Profil Klub Liga 1 2020: Bhayangkara FC Jadi Los Galacticos Baru!

Bhayangkara datangkan banyak pemain bintang untuk musim 2020

Jakarta, IDN Times - Dari 18 kontestan Liga 1 2020 yang tengah melakukan persiapan, Bhayangkara FC merupakan salah satu tim yang paling ambisius meraih gelar juara musim ini. Hal itu tergambar dari keagresifan mereka di bursa transfer dengan mengumpulkan pemain bintang.

Beberapa pemain berlabel timnas berhasil didaratkan oleh manajemen The Guardians , julukan Bhayangkara FC, musim ini, sebut saja, Andik Vermansyah, Rangga Muslim, sampai Saddil Ramdani.

Tak kalah mentereng di posisi pemain asing, striker Persib, Ezechiel N'Douassel dan pemain terbaik Liga 1, Renan da Silva juga dipastikan bergabung dengan skuat Bhayangkara FC yang bakal ditakuti musim ini.

Tak salah jika Bhayangkara FC kali ini dijuluki sebagai Los Galaticos baru Indonesia dan menjadi salah satu tim unggulan yang masuk bursa sebagai tim favorit untuk meraih gelar juara pada kompetisi sepak bola paling elite di Tanah Air edisi kali ini.

1. Bhayangkara FC merupakan tim yang konsisten dengan mengakhiri kompetisi di tiga besar sejak tiga tahun terakhir di Liga 1

Profil Klub Liga 1 2020: Bhayangkara FC Jadi Los Galacticos Baru!Liga-Indonesia.id

Sebagai pendatang baru, Bhayangkara FC memang cukup mengejutkan publik sepak bola Indonesia. Walau berdasarkan data dari situs liga-indonesia.id, klub tersebut baru terbentuk pada 2016, mereka sudah mampu menjadi juara Liga 1 2017 saat masih ditukangi oleh Simon McMenemy, yang notabene merupakan mantan pelatih Timnas Indonesia tahun lalu.

Walau belum bisa lagi menyamai prestasi yang pernah diraih, Bhayangkara sebetulnya termasuk tim yang paling konsisten dalam dua pergelaran kompetisi terakhir. Teranyar, Bhayangkara FC menduduki peringkat tiga klasemen akhir Liga 1 2019 dengan meraih 53 poin atau selisih 11 poin dari juara musim lalu bali United.

Kini kans mereka untuk mempertahankan konsistensinya kemungkinan bakal terus bertahan. hal itu tergambar ketika Bhayangkara FC sudah menunjukkan gelagatnya sebagai salah satu tim yang bakal bersaing di papan atas pada Liga 1 musim ini, selepas Adam Alis dan kolega tampil cemerlang dengan berhasil meraih gelar juara pada turnamen pramusim bertajuk Siem Reap Super Asia Cup 2020 yang digelar di Kamboja beberapa waktu lalu.

2. Bhayangkara FC belanja pemain bintang hampir di semua lini

Profil Klub Liga 1 2020: Bhayangkara FC Jadi Los Galacticos Baru!Pemain Bhayangkara FC, Renan Silva. bhayangkara-footballclub.com

Beberapa perubahan banal dilakukan oleh manajemen Bhaayangkara FC musim ini. Meski tak mendatangkan pemain baru di sektor kiper, Bhayangkara FC mendapatkan kekuatan anyar pada posisi ini setelah kembali memulangkan Panggih Priyo Sembhodo yang dipinjamkan ke Persipura musim lalu. Ia akan menopang Awan Setho dan Wahyu Tri Nugroho untuk mengarungi Liga 1 2020 nanti.

Usai ditinggal Andreson Salles dan Bagas Adi, kedalaman skuat di lini pertahanan Bhayangkara FC memang sempat limbung. Namun, hal itu langsung diantisipasi dengan baik oleh manajemen dengan mendatangkan pemain anyar. Tak tanggung-tanggung satu legiun asing, Lee Won-jae dan dua pemain senior berlabel timnas, yakni Ruben Karel Sanadi dan Achmad Jufriyanto didatangkan untuk menambah solidnya pertahanan Bhayangkara FC yang musim lalu punya catatan kebobolannya kurang baik.

Lini tengah Bhayangkara FC mengalami perubahan sangat banyak. Pemain-pemain baru yang datang seperti Rangga Muslim, pemain terbaik Liga 1 2019 Renan da Silva, sampai Nady Bi Bola Guy-Herve, plus pemain muda yang promosi seperti Sedek Tuakia, Ichwan Tuharea, dan Hamsa Lestaluhu bakal berkolaborasi dengan wajah lama macam Adam Alis, Sani Rizki, dan M. Hargianto untuk jadi jantung permainan Bhayangkara FC.

Pemain di posisi gelandang Bhayangkara FC ini bakal semakin komplet jika pemain asing yang sudah tiga tahun mengabdi, Lee Yu-jun resmi menjadi WNI. Pemain kelahiran Korea Selatan ini sedang menyelesaikan proses naturalisasi yang tengah diajukan olehnya.

Baca Juga: Belanja Jor-joran, Skuat Bhayangkara FC Kini Punya Nilai Rp78 Miliar!

3. Bhayangkara FC jadi tim dengan mesin gol paling mematikan di Liga 1 2020

Profil Klub Liga 1 2020: Bhayangkara FC Jadi Los Galacticos Baru!Penyerang asing Persib asal Chad, Ezechiel N’Douassel. IDN Times/Galih Persiana

Bhayangkara FC bisa dibilang jadi salah satu tim dengan striker yang paling menakutkan di Liga 1 2020 nanti. Bagaimana tidak, usai mempertahankan penyerang lokal Dendy Sulistyawan dan Herman Dzumafo, mereka mendatangkan setumpuk penyerang mematikan, sebut saja nama penyerang potensial Timnas U-19 Serdy Ephyfano, lalu ada Ahmad Nur Hardianto, sampai top skor Persib Ezechiel N'Douassel.

Mereka bakal ditopang dua penyerang sayap yang punya kemampuan olah bola di atas rata-rata, yakni Andik Vermansah dan Saddil Ramdani.

Melihat agresifnya Bhayangkara FC musim ini, nampaknya mereka sangat berambisi kembali mencicipi gelar juara yang terakhir diraih tiga tahun silam. Walhasil, pemain-pemain dengan kualitas mumpuni bakal jadi senjata berbahaya bagi Bhayangkara FC untuk menumbangkan lawan-lawannya pada Liga 1 2020 yang bakal dimulai pada 29 Februari nanti.

Namun demikian, berjubelnya pemain bintang bisa membuat bumerang bagi skuat Bhayangkara FC. Bisa jadi ego pemain bakal membuat suasana ruang ganti jadi panas. Terlebih, pelatih Bhayangkara FC Paul Munster punya usia yang masih muda dan belum punya rekam jejak yang mentereng selama menangani tim.

4. Paul Musnter masih diragukan saat menangni Bhayangkara FC, tapi...

Profil Klub Liga 1 2020: Bhayangkara FC Jadi Los Galacticos Baru!Pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster. Dok. Bhayangkara FC

Sebelumnya, ia merupakan pelatih Timnas Vanuatu, negara yang terletak di kawasan Kepulauan Pasifik atau Oseania. Di sana pun pelatih berusia 37 tahun itu belum memberikan prestasi gemilang. Baru masuk menjadi nakhoda Vanuatu pada Februari 2019, enam bulan kemudian memilih hengkang ke Indonesia untuk jadi pelatih Bhayangkara FC di pertengahan kompetisi.

Bermodalkan rekomendasi dari Simon McMenemy, pelatih yang sempat mempersembahkan gelar juara Liga 1 2017 bagi Bhayangkara FC, Munster berhasil mengangkat performa tim yang sedikit jeblok di bawah asuhan Alfredo Vera lantaran terdampar di posisi 10 hingga akhirnya bisa mengakhiri kompetisi di peringkat tiga klasemen akhir.

Jelas itu merupakan potensi yang dibuktikan oleh pelatih asal Irlandia Utara tersebut. Dan, itu merupakan modal penting baginya untuk bisa mewujudkan target manajemen musim ini agar kembali memulangkan trofi Liga 1.

Seharusnya bukan hal sulit bagi Paul Munster untuk bisa memadukan para pemain yang cukup mentereng anyar dengan pemain lama. Apalagi, pemain-pemain yang didatangkan dan dipertahankan saat ini merupakan pilihannya langsung dan dianggap cocok dengan skema yang bakal diterapkannya. Jika sukses memadukannya, Bhayangkara FC dipastikan bakal sulit dikalahkan oleh para pesaingnya. Hal itu akan memudahkan langkah mereka untuk menjadi yang terbaik di kompetisi musim ini.

5. Daftar pemain Bhayangkara FC menghadapi Liga 1 2020

Profil Klub Liga 1 2020: Bhayangkara FC Jadi Los Galacticos Baru!Aksi Andik Vermansah bersama Bhayangkara FC di laga lawan PSM Makassar. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Daftar skuat Bhayangkara FC di Liga 1 2020:

Kiper

Awan Setho, Wahyu Tri Nugroho, Panggih Prio Sembodho, Indra Adi Nugraha.

Belakang

Indra Kahfi, Nurhidayat Hajiharis, Lee Won-jae, Ahmad Jufriyanto, I Putu Gede Juniantara, Alsan Sanda, Fatchu Rochman, Ruben Sanadi, Jajang Mulyana.

Tengah

Hargianto, Teuku Muhammad Ichsan, Lee Yoo-joon, Wahyu Subo Seto, Sani Rizki,  Adam Alis, Rangga Muslim, Nady Bi Bola Guy-Herve, Renan da Silva, Sedek Tuakia, Ichwan Tuharea, Hamsa Lestaluhu.

Depan

Dendy Sulistyawan, Andik Vermansah, Ahmad Nur Hardianto, Ezechiel N'Douassel, Serdy Ephyfano, Herman Dzumafo, Saddil Ramdani.

Baca Juga: Saddil Ramdani Datang, Bhayangkara FC Senang

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya