Profil Konstantinos Tsimikas, Calon Bek Kiri Liverpool 

Konstantinos Tsimikas jadi andalan Olympiakos

Jakarta, IDN Times - Liverpool langsung bergerak cepat mendatangkan bek anyar untuk kompetisi musim depan. Setelah kehilangan buruannya, yakni pemain Norwich City, Jamal Lewis, The Reds langsung mengalihkan perhatiannya kepada bek muda Olympiakos, Konstantinos Tsimikas.

Pemain Timnas Yunani tersebut memang disiapkan untuk mengisi pos bek kiri untuk menemani kapten Skotlandia, Andy Robertson. Maklum, sebelumnya posisi tersebut tak memiliki pengganti yang sepadan, sehingga membutuhkan tenaga baru sebagai pelapis.

Sebetulnya, mereka mencoba mendaratkan Jamal ke Anfield beberapa pekan terakhir ini. Tapi tawaran £10 juta atau setara Rp 192 miliar ditolak oleh The Canaries lantaran sang empunya klub, Ed Balls menginginkan dua kali lipat dari dari apa yang ditawarkan oleh Liverpool.

1 Konstantinos Tsimikas sejak dua musim terakhir bersama Olympiakos

Profil Konstantinos Tsimikas, Calon Bek Kiri Liverpool Pemain Timnas Yunani, Konstantinos Tsimikas. (twitter/@GurjitAFC).

Berdasarkan laporan BBC Sport, pemain berusia 24 tahun itu bahkan tinggal selangkah lagi datang ke Premier League. Liverpool dikatakan sudah sepakat untuk menyelesaikan kontrak Konstantinos Tsimikas yang harus menghabiskan biaya £11,75 atau Rp225 miliar rupiah.

Harga tersebut memang cukup tinggi bagi pemain yang namanya masih asing di telinga para penggemar sepak bola dunia. Namun, tak banyak yang tahun jika Tsimikas banyak memberikan kontribusi bagi klubnya Olympiakos.

Teranyar, dia beraksi di ajang babak 16 besar Liga Europa bersama timnya saat dikandaskan oleh Wolves 0-1. Hal itu membuat timnya harus gugu, karena kalah agregat 2-1 dari lawan berat di Premier League tersebut.

2. Nasib Tsimikas sempat terkatung-katung karena dipinjamkan ke klub lain

Profil Konstantinos Tsimikas, Calon Bek Kiri Liverpool Pemain Timnas Yunani, Konstantinos Tsimikas. (weaintgotnohistory.sbnation.com).

Tak ada yang menyangka jika karier Konstantinos Tsimikas bisa moncer musim ini bareng Olympiakos. Sebelumnya dia harus merangkak dari bawah, mulai dari bergabung dengan tim junior, sampai akhirnya merebut tempat utama di bek kiri klub raksasa Yunani itu.

Sebelum bergabung dengan klub yang dijuluki Erythrolefki, Tsimikas merupakan pemain jebolan Panserraik. Dia baru pindah enam tahun silam, dan harus berjuang di tim Olympiakos U-20.

Potensi luar biasanya mulai tercium sehingga Tsimikas menerima tawaran untuk bisa bergabung dengan tim senior untuk mentas di kompetisi tertinggi Yunani.

3. Kebangkitan bek Timnas Yunani terjadi saat membela Willem II

Profil Konstantinos Tsimikas, Calon Bek Kiri Liverpool Pemain Timnas Yunani, Konstantinos Tsimikas. (tbrfootball.com).

Prestasinya mulai menurun. Dia dianggap belum bisa bersaing dengan pemain senior lainnya usai dipromosikan ke tim utama. Walhasil, pemain yang acap kali beroperasi di bek kiri ini dipinjamkan satu musim ke klub Denmark, Esbjerg FB pada 2017 silam.

Hal itu ternyata tak membuatnya berkembang. Di sana dia jarang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan jam terbang dan terus mengasah diri. Sehingga, baru satu semester dipinjamkan Olympiakos, dia kembali dipinjamkan ke klub Belanda, Willem II.

4. Semusim setengah dipinjamkan, Olympiakos pulangkan pemain berusia 24 tahun

Profil Konstantinos Tsimikas, Calon Bek Kiri Liverpool Pemain Timnas Yunani, Konstantinos Tsimikas. (coeurmarseillais.fr).

Kebangkitan Konstantinos Tsimikas pun perlahan membuahkan hasil. Karena sering diberi kesempatan tampil di kompetisi Belanda, dia terus menunjukkan perkembangan. Bahkan, pada musim 2017/2018 dirinya tampil reguler bersama klub dengan torehan enam gol dan empat assist dalam 36 laga yang dijalani.

Penampilan gemilang itu pula yang membuat Olympiakos untuk memulangkannya.

5. Usai dipinjamkan, bek kiri potensial mulai menggila di Liga Yunani

Profil Konstantinos Tsimikas, Calon Bek Kiri Liverpool Pemain Timnas Yunani, Konstantinos Tsimikas. (hitc.com).

Keputusan untuk memulangkan Konstantinos Tsimikas tak sia-sia. Di Liga Yunani musim 2018/2019 dirinya mulai dipercaya untuk sering tampil bersama tim utama. Total, dia mencatatkan 28 penampilan.

Musim selanjutnya potensi Tsimikas semakin mengilap. Dia jadi andalan pelatih Pedro Martins untuk mengisi posisi utama di bek kiri. Dengan menorehkan 48 penampilan dan tujuh assit, hal itu membuat Jurgen Klopp kepincut untuk mendatangkannya ke Liverpool.

Baca Juga: 8 Pemain Liverpool dengan Banderol Termahal Usai Juara Premier League

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya