Profil Gilang Widya, Presiden Arema FC yang Baru Mundur

Gilang bukan pemilik saham prioritas Singo Edan

Jakarta, IDN Times - Presiden Klub Arema FC, Gilang Widya Pramana, memutuskan untuk mengundurkan diri. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Gilang di kantor Arema FC, Sabtu (29/10/2022). 

Gilang yang dikenal dengan Juragan99 ditunjuk jadi presiden Arema pada 2021. Dia didapuk sebagai pemimpin Singo Edan lantaran dianggap sebagai pengusaha sukses dan punya sebagian saham Arema.

Gilang merupakan seorang pengusaha yang memiliki usaha di berbagai bidang dari kecantikan hingga transportasi. Kini Gilang sedang menjadi sorotan karena tuduhan bisnis dan asal muasal harta yang tak jelas. Publik menilai kesuksesan Gilang yang diraih dalam kurun waktu lima tahun dinilai tidak masuk akal. 

1. Memulai bisnis dari cuci motor

Profil Gilang Widya, Presiden Arema FC yang Baru MundurGilang Juragan 99 (instagram.com/juragan_99)

Gilang mengawali kesuksesannya dari nol dengan membuka usaha cuci motor. Usaha cuci motor milik Gilang bernama Lorenzo Snow Wash lantaran mengagumi pembalap MotoGP, yakni Lorenzo yang memiliki nomor punggung 99.

Membangun bisnis itu sejak di bangku kuliah, dia kemudian menambah bisnis sebagai pemandu wisata. Dengan modal yang besar, ia berkeliling Indonesia untuk membangun relasi dengan para kru bus. Kini Gilang telah memiliki bisnis transportasi

Kemudian kerajaan bisnisnya terus membesar setelah menikah dengan Shandy Purnamasari. MS Glow terus berkembang hingga bisa membuat perusahaan bernama J99Corp, holding yang menaungi seluruh bisnis mereka. 

Baca Juga: Gilang Widya Mundur dari Jabatan Presiden Arema FC 

2. Pertama kali terjun ke sepak bola jadi sponsor RANS Nusantara

Profil Gilang Widya, Presiden Arema FC yang Baru MundurKerjasama Arema FC women dengan sponsor baru untuk satu musim mendatang. IDN Times/Alfi Ramadana

J99Corp menaungi 10 anak usaha, antara lain adalah MS Glow, MS Glow Aesthetic Clinic, MS Glow For Men, PT Kosmetika Global Indonesia, dan Kosmelab. Selain itu ada pula, P.O. Juragan 99 Trans, J99Xar - Drifting Academy, j99 Vape, Kosme Mask, dan Kosmen Manufacture. 

Masuknya Gilang ke Arema FC langsung mengejutkan publik. Maklum, dia tak begitu dikenal di lapangan hijau, melainkan anak muda yang memiliki gurita bisnis saja.

Awal Gilang masuk ke industri bal-balan, bermula saat perusahaannya bernama Armada Juragan 99 Trans jadi sponsor Rans Nusantara milik Raffi Ahmad. Dia kemudian masuk juga jadi sponsor Arema, klub yang merupakan idolonya tersebut.

3. Gilang mundur dari kursi presiden Arema FC usai menjalani tugas satu tahun

Profil Gilang Widya, Presiden Arema FC yang Baru MundurPresiden klub Arema FC, Gilang Widya Pramana saat pengenalan jersey terbaru musim 2021/2022. IDN Times/Alfi Ramadana

Hubungannya Gilang dan Arema kian mesra. Hingga dia didapuk sebagai presiden Arema oleh pemilik saham prioritas klub Iwan Budianto. Hal itu membuat dia semringah. Apalagi, dia bisa mendapatkan saham klub.

“Saya punya passion di sepak bola. Sejak kecil saya menyukai itu, kebetulan Arema [tim favorit] karena besar di Malang,” kata Gilang saat diumumkan pertama kali jadi presiden Arema FC. 

Namun demikian, Gilang tak semudah itu menentukan proses bisnis PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI), yang baru didirikan pada 2016 silam. Sebab, Iwan tetap memegang kendali penuh perusahaan.

Selain keduanya, nama Raffi Ahmad juga mencuat sebagai pemilik sebagian saham Arema FC. 

Baca Juga: Mundur dari Arema FC, Gilang Bilang Karena Tanggung Jawab Moral

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya