spanyol vs Swedia: Pembuktian Wajah Baru La Furia Roja

Spanyol menang 2 kali atas Swedia di kualifikasi Piala Eropa

Jakarta, IDN Times - Dengan atau tanpa bintang Real Madrid, Sergio Ramos, rasanya Spanyol masih lebih diunggulkan ketimbang Swedia dalam laga grup E Piala Eropa 2020 yang digelar di Estadio La Cartuja de Sevilla, Selasa (15/6/2021) dini hari WIB.

La Furia Roja bahkan diperkirakan tak sekadar meraih tiga poin, melainkan menang dengan skor meyakinkan. Sebuah asumsi yang wajar mengingat perbedaan materi dan level antara Spanyol dan Swedia yang cukup jauh.

Spanyol berada di peringkat keenam FIFA, sedangkan Swedia bercokol di posisi ke-20. Jadi, Ferran Torres dan kolega diprediksi tak akan mengalami kesulitan untuk menaklukkan Swedia, yang kebetulan pula diasumsikan sebagai tim yang tak terlalu diunggulkan di grup E.

1. Spanyol masih unggul head to head atas Swedia

Preview Spanyol vs Swedia: Pembuktian Wajah Baru La Furia RojaSpanyol bakal bentrok dengan Swedia dalam laga perdananya di Piala Eropa 2020. (marca.com).

Baca Juga: Ambil Risiko, Timnas Spanyol Divaksin COVID-19 3 Hari Jelang Laga

Selain itu, dalam 15 pertemuan yang pernah terjadi, Spanyol seperti sudah menikmati kekuatan Swedia dengan meraih tujuh kemenangan, lima imbang dan tiga kali kalah. Pertemuan terakhir terjadi pada tahun 2020, Spanyol menang telak 3-0. 

Atas acuan ini, pelatih Spanyol Luis Enrique ingin pasukannya kembali menang. Walau tak punya persiapan khusus, ia ingin anak asuhnya tampil agresif dan meraih kemenangan penting di awal kiprah Spanyol di Piala Eropa 2020.

“Rencana dan skema bermain yang akan dijalankan bakal sama setiap pertandingan. Menang dalam perebutan bola dan melakukan seperti yang sudah biasa dijalankan. Kami harus menciptakan banyak kesempatan, memanfaatkanya dengan tenang, dan menguasai jalannya laga,” ujar Enrique dikutip laman resmi federasi sepak bola Spanyol.

2. Tekanan berat untuk Luis Enrique di laga perdana La Furia Roja

Preview Spanyol vs Swedia: Pembuktian Wajah Baru La Furia RojaMarca

Enrique tak memungkiri, tekanan kepadanya sangat terasa jelang laga berlangsung. Namun, ia juga mengakui sangat antusias menjalani debut di Piala Eropa 2020. Terlebih, kali ini ia menjalani laga ini di negaranya sendiri. 

Spanyol perlu berpikir keras dalam duel ini. Mereka masih bingung dalam menentukan pemain untuk menggantikan Marcos Llorente dan Sergio Bosquet yang terjaingkit COVID-19. Hal itu membuat Enrique harus bisa memanfaatkan pemain mudanya.

Mereka juga mesti mewaspadai kekuatan misterius Swedia. Apalagi mereka punya pemain-pemain potensial yang punya performa apik bersama klub, yakni Dejan Kulusevski (Juventus) hingga Alexander Isak (Real Sociedad). 

3. Swedia merendah, tapi ...

Preview Spanyol vs Swedia: Pembuktian Wajah Baru La Furia RojaTwitter.com/EURO2020

Swedia rasanya memang harus tahu diri. Meski memiliki deretan pemain muda yang bermain di kompetisi top Eropa, tanpa didukung pemain berpengalaman, seperti Zlatan Ibrahimovic, tugasnya melawan Spanyol jadi lebih berat. Apalagi, skuatnya juga kalah kelas di banding Spanyol.

“Mereka punya banyak pemain berkualitas dan sudah saya singgung sebelumnya jika mereka bisa memainkan lima hingga enam tim yang sama kuatnya dengan pemain-pemain yang ditampilkan sekarang (di Piala Eropa 2020),” ujar pelatih Swedia, Janne Andersson.

Namun, itu bisa saja jadi psywar dari Andersson untuk menutupi kekuatan misterius Swedia di Piala Eropa 2020. Jika Spanyol tak mewaspadainya, bukan tak mungkin prediksi banyak orang bakal berbalik, Swedia mampu membuat Spanyol mati kutu di laga nanti.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bakal Diandalkan Timnas Swedia di Piala Eropa 2020

Topic:

  • Jihad Akbar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya